Cara Memperbaiki Nintendo Switch yang Rusak Perangkat

Konsol permainan Nintendo Switch baru dibuka penjualan untuk global beberapa hari lalu dan ternyata langsung mendapatkan antusias yang cukup memuaskan buat bisnis perusahaan Nintendo. Pasalnya kata 'Switch' lah yang membuat console game ini berbeda.

Seperti namanya, Nintendo Switch adalah perangkat game yang cukup fleksibel. Anda dapat memainkannya dimanapun dan dengan siapapun. Entah itu dijadikan seperti PSP yang bisa dibawa kemana-mana atau kayak PlayStation disambungkan ke layar televisi yang mendukung HDMI Port.

paket penjualan nintendo switch screenshot gameplay

Namun sayangnya dibalik kelebihannya yang fleksibel dan praktis itu tetap ada kekurangan dari Nintendo Switch. Konsol game ini dinilai rentan rusak jika Anda tidak menggunakannya dengan baik atau asal-asalan.

Maka dari itu dalam paket pembelian yang totalnya seharga Rp 6 Jutaan, pihak perusahaan Nintendo membekali buku panduan plus tutorial pemasangan sampai penggunaan lengkap pada kotak depannya. Ini diharapkan meminimalisir terjadinya kerusakan pada konsol Switch Anda.

Mungkin memang Anda dan kita semua jarang membaca Quick Start Guide alias buku manual saat beli Smartphone / HP baru, tapi kebiasaan itu jangan dibawa pas kita beli perangkat elektronik jenis lainnya.

Rusak, human error atau apapun itu namanya berbeda kalau murni kerusakan akibat konsolnya sendiri masih bisa klaim selama ada garansi aktif.

Memperbaiki Nintendo Switch yang Rusak Perangkat

Sebelum memulai perbaiki pastikan terlebih dahulu dari sisi mana kerusakan perangkat Nintendo Switch milik Anda. Misal layar tidak mau menyala, tak bisa pasang ke monitor / televisi tv, atau mungkin jenis rusak lain seperti human error berupa layarnya pecah, habis terbanting sebelumnya. Nah kalau sudah alami kerusakkan karena kita sendiri itu akan sulit dapat klaim service center garansi secara gratis, paling ujung-ujungnya datang ke toko terdekat tapi bayar.

ifixit nintendo switch rusak_6

Sebagai tambahan informasi bahwa Nintendo Switch mendapatkan skor 8 dari 10 oleh tukang repair perangkat profesional, Ifixit, yang artinya mudah untuk diperbaiki jika ada kerusakan.

Cara Klaim Garansi Nintendo Switch di Service Center Indonesia 

Kalau Anda yakin bahwa rusaknya tendo switch milik Anda karena kesalahan dari pabrik, jangan ragu buat mengklaim garansi di service center Nintendo terdekat di kota masing-masing. Jika pun tidak ada di wilayah Anda, bisa ke kota lain dengan mengirimkannya melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Jangan lupa buat:

1. Cantumkan kartu garansi, isi semua yang dibutuhkan seperti nama, alamat, jenis kerusakan, dan lainnya.

2. Kirimkan perangkat Nintendo Switch Anda yang rusak dengan keadaan dibungkus kuat, perhatikan saat akan mengirim beri tulisan 'Jangan Dibanting'.

3. Apabila Anda datang langsung ke tempat servis Nintendo, kami sarankan bawa Warranty Card dan JANGAN mengisi kartu garansi sebelumnya. Isilah saat Anda datang. Mungkin Anda bertanya kenapa demikian? Tidak akan kami jelaskan, hanya berbagi pengalaman saja

4. Jika memang kerusakan software atau hardware yang bukan diakibatkan oleh Anda sendiri, jangan ragu menjelaskan langsung kepada tim yang bekerja permasalahan Nintendo Switch milik Anda.

Nintendo Menjamin Customer 

Pihak Nintendo sendiri sebelumnya sudah menjamin saat pengumuman perilisan Switch bahwa seluruh pengguna akan dimanjakan dengan service center yang ramah dan cepat tanggap. Tapi mereka menambahkan kerusakan akibat kelalaian pengguna belum tentu diprioritaskan.

Konsol Nintendo Switch versi global dan Jepang mempunyai dua jenis berbeda dalam hal durasi lamanya garansi. Yang dari Negeri Sakura akan dapat 2 tahun, sementara yang global hanya diberikan satu tahun saja. Jadi bagaimana demgan perangkat milik Anda?

Saran kami lainnya, kalau ragu buat datang ke servis center karena rusaknya adalah berdasarkan human error maka datangi toko mainan yang menerima perbaikan perangkat. Contoh di ITC Roxy, Pasar Glodok cukup banyak bertebaran. Tapi alangkah lebih baik datang ke service center resmi meskipun akan dibebankan biaya, setidaknya lebih menjamin konsol Anda akan kembali bisa digunakan seperti semula.

Alamat service center yang menerima atau bisa memperbaiki Nintendo Switch jika rusak ada di postingan kami sebelumnya. Sedangkan lokasi servis non-resmi akan kami update dalam waktu dekat sementara mengumpulkan informasi dari berbagai kota yang menyediakan jasa mereka.

Amankah Jika Pakai Jasa Service Nintendo Switch yang Rusak? 

Kami sendiri nggak bisa memastikan aman atau tidaknya. Karena itu semua tergantung dari kualitas pelayanan dan perbaikannya. Anda bisa mencari referensinya di forum online, feedback dan ulasan review dari mereka yang pernah memggunakan jasa servis nintendo switch.

Cara Memperbaiki Nintendo Switch yang Rusak Perangkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun