Inilah Alasan Musik Jpop Sulit Ungguli Popularitas Kpop

Title: Inilah Alasan Musik Jpop Sulit Ungguli Popularitas Kpop
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-07-21T15:51:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Inilah Alasan Musik Jpop Sulit Ungguli Popularitas Kpop

twice in japan

Korea Selatan dan Jepang sama-sama punya kontribusi kuat dalam hal hiburan, entertainment. Keduanya memiliki ciri khas masing-masing, konsep dan penyajian yang berbeda. 

Adam Gee dari CNA merangkum sejumlah alasan yang menjadikan K-pop sebagai pusatnya industri musik Asia jauh mengungguli J-pop. 

Dia menyebut salah satu faktornya adalah Pemasaran dari kedua kubu jauh berbeda dan bisa menentukan popularitas mereka ke depannya. 

Sebagai catatan, jika membandingkan kedua grup musik wanita yang saat ini sedang naik daun di Korea dan Jepang seperti TWICE dan Nogizaka46, maka TWICE akan lebih unggul telak dalam berbagai faktor. 

"Kondisi saat ini adalah dimana sejumlah musisi populer di Jepang mengidolakan musisi dari Korea. Saya rasa, itu sudah menjelaskan segalanya. Kpop lebih baik." tulis Adam

Mayoritas masyarakat awam faktanya lebih mengenal grup TWICE jika dibandingkan Nogizaka46 atau Keyakizaka46. 

Hal ini karena tak lepas dari jelinya bagaimana manajemen TWICE berani keluar dari zona aman demi mendongkrak popularitas. 

Berbeda halnya dengan Nogizaka46 dan mayoritas grup musisi wanita sejenisnya di Jepang yang lebih tertutup. Semisal merilis video klip single terbaru (MV), hingga pengelolaan channel YouTube yang diperuntukkan bagi regional Jepang. 

Sementara fans dari luar negeri tak jarang mendapatkan notifikasi "Region Blocked" ketika mencoba mengaksesnya, terlepas dari siapapun yang salah, faktanya Jpop masih kerap menutup diri dari dunia luar. 


Maka jangan heran apabila SNH48 Group kini lebih populer dan diterima masyarakat Korea dibandingkan AKB48, sebab genre mereka sudah beralih dan lebih condong ke K-pop baik dalam pemasaran, pendekatan hingga faktor media. 

SNH48 dalam dua tahun terakhir alami peningkatan signifikan dari pasar Korea sebesar 79%, bahkan mereka ungguli pencapaian AKB48 selama 10 tahun yang hanya meraih 5.2%. 

Menurut fans SNH48 hal ini karena tak lepas dari populernya sub-unit mereka yang bernama 'SEN7ES' menghebohkan dan menarik perhatian 'warga Kpop'.

Inilah Alasan Musik Jpop Sulit Ungguli Popularitas Kpop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung