Tentang Graduate, Perpisahan yang Tak Direlakan di Idol Group

Title: Tentang Graduate, Perpisahan yang Tak Direlakan di Idol Group
Posted by:Shiroma Midun
Published :2017-07-24T13:00:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 5 Reviews
Tentang Graduate, Perpisahan yang Tak Direlakan di Idol Group

Graduation atau Kelulusan, sebuah kata yang mungkin tak diinginkan bagi penggemar grup idola dalam industri hiburan. Akan terasa pahit untuk fans mereka setiap kali seorang idol mengumumkan kelulusannya.

Kerap kali pengumuman kelulusan disampaikan secara tak terduga, tiba-tiba, dan membuat para penggemar mau tidak mau harus menerima keputusan sang idol.

Di sisi lain juga terkadang hal itu tak terelakkan. Anda mendukung idola sambil mengetahui dari belakang pikiran Anda bahwa dia akan pergi suatu hari nanti.

Ada sejumlah idol group yang saat anggotanya mengumumkan kelulusan, kebanyakan fans mereka tak merelakannya. Sisi positifnya adalah grup tersebut terus-menerus menggali talenta dan bakat dari member yang masih muda untuk melanjutkan generasi berikutnya.

morning musume member graduated

Morning Musume bisa dibilang salah satu idol group terpopuler era milenial karena memiliki sistem yang fluktuaktif dengan anggotanya yang datang dan pergi menunjukkan progres natural.

Faktanya, saat ini tak ada satupun member senior Morning Musume saat pertama kali didirikan. Mereka semua sudah graduate, bahkan beberapa ada yang kini sudah berumah tangga.

Perbedaan usia antara mereka dan member aktif saat ini - yang termuda adalah 15 tahun - menakjubkan. Sampai Anda menyadari telah ada 14 generasi anggota sejak kelompok ini didirikan pada tahun 1997 silam.

Masa aktif untuk setiap member di grup memiliki batasnya secara default. Kebanyakan dari mereka biasanya masuk grup di usia remaja, dan lulus saat mereka mencapai usia tertentu ketika memutuskan untuk meniti karir mereka selanjutnya.

Ketika seorang anggota memutuskan untuk lulus dan satu atau dua orang bahkan 10 member baru datang. Saat-saat dimana audisi pencarian member untuk generasi selanjutnya adalah yang paling ditunggu oleh fans Morning Musume.

Mulai dari menyambut anggota baru. Hingga banyaknya hal yang selalu menjadi bahan diskusi menarik bagi kelangsungan masa depan grup tersebut.

Dan mungkin, cari anggota favorit baru. Tahun ini Morning Musume menambahkan dua anggota baru di generasi ke-13 yakni Kaede Kaga dan Reina Yokoyama, diikuti segera setelah penambahan anggota Chisaki Morito secara mendadak.

keyakizaka46 graduated members graduation
Keyakizaka46 © Uploader

Terkadang sistem kelulusan bahkan lebih sistematis. Di Sakura Gakuin, grup mengikuti sistem sekolah dan anggota lulus saat mereka menyelesaikan Sekolah Menengah Atas pada saat bersamaan.

Salah satu 'peraturan sekolah' mereka adalah 'terus berikan yang terbaik sampai lulus', sebuah prinsip yang diikuti oleh anggota muda dengan penuh semangat sepanjang karir mereka sebagai idola di dalam kelompok tersebut.

Mengetahui bahwa waktu mereka sebagai siswa sangat terbatas, itu berarti bahwa sang idol dapat tumbuh dengan sepenuh hati dan bekerja keras menuju tujuan akhir.

Sampai sekarang Sakura Gakuin memiliki hampir 20 member yang sudah lulus, banyak di antaranya yang membuat kesuksesan mereka sendiri di industri hiburan Jepang. Mulai dari Airi Matsui hingga Ayaka Miyoshi legenda BABYMETAL, Sakura Gakuin memiliki bagian mereka dari alumni terkenal.

akb48 members graduated

Sedangkan di AKB48, berbeda dari yang lain. Mereka bahkan lebih luas secara konteks. Awalnya pun mereka ingin mempertahankan konsep dengan 48 orang di grup.

Saat itu sangat aneh dan dianggap buruk untuk memiliki banyak anggota dalam sebuah idol group.  Meskipun pada akhirnya sekarang sudah banyak yang tahu AKB48 memiliki ratusan member. Itupun belum termasuk mereka yang sudah graduate, jumlahnya puluhan.

Selama bertahun-tahun, AKB48 telah berhasil menguasai pangsa pasar musik Jepang. Mengenalkan sejumlah sistem unik salah satunya pertukaran member dengan grup saudari (Kaigai Kennin-Transfer) dan Team Shuffle (Perombakan anggota dalam tim).

Yang pernah membuat heboh adalah ketika Matsui Rena dari SKE48 jadi bagian dari Nogizaka46, yang notabene rival AKB48 Group. Sebuah transfer member yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Dengan cara ini, AKB48 dan sister group mereka memiliki sistem yang paling tidak dapat diprediksi dalam industri ini. Member keluar dan masuk, susunan senbatsu pembawa single yang sulit ditebak membuat fans seakan-akan wajib menyaksikan apakah idol tersebut layak atau tidak.

Sesuai dengan misi asli AKB48. Dengan memiliki banyak sister group dari berbagai kota dan negara, penonton akan bebas menemukan anggota yang mereka sukai.

Kesimpulan

Selama sistem graduate masih belum disukai oleh banyak penggemar, toh mereka tetap akan merayakan dan merelakannya saat konser kelulusan sang idol digelar.

Konser kelulusan adalah salah satu acara paling populer dalam sistem idol group. Kesempatan terakhir para penggemar untuk melihat seseorang yang mereka sukai tampil sekali lagi bersama grupnya.

Dengan konsep seperti kelulusan ini, akan membuat para fans menikmati perjalanan karir sang idola, menjadi bagian dari perkembangannya dan mendapatkan apresiasi yang lebih terhadap penampilannya.

Tentang Graduate, Perpisahan yang Tak Direlakan di Idol Group Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun
Terima Kasih Sudah Berkunjung