Tutorial Bagaimana Mengubah Domain Blogspot ke .Com

Title: Tutorial Bagaimana Mengubah Domain Blogspot ke .Com
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-02-28T13:37:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Tutorial Bagaimana Mengubah Domain Blogspot ke .Com

mengganti dan menghapus blogspot custom domain ke com

Domain yang didapat dari platform Blogging gratisan seperti WordPress dan Blogger.com akan memiliki ekstensi sub-domain secara default / bawaan. Domain biasanya dianggap terlalu panjang dan agak ribet dalam beberapa hal.

Sekarang kamu bisa menggunakan nama domain sendiri dengan alamat namablog.com, kita bisa menghapus atau menghilangkan kata 'Blogspot'. Cukup sewa domain dari layanan yang menyediakannya, saya ambil contoh Qwords.

Tutorial Mengubah Domain Blogspot ke .com 

Langkah pertama yang Anda harus lakukan mempersiapkan nama domain, dan pastikan belum pernah digunakan oleh siapapun sebelumnya. Untuk mengeceknya ikuti step berikut:

1. Masuk ke http://qwords.com 

2. Akan diarahkan ke halaman depan Qwords, dan langsung disajikan kolom pengecekan domain. Silakan ketik sesuai keinginan Anda. Kalau sudah ada yang pakai, bisa cari ekstensi lain atau nama lain. Jika tersedia bisa membelinya langsung.


custom domain qwords 


Rekomendasi kami pilih .com tapi sesuaikan dengan selera Anda. Selanjutnya klik Beli Sekarang! Langkah selanjutnya Anda harus membayar sesuai harga yang ditetapkan. Kami asumsikan Anda sudah membayar dan tuntas memiliki hak penggunaan domainnya. 

Mengubah Domain Blogspot ke .com 

Dengan terbelinya domain Anda tadi, sekarang Anda sudah bisa menghapus atau menghilangkan kata 'Blogspot'  dan menggantinya menjadi www.namablog.com, ikuti langkah berikut untuk menggantinya. 

1. Masuk ke Portal Qwords, pada dashboard pilih Domain Saya, klik Atur Domain, klik Layanan Tambahan, dan pilih DNS Manager, klik Manage. Kalau DNS Manager belum aktif silakan aktifkan, gratis kok!

mengganti domain


2. Jika Anda dihadapkan pada gambar dibawah ini, cukup pilih YA, Buat DNS Zone. 

dns manager qwords


3. Kini DNS Manager sudah aktif, selanjutnya masuk ke dasbor Blogger.com, pilih "Setelan / Settings" dan klik "Dasar / Basic".

setelan dasbor blogger


4. Pada 'Publikasi - Alamat Blog'  klik tulisan menu "+Siapkan URL Pihak Ketiga untuk blog Anda / Add a custom domain." 

redirect domain 

5. Masukkan nama blog yang tadi Anda beli. Klik "Simpan / Save", akan terjadi error "Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini, Kesalahan 12." , jangan panik. Wajar, Blogger hanya meminta kita memverifikasi kode CNAME. 


6. Ada dua kode CNAME pada blog Anda ketika error tersebut muncul. Perhatikan setiap blog berbeda-beda kodenya! Namun dalam hal ghs.google.com semuanya sama. 

ganti domain


7. Sekarang masuk kembali ke halaman DNS Manager Qwords tadi. Akan tampil halaman DNS Record.  Pada kolom www bagian Addressnya ganti dengan ghs.google.com

dns record qwords


8. Selesai melakukan edit di bagian WWW, sekarang scroll ke bawah. Dan masukkan kode acak CNAME yang tadi di bagian 'Tambah DNS Record Baru / Add New DNS Records'. dan klik Save Changes / Simpan Perubahan. 

ubah domain


9. Kalau sudah selesai, kembali ke dasbord Blogger.com bagian setting yang tadi dan klik Simpan / Save. 

domain baru.jpg

10. Agar bisa mengalihkan dari namadomain.com ke www.namadomain.com, maka kita harus setting lagi. Klik ceklis pada tuliskan "Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com". Klik Simpan / Save!

alihkan domain

11. Supaya pengalihan domainnya lebih lancar silakan edit record NAMADOMAIN.com arahkan menuju ke IP : 216.239.32.21 salah satunya, dan untuk IP berikut ini masukkan ke A Record sesuai langkah pada nomor ke-8 diatas:

216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21 

Klik Simpan / Save! 

Catatan: Nama server domain wajib mengarah ke layanan penyedia dimana tempat Anda membelinya. Jika masih bingung dan butuh bantuan jangan ragu hubungi pihak customer service. 

Kelebihan Menggunakan Custom Domain .com: 

Ada banyak kelebihan yang secara langsung maupun tidak, Anda akan rasakan dikemudian hari diantaranya: 
  • Nama domain jadi lebih pendek tanpa blogspot. Seperti www.shukanbunshun.com ini. 
  • Terlihat lebih profesional
  • Gampang diingat oleh pembaca setia blog Anda. 
  • Bisa back-up dan pindah ke hostingan lain tanpa khawatir kehilangan visitor. 
Good Luck!


Tutorial Bagaimana Mengubah Domain Blogspot ke .Com Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung