4 Tempat Melihat Bunga Sakura Paling Ramai di Tokyo

Kalau kita berbicara tentang bunga khas Jepang, tidak akan lepas dari Sakura (Cherry Blossoms). Bunga yang satu ini sudah dicintai oleh mayoritas masyarakat negeri matahari terbit sejak dahulu kala.

Bunga Sakura Jepang Tokyo Musim Semi

Selain menghiasi musim semi mereka, ada juga sebuah tradisi yang diberi nama 'Ohanami' alias Flower Viewing. Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak tempat yang bisa dinikmati secara alami melihat bunga Sakura bermekaran.

Inilah beberapa lokasi untuk menikmati Bunga Sakura di Tokyo versi ShukanBunshun.com:

  • Ueno Park 
  • Sungai Meguro
  • Shinjuku Gyoen
  • Chidorigafuchi 

#1. UENO PARK, Ueno - Tokyo 

Sebagian dari turis mungkin ada yang tidak asing dengan nama Ueno Park, taman yang tersedia galeri dan kebun binatang. Menjadi salah satu tempat paling populer untuk hangout, jogging dan bertamasya. Bahkan selama musim semi, disaat bunga Sakura bermekaran bakal lebih ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing.

ueno park taman bunga sakura

Taman luas Ueno memiliki lebih dari 810 pohon Sakura dari 50 spesies yang berbeda. Akan sangat gonjreng taman ini ketika Springtime tiba, warna pink menghiasi seluruh penjuru sudutnya. Jangan heran apabila banyak orang yang duduk di bawah pohon sakura, hanya untuk sekadar menikmati udara sejuknya sambil ngobrol dan ngemil biasa. 

Bahkan saking bebasnya terkadang ada saja yang mabuk sambil bernyanyi sekeras mungkin. Atau Anda juga bisa menemui banyak orang tertidur di bawah pohon. Ini adalah salah satu tempat sempurna untuk siapa saja yang ingin menenggelamkan diri (Hanami) di tengah bunga sakura dalam suasana Jepang. Ada juga fasilitas rekreasi seperti menaiki perahu di kolam Shinobazu. 

Guide singkat Ueno Onshi Park
* Jam Buka: 05.00Am - 23.00pm 
* Tutup: Tidak pernah, jarang 
* Biaya / Tiket Masuk: Gratis 
* Akses: Hanya 2 menit dari Stasiun Ueno menggunakan Kereta JR / Tokyo Metro. 
* Alamat: Ueno Onshi Park, 5-20 Uenokoen, Taito-ku, Tokyo 

#2. Sungai Meguro

Di Jepang, bunga Sakura ada yang ditanam di sepanjang pinggiran jalan dan sungai. Sehingga saat Anda berjalan ada banyak sekali Cherry Blossoms untuk dinikmati dan dilihat. Diantaranya adalah satu tempat populer yakni Sungai Meguro, sekitar 4.5 kilometer Anda dapat menikmati pemandangan indah pohon sakura yang berjumlah 910.

sungai meguro bunga sakura pohon river

Anda dapat menikmati bunga Sakura ditengah sungai Meguro itu sendiri. Karena tersedia perahu untuk berwisata mengelilinginya. Sepanjang sungai anda lewati kiri dan kanannya terdapat pohon sakura yang rimbun bahkan disaat bunga-bunga itu berjatuhan ke air sungainya. 

Selama musim semi atau sakura bermekaran, tempat ini ramai sampai jam 9 malam. Saat malam tiba adalah waktu yang cukup berbeda, karena pohon akan dihiasi cahaya lampu lentera. 

Guide Singkat Sungai Meguro 'River' 
* Jam Buka: 24 jam 
* Biaya / Tiket Masuk: Gratis 
* Akses: 5 menit dari stasiun Meguro menggunakan Tokyo Toyoko Line 
* Alamat: Meguro River, 1-13-7 Kamimeguro, Meguro-ku, Tokyo 

#3. Shinjuku Gyoen 

Shinjuku Gyoen terletak di pusat kota di tengah-tengah gedung pencakar langit tempat orang bekerja. Di dalam taman ini ada sekitar 1100 pohon Sakura mekar dengan 65 varietas yang berbeda dan bermekarnya pun bervariasi menurut perhitungan waktu, ada yang setiap minggu atau dua minggu selama musim semi berlangsung. 

Ketika Anda berada di dalam taman dan dikelilingi oleh banyak sekali jenis pohon dan alamiahnya secara natural, Anda akan lupa atau mungkin sadar dan tak percaya bahwa Anda sedang berada di Shinjuku. Wilayah yang terkenal kesibukan dari orang di gedung-gedung bertingkat.

cherry blossoms shinjuku gyoen tokyo

Disisi lain Anda masih dapat menikmati pemandangan gedung pencakar langit dari taman ini. Sehingga kombinasi bunga dari Pohon Sakura dengan gedung tersebut akan menghiasi kamera Anda, sangat sayang untuk dilewatkan. 

Ada biaya masuk yang dikenakan, dan Anda akan dilarang membawa alkohol. Taman ini punya suasana yang tenang dan damai. Sangat direkomendasikan untuk siapapun yang ingin refleksi dan melihat bunga Sakura secara adem. 

Guide Singkat Shinjuku Gyoen 
* Jam Buka: 09.00 AM - 04.00 PM 
* Tutup: Setiap Senin (Kecuali 25 Maret - 24 April dan 1-15 November) 
* Biaya / Tiket Masuk: ¥200 / IDR 22.000 (Dewasa) dan ¥50 / IDR 7.000 (Anak-anak) Balita Gratis.
* Akses: 7 Menit dari Stasiun Shinjuku Gyoen-Mae menggunakan Tokyo Metro Marunouchi line 
* Alamat: 11 Nait0machi, Shinjuku-ku, Tokyo 

#4. Chidorigafuchi, Kudanshita

Istana imperial tempat dimana Kaisar Jepang dulunya berada di Benteng Edo. Sisa-sisa bentengnya pun masih dapat ditemui di sekitar Istana Kekaisaran. Pada musim semi, Chidorigafuchi yang merupakan jalan yang membentang di sepanjang sisi barat Istana Kekaisaran, memiliki sekitar 275 pohon sakura mekar. 

bunga sakura chidorigafuchi

Sambil berjalan, naik perahu atau bahkan ketika jogging, Anda dapat menatap mekarnya sakura. Ada jalan setapak dimana kendaraan dilarang melewatinya sehingga pengunjung dapat bersantai dan leluasa menikmati taman. Sangat cocok buat ngadem di bangku bawah pohon sambil ngemil. 

Selama 'Festival Sakura Chiyoda' wilayah sekitar diterangi oleh lampu dan perahu wisata juga tetap dapat digunakan wisatawan. Melihat bunga Sakura berjatuhan di air danau pada malam hari, keren abis pokoknya.  

Guide Singkat Chidorigafuchi 
* Jam Buka: 24 Jam sehari 
* Biaya / Tiket Masuk: Gratis 
* Akses: 5 menit dari stasiun Kudanshita menggunakan Toei Shunjuku / Tozai Lines. 
* Alamat: Chidorigafuchi, From 2 Chome to Sanbancho, Kudanminami, Chiyoda-ku, Tokyo 

Peta dan Jadwal Perkiraan Bunga Sakura Mekar

peta bunga sakura jepang mekar jadwal

Entah mau berdiam diri atau sambil berjalan keliling, Anda dapat menikmati keindahan bunga dari pohon Sakura dengan beragam cara dan pilihan tempat yang berbeda. Jika Anda mengunjungi Jepang selama musim semi, Anda bakal mendapatkan pemahaman lebih tentang budaya masyarakat setempat.

4 Tempat Melihat Bunga Sakura Paling Ramai di Tokyo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun