Perbedaan Saldo Tokopedia dan TokoCash yang Ngerepotin

Title: Perbedaan Saldo Tokopedia dan TokoCash yang Ngerepotin
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-04-21T10:48:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Perbedaan Saldo Tokopedia dan TokoCash yang Ngerepotin

Postingan ini bukan bermaksud menjelekkan nama Tokopedia. Tapi lebih kepada curhat sekaligus kasih sedikit informasi buat yang belum tahu, dan semoga ada yang diperbaiki dari sistem Toped yang saat ini kurang memuaskan.

Perbedaan Saldo Tokopedia dan TokoCash

Kemarin saya niat bertransaksi lagi di Tokopedia setelah sekian lama tidak belanja online, namun ternyata ada satu yang bikin saya bingung yaitu TokoCash. Fitur baru dari situs mereka yang menurut saya menjebak orang awam.

Apa itu TokoCash? 
TokoCash adalah fitur menyimpan saldo yang tersedia di dalam akun Tokopedia. Toko Cash dapat digunakan untuk bertransaksi seperti lakukan pembayaran tagihan, beli pulsa atau voucher game, belanja barang dan lainnya.

Toko Cash dan Saldo Tokopedia tidak jauh berbeda. Dana dari keduanya dapat digunakan untuk berbelanja. Namun sayangnya, uang yang ada di TokoCash TIDAK DAPAT DICAIRKAN ke rekening bank APABILA melakukan TOP UP atau pengisian saldo langsung ke Toko Cash. 

Contoh: 

1. Anda mau transaksi beli mobil di Tokopedia dan bayarnya lewat transfer bank, tapi transaksi gagal dan uang akan direfund / dikembalikan ke TokoCash di akun Toped Anda, lalu dana di Toko Cash dapat ditarik lagi ke rekening bank. 

Tapi.. 

2. Apabila Anda melakukan TOP UP atau pengisian ulang dana TokoCash langsung, maka selamanya uang mengendap di akun Tokopedia dan tidak bisa menarik saldo ke rekening, tetapi masih dapat dibelanjakan apapun seperti bayar tagihan, beli pulsa, barang dan lainnya.

Tidak Bisa Top Up Saldo Tokopedia dialihkan ke TokoCash 

Satu lagi yang bisa jadi membingungkan orang awam, yakni kita tidak bisa melakukan pengisian Saldo Tokopedia. Saat mencoba melakukannya, kita bakal mendapatkan banner notifikasi berupa pop-up dengan tulisan sebagai berikut. 

"Tokopedia telah meluncurkan TokoCash. Anda dapat mengaktivasi dan melakukan Top Up Tokocash."

tokopedia tokocash

Dan yang harus dicatat, Anda tidak bisa melakukan pilihan lain selain Aktivasi TokoCash. Itu satu-satunya cara jika Anda ingin men-top-up alias isi ulang saldo Tokopedia yang namanya dan sistemnya udah diganti jadi Toko Cash. 

Kesimpulan 

Sekarang kita tidak bisa lagi top up alias isi ulang saldo Tokopedia, karena namanya maupun sistemnya sudah ganti jadi TokoCash. Dan setelah Anda top-up toko cash maka dana tidak bisa ditarik. Tapi kalau dana hasil transaksi metode lain dan mengendap di tokocash, masih bisa dicairkan. 

Seketika itu juga saldo Tokopedia berubah fungsinya menjadi fitur khusus untuk seller atau penjual buat menyimpan dana / uang hasil transaksi. 

Saya dan mungkin banyak dari pelanggan Tokopedia pun berharap ini hanya kesalahan sistem. Jika memang sudah ditentukan dari mereka, kami harap dana top-up TokoCash kembali bisa dicairkan. Meskipun peluang hanya 1%.

Perbedaan Saldo Tokopedia dan TokoCash yang Ngerepotin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun

9 komentar

Click here for komentar
9 Mei 2017 11.54 ×

Saya pun merasakan kekecewaan yang sama. Mungkin uang kita ingin digunakan dulu sama pihak mereka untuk MODALL


Balas
avatar
admin
...
31 Mei 2017 12.28 ×

bisa dibalikin lagi kok gan. tinggal nonaktifin di setting aja.

Balas
avatar
admin
31 Mei 2017 15.12 ×

Pengurangan kualitas pelayanan bagi gw

Balas
avatar
admin
13 Juni 2017 21.55 ×

Saya ingin bertanya, kan ada promo untuk game DOTA 2 yang Battle Pass 2017, tadi siang saya sudah top up toko cash saya senilai 100.000, sekarang udah jam promonya saya mau beli voucher gamenya tapi kok malah jumlah saldo tidak mencukupi sih,, padahal di tokocash saya ada saldo 100.000, mohon bantuannya

Balas
avatar
admin
14 Juni 2017 03.28 ×

Coba agan cek lagi harganya mungkin ada PPN atau biaya tambahan lain misal nambah 1000 atau 2000 pajak, soalnya itu sering jadi kendala. Kalaupun tidak ada, mungkin ada gangguan di sistem TokoCash nya gan bisa tanyakan lewat akun Twitter CS @TokopediaCare

Balas
avatar
admin
22 Juni 2017 17.35 ×

bahkan saat ini untuk top up tokopedia pun sudah tidak bisa! kita dipaksa untuk aktivasi tokocash.. sungguh sangat disayangkan. mungkin saya akan kembali ke toko lainnya saja

Balas
avatar
admin
10 Juli 2017 12.16 ×

gan, kok ane gabisa bayar pake saldo tokped ya? peringatannya "Saldo hanya dapat digunakan bila TokoCash telah melebihi batas maksimum penggunaan. " gmn ya gan?

Balas
avatar
admin
12 Juli 2017 12.47 ×

masih bisa di top up kok, demgan nilai top up minimum Rp.500.000

Balas
avatar
admin
22 Juli 2017 10.47 ×

saya juga kecewa dananya sama sekali tidak bisa diambil..

Balas
avatar
admin
Terima Kasih Sudah Berkunjung