Cara Menghilangkan Virus Ransomware Wannacry di Komputer Windows

Title: Cara Menghilangkan Virus Ransomware Wannacry di Komputer Windows
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-05-14T09:15:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Menghilangkan Virus Ransomware Wannacry di Komputer Windows

virus ransomeware wannacry menghilangkan komputer gratis mudah

Serangan cyber virus Ransomware sedang populer saat ini. Indonesia sudah termasuk jadi incaran, website beberapa perusahaan sudah terkena efeknya.

Jenis ransomware yang disebar adalah Wannacry alias Wanna Decryptor yang membuat berkas atau data pada komputer jadi terkunci.

Ciri-ciri PC Komputer atau Laptop yang terkena virus Ransomware Wannacry seperti gambar diatas. Yaitu berupa notifikasi bahwa file milik kita terenkripsi (terkunci).

Penyerang memanfaatkan kelemahan di Server Message Block (SMB) yang dapat melakukan perintah dari mereka. Pada umumnya menyerang komputer berbaasis Windows OS.

Mereka meminta tebusan berupa Bitcoin dengan nilai setara US$300 atau sekitar 4 juta rupiah agar file bisa dikembalikan. Penyerang juga memberikan tenggat waktu beberapa hari jika tidak dibayarkan dalam waktu yang telah ditentukan file akan dihapus permanen.

Mencegah serangan siber Ransomware Wannacry cukup mudah. Jangan lupa untuk update berkala Windows Anda ke security patch versi terbaru dari Microsoft.

Pihak Microsoft sudah menyadari dan bergerak cepat atas serangan tersebut. Pada umumnya saat ini komputer berbasis Windows 10 yang terkena ransomware wannacry.

Cukup update security patch dari Windows sebenarnya sudah cukup. Tapi Anda bisa lakukan back up data penting demi mencari aman, juga jangan hubungkan perangkat PC Anda dengan komputer yang sudah terkena malware tersebut.

Tips lainnya jangan aktifkan fungsi macros lalu update antivirus yang Anda gunakan jika ada. Karena sejumlah developer Anti-virus seperti Avast dan McAfee saat ini sudah ikut bergerak untuk mencegah Ransomware.

Lakukan back up setiap kali Anda membuat perubahan pada data-data dan dokumen penting, simpan dan atau upload di tempat yang aman.

Kalo udah masuk ke Virus .wcry
1. Masuk ke Safe Mode
2. Klik Safe Boot -> minimal, Klik Ok dan Restart
3. Setelah direstart masuk ke Control Panel -> Folder Options -> Show Hidden File (cek gambar) lalu klik Apply
4. Masuk ke msconfig -> Startup -> Disable Program yang mencurigakan atau tidak diketahui, klik ok dan Klik "Exit without Restart"
5. Hapus File Berbahaya (File Virusnya Semua)
6. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan: %TEMP% %APPDATA% %ProgramData% (Jika ada folder / File Wanna Cry hapus langsung)
7. cek host file, karena itu bisa corrupt sama si Virus Letak host: C:\windows\System32\drivers\etc nanti ada file host lalu buka pake notepad (Disitu jika ada situs yang ga diketahui, maka hapus langsung)
8. nah abis itu, masuk lagi ke msconfig terus disable Safe Mode klik ok lalu Restart
9. Setelah direstart, tidak ada "Decryption Tool" sekarang, tapi ente dapat merestore file dari backup atau mengembalikan folder yang terpisah
10. Sekarang ente bisa lihat versi lama dari file yang terenskripsi
11. Hapus File bernama: Readme.txt.WCRY License.txt.WCRY History.txt.WCRY !Please Read Me!.txt !WannaDecryptor!.exe

Mayoritas yang kena komputer lembaga, perusahaan atau instansi pemerintahan.

Cara Menghilangkan Virus Ransomware Wannacry di Komputer Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung