Cara Mengatasi Physical Memory Usage Full Cpanel Hosting

Physical Memory Usage Full (RAM hosting penuh) sudah menjadi problem sehari-hari untuk para Blogger yang menggunakan selfhosted (domain dan hostingan beli/sewa sendiri). Kemungkinan besar yang membuat penuh adalah 'pernak-pernik' pada blog atau website. 

physical memory usage full cpanel hosting melegakan cara mengatasi

Lalu bagaimana cara mengatasinya supaya kembali menjadi lega? Kami pun pernah mengalami hal demikian, karena itulah akhirnya kami membuat artikel ini. Memang salah satu jalan atau cara paling ampuhnya adalah meminta bantuan kepada Customer Service layanan hosting yang digunakan. Mereka pasti mau membantu.

"Jangan ragu untuk menghubungi kami apabila ada keperluan menghapus memori pemakaian di hosting yang Anda gunakan. Kami siap membantu menghapusnya apabila hal tersebut diluar kendali pengguna. Terima kasih." begitulah kira-kira kata CS provider hosting yang kami gunakan bulan lalu.

Penyebab Physical Memory Usage Full / Penuh dan Cara Mengatasinya 

Sebenarnya kalian sebagai pengguna dibebaskan untuk meminta bantuan provider layanan hosting dengan membuka Support Ticket. Namun sebelum melakukannya kami sarankan berusaha sendiri dulu untuk mengatasi RAM Physical Memory Usage Full baik di FTP maupun cPanel. 
  1. Masuk ke dashboard WordPress dan hapus beberapa "Plugin" tidak terpakai atau yang non-aktif. 
  2. Apabila Anda menggunakan plugin WP Optimize, silakan run / jalankan untuk membersihkan database usage. 
  3. Masuk ke cPanel dan klik Disk Usage, hapuslah folder "Tmp" dan isinya. 
  4. Cek berkala bagian public_html dan hapus file "Error_log". 
Sekarang bagaimana? Apabila setelah melakukan tahap diatas namun masih penuh, saatnya buka Support Ticket! Jangan ragu minta bantuan provider hosting ke bagian Customer Care-nya. Karena mereka pasti membantu, jelaskan apa yang Anda alami. Biasanya tidak lebih dari satu jam selesai. 

WordPress Selfhosting Ribet 

Guys, itu cuma sedikit dari banyaknya masalah yang dialami blogger WordPress Selfhosted. Udah kita sewa nama domain dan hosting sendiri dengan bayar mahal. Belum lagi rentan serangan, peretas, spamming, dan sejenisnya. 

Mau yang aman dan nyaman pakai hosting Blogger.com! Blog ini pun menggunakannya, mau tahu kelebihannya? Coba aja baca artikel Apa Bedanya WordPress dan Blogspot. Pahami dan pikirkan kembali. 
  • Buat blog barunya 
  • Beli atau sewa domain TLD kalau mau custom .com / .net dan lainnya 
  • Selesai! Kayak blog ini contohnya, berubahlah namablog.blogspot.com menjadi www.shukanbunshun.com
Itulah cara mengatasi Physical Memory Usage Full pada cPanel hosting buat blogger WordPress Selfhosted. Good Luck!

Cara Mengatasi Physical Memory Usage Full Cpanel Hosting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun