Jadwal Rute dan Cara Naik SkyTrain Bandara Soekarno Hatta

Pertama bagi saya menggunakan jasa SkyTrain di Jakarta alias kereta antar terminal Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang melayani penumpang sudah mulai resmi beroperasional.

Peresmian dilakukan di Shelter SkyTrain Terminal Tiga Bandara yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno serta Menteri Perhubungan Budi Karya usai mendapatkan verifikasi sertifikat dari Direktoral Jenderal Perkeretaapian.

Simak: Jangan Angkat Nomor Telepon +62185

Diresmikannya fasilitas kereta bandara ini mendapatkan banyak apresiasi masyarakat yang berada di sekitar area.

interior gerbong skytrain kereta bandara soekarno hatta

Selama beberapa hari ke depan di bulan September ini SkyTrain cuma melayani rute yang terhubung dengan Terminal 2 dan 3, tentu saja akan ditambah rutenya di kemudian hari.

Saya juga dengar kabar kalau setelah layanan tahap pertama dilakukan SkyTrain juga akan 'melebarkan' pelayanannya ke terminal satu, kemudian integrated building, dan sambung lagi ke terminal tiga.

Kesempatan bagi saya, bersama teman dan beberapa wartawan menemani pegawai bandara untuk menggunakan kereta SkyTrain simulasi.

Belum tahu apa itu SkyTrain?

Apa itu SkyTrain 

SkyTrain adalah transportasi umum dengan sistem transit angkutan cepat dan tentu saja sesuai namanya, kendaraannya berupa kereta yang melaju dengan kecepatan tinggi. Setidaknya itu yang saya tahu dan menurut Wikipedia.

Bagi Anda yang sering ke Singapore, Thailand atau Jepang mungkin sudah tidak asing dengan istilah SkyTrain.

Di Singapore, Changi Airport SkyTrain sudah ada sejak 1990. Kecepatan maksimumnya 60 KM/h.

Jadwal dan Rute SkyTrain Bandara Soekarno Hatta

Operasional tahap pertama ini menurut Kemenhub, SkyTrain cuma melayani di waktu tertentu. Dengan jadwal sebagai berikut:
  1. Pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB 
  2. 13.00  - 14.00 WIB 
  3. 17.00 - 19.00 WIB 
Cara alternatif melihat jadwal Skytrain penumpang bisa menggunakan aplikasi bernama Indonesia Airport untuk Android dan iOS. 

jadwal keberangkatan skytrain kedatangan bandara soetta soekarno hatta kereta cepat

"Sistem jadwal ini bakal terus diterapkan sampai akhir tahun nanti dan kita upayakan bisa beroperasional secara penuh." kata Yarismano, PR Manager PT Angkasa Pura II dilansir dari Kompas.com. 

Ketika dilihat sekitar area tempat kereta tanpa awak SkyTrain ini melintas, masih banyak sekali para pekerja yang melakukan instalasi sarana serta prasarana.

Baca juga: Layanan Google Drive Bakal Ditutup

Sejauh ini kapasitas maksimal yang bisa diangkut satu kali perjalanan Sky Train adalah sebanyak 175 orang. Itu termasuk koper dan barang bawaan penumpang.

Sebagai tambahan informasi kalau pengantar penumpang ke bandara juga bisa menaiki Skytrain.

Waktu tempuh dari Terminal satu ke yang lainnya hanya kurang dari 4 menit.

Cara Naik SkyTrain Kereta Bandara Soekarno Hatta

Mau coba naik skytrain? Datang ke shelternya di lantai satu terminal dua dan tiga Bandara Soetta. Nikmati perjalanan sepanjang 1.7Km. 

Berapa biaya harga tiket skytrain? Gratis. 

Pesan dari Kemenhub, berharap penumpang bisa menggunakan layanan Skytrain dengan bijak serta tertib tanpa merusak fasilitas dan infrastruktur di dalamnya.

Jadwal Rute dan Cara Naik SkyTrain Bandara Soekarno Hatta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun