Kolaborasi Single Original BNK48 dan JKT48 Terwujudkah?

Title: Kolaborasi Single Original BNK48 dan JKT48 Terwujudkah?
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-04-03T14:28:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Kolaborasi Single Original BNK48 dan JKT48 Terwujudkah?

Sister group AKB48 asal kota Bangkok, Thailand yakni BNK48 bergerak cepat untuk menyusul sang kakak mereka, JKT48. Diantaranya adalah meresmikan anggota generasi pertama, Program TV BNK Senpai dan menetapkan lokasi theater tempat member beraksi.

Seakan mereka tak ingin kalah dari pendahulunya, SNH48 yang sudah lebih dulu dapatkan lagu atau single original. Kini BNK48 bertekad melakukan hal yang sama dengan mengajak JKT48 untuk berkolaborasi.

bnk48 anggota generasi pertama 1st generation members

Kolaborasi ini belum ditentukan akan seperti apa konsepnya. Namun, manajer theater BNK48, Nakapat Sunutnum telah membocorkan hal ini kepada media setempat.

Namun berdasarkan isu yang beredar, BNK48 hanya akan memanfaatkan JKT48 sebagai alat untuk mendapatkan lagu original. Lagi-lagi belum diketahui apa maksudnya memanfaatkan, situasi? Popularitas? Menarik dinantikan.

JKT48 sendiri saat ini masih belum diberikan single original. Padahal idol grup ini sudah terbilang cukup berumur yakni jelang enam tahun, sejak berdirinya pada 2011.

Secara progres awal, BNK48 terbilang beberapa langkah lebih maju jika dibandingkan dengan JKT48.

Diantaranya adalah mendapatkan program TV yang tayang secara reguler bersama member 48 Group di Jepang. Serta jaminan akan kehadiran anggota AKB48 setiap tahun dalam acara Japan Expo Thailand.

Selain itu mereka dapat dipastikan akan menghadiri acara rutin AKB48 setiap tahunnya seperti konser ulang tahun, request hour dan lain-lain. Kini BNK48 mengincar satu hal yang tentunya JKT48 juga inginkan.

Yakni single original, cukup sulit bagi idol group asal Jakarta untuk mendapatkan lagu asli khas mereka sendiri. Enam tahun berkiprah, popularitas bertahan, dan masih belum bisa mendapatkan kepercayaan dari Yasushi Akimoto.

Single Original Tidak Menjamin Kesuksesan Buat JKT48

Kita mesti maklum dan memahaminya bahwa wajar apabila JKT48 tidak diberikan lagu asli original buatan sendiri. Karena pada dasarnya masyarakat Indonesia lebih suka hal yang berbau bajakan.

Logikanya adalah, untuk mendapatkan keuntungan dari lagu cover AKB48 saja cukup sulit.

Benar, dalam hal penjualan single CD atau DVD, JKT48 selalu tidak memuaskan sejak didirikan enam tahun lalu. Terjual banyak pun hanya berkat satu hal belaka yakni tiket Handshake.

Tiket jabat tangan yang hanya bisa didapatkan dengan membeli CD single yang dirilis JKT48. Bagaimana jika JOT membuat lagu original?

Biaya produksi lagu asli yang mahal, dan fans yang suka bajakan adalah dua alasan paling kuat. Ilustrasinya jika membuat single ori butuh modal 500 juta misalnya, serta hanya mendapatkan 10 juta rupiah dari hasil penjualan. Rugi bandar!

BNK48 Diatas Angin 

Kultur dan perilaku masyarakat yang berbeda antara Indonesia dan Thailand membuat BNK48 berada diatas angin jika dibandingkan dengan JKT48 untuk mendapatkan sebuah single original.

Itu tidak lepas dari faktor industri musik Thailand yang berhasil melawan dan menekan angka pembajakan karya, terutama dalam bentuk musik. Tercatat dari tahun 2005, negeri Gajah Putih mengurangi 65% konsumi bajakan.

Jika memang nantinya BNK48 mendapatkan single original lebih dulu, ini akan menjadi sebuah 'tamparan' keras bagi JKT48 yang sudah enam tahun mengupayakannya hanya demi satu lagu asli mereka.

Kolaborasi Single Original BNK48 dan JKT48 Terwujudkah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung