Bahaya Menggunakan Domain Gratisan dari Freenom

Title: Bahaya Menggunakan Domain Gratisan dari Freenom
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-03-19T09:48:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Bahaya Menggunakan Domain Gratisan dari Freenom

freenom gratis bahaya domain

Bahaya Menggunakan Domain Gratisan Dari Freenom (.TK / .GA / .GQ / .ML / .CF ) untuk blog - Blogger seringkali frustasi apabila menggunakan nama domain kepanjangan dengan kata 'Blogspot' di belakangnya. Sehingga mereka cari jalan alternatif untuk menghapusnya, karena domain TLD seperti .com / .net / .org yang menurut mereka terlalu mahal.

Akhirnya domain gratis dari Freenom pun menjadi pilihan. Selain faktor harga, alasan hanya untuk sementara juga kerap kali dipakai untuk menggunakannya. Padahal cepat atau lambat, secara langsung atau tidak, akan berdampak negatif pada blog.

Karena Google menganggap citra atau reputasi kelima ekstensi domain tersebut sudah sangat buruk. Akibat disalahgunakan oleh oknum untuk dipakai sebagai web phesing.

Pengaruh Bahaya Efek Negatif Menggunakan Domain Gratis dari Freenom

Meskipun niat kita baik ingin pakai domain dari Freenom. Akan tetapi sudah terlanjur bahaya, seperti yang sudah disebutkan diatas. Reputasi di mata Googlebot, robot indeks mesin pencari menganggap domain bahaya tersebut antara lain: 
  • .tk 
  • .cf 
  • .ml 
  • .gq 
  • .ga 
Blog atau situs yang menggunakannya akan dianggap spam. Kalau Anda pengguna Blogger Blogspot, bersiap untuk penghapusan blog Anda. Apabila dari hosting lain, konsekuensinya adalah seluruh artikel terkena sandbox dan deindex. Itulah bahayanya domain gratis freenom.
Using a free domain extension with bad reputation, your site will be banned as soon as possible. Or at least possibly penalized, sandboxed and deindexed. Sumber dari forum Verisign.
Tentu saja itu semua bukan salah Freenom sebagai penyedia domain gratisnya. Ini akibat ulah oknum tak bertanggung jawab yang menggunakannya untuk keperluan peretasan dan hal-hal yang tidak sesuai aturan Panduan Mutu Google Webmaster.

Perlu diingat juga bahwa domain gratis tidak selamanya bisa digunakan secara gratisan. Mayoritas dari mereka yang menyediakannya ada persyaratan tertentu yang mungkin tersembunyi atau sengaja disembunyikan tidak diketahui oleh pengguna.

Suatu saat Anda akan kehilangan akses, dan ini bisa terjadi kapanpun. Tanpa verifikasi resmi, katakanlah verified by Verisign seperti domain TLD .com / .net pada umumnya saat ini.

Solusi Bagi yang Terlanjur Pakai Freenom Domains

Segera hapus dan ganti menjadi subdomain itu setidaknya lebih baik. Atau ganti menjadi TLD seperti blog ShukanBunshun.com ini caranya bisa liat di artikel Tutorial mengubah domain dari blogspot ke .com

Toh harga domain sekarang udah mulai terjangkau dan sedang banyak diskon di beberapa layanan penyedianya, nggak sampai 45ribu dapat sewa TLD .com satu tahun dengan kualitas bagus. 

Bahaya Menggunakan Domain Gratisan dari Freenom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung