Mengenal Apa Itu Majalah Shukan Bunshun dan Kontroversinya

"Apa itu Shukan Bunshun?" 

"Siapa pemilik Shukan Bunshun?" 

Sebagian besar dari Anda yang masuk ke artikel ini memutuskan untuk mencari tahu tentang asal muasal Shukan Bunshun. Mulai dari profil, reputasi nama baik, apa yang mereka kerjakan dan lain sebagainya. Atau beberapa dari Anda juga menyukai musik Jpop? Artis dan Aktor dari Jepang? Atau publik figur lainnya yang berasal dari Negeri Sakura? Shukan Bunshun selalu punya keterikatan dengan mereka. Mau tahu lebih lanjut? Simak. 

Shukan Bunshun adalah majalah mingguan asal Jepang yang memiliki nama lain Bungeishunjū Ltd (株式会社文藝春秋 Kabushiki-gaisha Bungeishunjū) mempublikasikan berkas terbarunya setiap satu minggu sekali. 

shukan bunshun kantor majalah
Kantor Shukan Bunshun

Punya nama awal disebut dengan Bungeishunju atau Bunshun, dan didirikan oleh Kan Kikuchi. Markas besar Shukan Bunshun saat ini berada di distrik Chiyoda, sebelah timur kota Tokyo. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka mendirikan anak perusahaan berbentuk majalah juga. Diberi nama Bungakukai (文學界) yang terbit setiap sebulan sekali dan debutnya pada 2002. 

Shukan Bunshun mempunyai prinsip yang berbeda dari kebanyakan majalah mingguan Jepang lainnya. Salah satu yang membedakannya adalah kolom kebebasan berpendapat, berani membuka persoalan privasi tentang peraturan tertulis maupun tidak tertulis. 

Kontroversi Majalah Shukan Bunshun

Di Jepang mayoritas grup idola wanita mempunyai aturan tak tertulis. Peraturan tersebut seakan berbunyi "Tidak boleh berkencan, berpacaran, dan hubungan seksual dengan sepengetahuan penggemar / fans." 

Ini diibaratkan mereka diwajibkan totalitas dalam menjalankan tugas sebagai idol ketika dihadapan fans, hanya menghibur dan menghibur mereka. Jikalau mereka ingin berkencan setidaknya tanpa diketahui orang lain ini demi menghargai atau mengapresiasi apa yang diberikan para fans dan dukungannya untuk sang idol. 

Istilah ini juga seringkali disebut 'Golden Rules'.  Sedangkan anggota idol group yang melanggar akan dikenakan sanksi, juga memiliki predikat terbaru dengan sebutan 'Skandal'. Shukan Bunshun selalu mempunyai andil dalam setiap skandal yang dialami oleh para anggota grup idola, musisi, artis, aktor dan publik figur lainnya di Jepang. 

skandal hikakin youtuber jepang by shukan bunshun
(Berita Shukan Bunshun Tentang Skandal Hikakin Tadano, YouTuber Jepang)

Dimana mereka seakan-akan mengetahui bahwa ada salah satu dari mereka yang pergi kencan. Kru Shukan Bunshun lalu mengikutinya, merekamnya dalam bentuk video atau mendokumentasikannya jadi foto secara sembunyi tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. 

Untuk kemudian hari mereka sebarkan hasil foto dan videonya kepada para fans dan publik melalui on air Live atau berita di majalah mingguan terbarunya, bahwa yang bersangkutan melanggar aturan tak tertulis tersebut. 

Pro dan Kontra

Disamping banyaknya kontroversi yang sudah diciptakan oleh Shukan Bunshun, ada banyak pro dan kontra. Mendukung dan mengecam perlakuan pihak Majalah Mingguan yang masih memegang rekor penjualan terlaris dalam seminggu tersebut. Nyatanya secara diam-diam ataupun terang-terangan beberapa manajemen dari grup idola ternama di Jepang bekerja sama mendukung Bunshun. 

Skandal memang akan selalu berpotensi terjadi untuk mereka yang menerapkan 'Golden Rules' ini. Salah satunya adalah manajemen NMB48 Yoshimoto, pada akhir 2014 mereka nyatakan sikap pro dengan mendukung kinerja Shukan Bunshun untuk menyelidiki siapa saja member idol group NMB yang melanggar aturan tak tertulis.

Hal ini juga menurut pihak Yoshimoto akan berdampak ke penggemar, serta membuat fans lebih percaya dan setia memberikan support pada idolanya untuk tidak melakukan skandal. 

Mengenal Apa Itu Majalah Shukan Bunshun dan Kontroversinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun