Apa Itu Renacchi Sousenkyo dan Kontroversi di AKB48

Saat artikel ini dalam pengerjaan alias diketik kami sempat menunda publikasi beberapa kali akibat adanya 'beberapa hal' perubahan, pergantian, serta penambahan soal Renacchi Senbatsu Sousenkyo yang sedang jadi pusat perhatian di AKB48. Atas permintaan dari admin ShukanBunshun.com gue kirim artikel menjelaskan soal Renacchi Sousenkyo yang makin kesini semakin heboh.

AKB48 Renacchi Sousenkyo Senbatsu Members

Tahun ini Renacchi Sousenkyo sudah dapat dipastikan akan kembali digelar. Bahkan uniknya lagi proyek yang awalnya iseng belaka ini sekarang seakan jadi resmi setelah manajemen AKB48 mengawalnya. 

Penjelasan Apa itu Renacchi Senbatsu Sousenkyo? 

Renacchi Sousenkyo (れなっち総選挙) adalah proyek yang dibuat oleh Kato Rena sejak tahun 2015 berisikan member AKB48 Group hasil seleksi yang berhak masuk jajaran senbatsu line-up untuk membawakan sebuah lagu. 


Pada dasarnya mereka dipilih langsung oleh Rena Kato sebagai pemilik proyek Renacchi Sousenkyo, namun tidak jarang manajemen ikut membantunya. 

Siapa itu Rena Kato? 

Kato Rena atau biasa dipanggil Renacchi adalah anggota AKB48 Generasi ke-10 yang saat ini berstatus sebagai member Team B. Beberapa waktu lalu dirinya resmi bergabung dengan agensi M&S bersama Mukaichi Mion

Kontroversi Renacchi Sousenkyo 

Saat awal proyek Renacchi Sousenkyo ini dibuat, Kato Rena pun mengakui bahwa ia hanya ingin berandai bila suatu saat bisa memilih sendiri anggota pilihannya yang masuk susunan senbatsu AKB48. 

Demikian adanya, seiring berjalannya waktu Kato Rena tetap mempertahankan bahkan terkesan lebih serius menggarap project Renacchi Sousenkyo. 

Dia ingin adanya perubahan dan 'zaman baru' di AKB48, yang mana member anti-mainstream atau jarang bahkan tidak pernah masuk susunan line-up senbatsu bisa ikut merasakannya. 

Pro dan kontra bermunculan saat keputusan Kato Rena yang terkesan berpihak pada teman dekatnya sendiri. Banyak member lain belum pernah merasakan senbatsu namun tak begitu dekat dengan Renacchi membuat mereka terasingkan. 

Penggemar menganggap padahal proyek ini seharusnya adil untuk anggota AKB48 Group yang selama ini terabaikan oleh manajemen, namun itu semua jauh diluar ekspektasi mereka. 

Sistem Renacchi Sousenkyo 

Sejak awal dibuat bagi para member yang ingin berpartisipasi agar dipilih masuk jajaran senbatsu Renacchi Sousenkyo harus terlebih dahulu mendaftar, sebagaimana layaknya SSK AKB48. 

Renacchi Sousenkyo Resmi di AKB48 

Renacchi Sousenkyo menjadi berita utama dan tertarik pada media sosial yang mendukung Kato Rena untuk menjadikannya acara resmi tahunan. 

Perjalanan Renacchi Sousenkyo 

Anggota AKB48 Group bisa mengirim pengajuan partisipasi melalui media sosial 755. Pada 2015 125 anggota mengajukan permohonan untuk pemilihan, termasuk anggota Nogizaka46 dan Idoling !!! Sato Rena. Hasilnya kemudian diposting pada 755 nya, dengan anggota HKT48, Tanaka Natsumi terpilih sebagai center.  

Setelah membuat daftar, dia meminta kepada Akimoto Yasushi bahwa sebuah lagu dan video musik dibuat untuk grup tersebut. Mereka menjadi unit, dan menyanyikan lagu Madonna no Sentaku di single AKB48 ke-42 Kuchibiru ni Be My Baby

Pada bulan Juni 2016, Rena Kato mengumumkan bahwa dia akan memulai kembali Renacchi Sousenkyo. Para anggota bisa mendaftar melalui foto bersama 2-shot bersama Rena dengan rambut twintail. 

168 anggota mengajukan permohonan untuk pemilihan 2016 Renacchi Sousenkyo, termasuk anggota NGT48. Hasilnya terungkap pada 28 Agustus di tahun yang sama melalui SHOWROOM, di depan 120.000 penonton live. 

Hadiah untuk member terpilih Renacchi Sousenkyo di tahun tersebut adalah merilis sebuah photobook dan menyanyikan lagu Happy End di single ke-46 AKB48, High Tension


Di tahun 2017 ini Renacchi Sousenkyo digelar lagi. Total ada 211 member AKB48 Group berpartisipaai, termasuk dua anggota BNK48 yakni Miori Ohkubo dan Izuta Rina. Tidak ada member JKT48 yang mengajukan permohonan diri. 

Kesimpulan 

Singkatnya jadi tahu lebih soal asal-usul Golden Rules yang dulunya juga hanya sebuah candaan belaka dari Yasushi Akimoto kepada member AKB48, cuma buat 'nakut-nakutin kehilangan fans' padahal cuma jadi 'senjata' supaya mereka fokus berkarir kini jadi sebuah hal yang seakan 'harus dipatuhi'. 

Dengan segala kontroversi di AKB48, kenyataannya proyek yang awalnya main-main ini menjadi berdampak cukup positif bagi karir Kato Rena di grup. Namanya semakin naik daun, hingga puncaknya ia menandatangani perjanjian kontrak dengan agensi M&N bersama Mukaichi Mion yang menjadikan masa depannya terjamin usai graduate dari grup.

Apa Itu Renacchi Sousenkyo dan Kontroversi di AKB48 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun