3 Tips SEO Blog Agar Gampang Muncul di Google

Title: 3 Tips SEO Blog Agar Gampang Muncul di Google
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-03-01T11:02:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
3 Tips SEO Blog Agar Gampang Muncul di Google

seo pada blog
Kami tidak akan mengulang suatu artikel yang pembahasannya sama dengan postingan berbeda.

Karena www.shukanbunshun.com lebih fleksibel dalam berbagi ilmu dan ingin langsung pembaca mengetahuinya sehingga mudah dalam menerapkan / mempraktekannya. Bahasan kali ini adalah tentang SEO.

SEO pada Blog seakan menjadi hal yang wajib untuk blogger. Apalagi bagi Anda yang serius dalam ngeblog. Setidaknya jangan melewatkan tips SEO yang diberikan oleh para pakar. Kali ini kami akan bagikan berdasarkan pengalaman apa saja yang harus dioptimasi.

Optimasinya berupa hal mendasar seperti agar terindeks lebih teratur, kecepatan loading blog, dan lainnya. Ini akan membuat blog Anda dipercaya oleh robot Google sebagai yang berkualitas. Tentunya terlepas dari konten relevan yang sudah wajib dimiliki seluruh blog saat ini.

5 SEO Dasar Blog 

SEO mendasar tersebut antara lain berupa: 
  • Informasi deskripsi blog 
  • Preferensi pencarian dan meta tags 
  • QuickEdit 
  • Navigasi Bar 
  • dan Atribusi 

Informasi Deskripsi Blog 

Meta Deskripsi bisa disebut juga sebagai biodata pengenalan diri blog kita kepada robot mesin pencari. Nanti hasil ini akan muncul di bawah nama dan alamat URL blog ketika dicari lewat Search Engine. 

Deskripsi blog harus sesuai dengan topik yang dibahas pada blog, agar tidak membingungkan pengunjung pada prinsipnya. Contoh jika blog Anda membahas tentang ikan cupang maka setidaknya tulislah: "Blog yang Membahas Tips Ikan Cupang", ini hanya contoh. 

Untuk menerapkannya silakan masuk ke dashboard Blogger, klik Settings / Setelan > Preferensi Penelusuran / Search Preference > Pada Tag meta klik Enable/aktifkan Deskripsi. Isilah maksimal 150 karakter. 

tag meta deskripsi blog


Deskripsi akan muncul otomatis di hasil pencarian ketika robot google mengindeks. Dan ketika fitur ini diaktifkan juga akan memunculkan meta deskripsi ketika kita mengetik sebuah artikel. 

Anda bisa mengisi meta deskripsi penelusuran pada kolom postingan blog untuk lebih memaksimalkan SEO. Isilah beberapa kata kunci (keywords) sesuai artikel yang dibahas. 

meta deskripsi penelusuran

QuickEdit Setting 

QuickEdit adalah ikon yang muncul membentuk tang atau obeng pada widget dan bergambar pensil saat di postingan. Jika dibiarkan ini mengganggu sekaligus mengurangi tingkat SEO blog. Kenapa demikian? Karena QuickEdit tampil tanpa deskripsi dan dianggap sebagai gambar without alt image. 

Cara Menghapus QuickEdit ikuti langkah berikut: 
1. Masuk ke dasbor Blogger > Template > Edit HTML. 
2. Cari kode berikut: <b:include name='quickedit'/> 
3. Hapus semua kode tersebut. 

Lakukan hal ini secara berulang ketika menambahkan widget baru pada blog dari tata letak! 
Segitu dulu 3 Tips SEO Blog Agar Gampang Muncul di Halaman Pertama Google

3 Tips SEO Blog Agar Gampang Muncul di Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung