Penyebab Kenapa Layanan Google Drive Bakal Ditutup

Perusahaan raksasa teknologi Google akan menutup layanan berbagi berkas (Cloud File) milik mereka sendiri yakni Google Drive dalam beberapa waktu ke depan tepatnya 11 Desember 2017.

Melalui blog resmi, Google mengatakan bahwa selain Drive, Google Photos juga akan ditutup. Semua berkas yang telah diunggah oleh pengguna diharapkan segera di backup (cadangkan).

"Kedua aplikasi resmi kami, Drive dan Photos juga tidak akan mendapatkan dukungan resmi lagi terhitung mulai tanggal tersebut (11 Desember). Kami juga akan menghapus dua aplikasi itu mulai Maret tahun depan." tulis Google.

Kenapa Google Menghapus Layanan Drive dan Photos? 

Keputusan berani ini diambil Google sebenarnya sudah dipertimbangkan jauh hari. Sebagai hasil keinginan perusahaan untuk menggabungkan semua solusi cloud penyimpanan yang ada ke dalam satu aplikasi kohesif - sesuatu yang mereka ingin lakukan sejak bulan Juli.
Baca: Situs Pengganti Solidfiles yang Sudah Tutup
Ke depan, aplikasi tersebut bakal berganti nama juga menjadi Google Backup and Sync untuk pengguna reguler (pelanggan enterprise / G Suite segera memiliki akses ke Drive File Stream yang baru akan diluncurkan pada 26 September).

Apa itu Google Backup & Sync? 

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Backup and Sync sebelum pengumuman ini, jangan khawatir - ini berfungsi dengan cara yang hampir sama seperti Google Drive.

Anda cukup mengunggah data dan foto Anda ke awan, menyinkronkannya dengan aplikasi desktop dan menelponnya setiap hari.

Google Drive File Stream Baru Backup Sync

Sementara itu, Google Drive File Stream, di sisi lain, bekerja sedikit berbeda. Meskipun mempertahankan sebagian besar fungsi inti Backup and Sync (penyimpanan dan sinkronisasi file), mereka menambahkan beberapa fitur baru yang akan menguntungkan dari segi bisnis.

Simak: Pengalaman Pakai HP Xiaomi Mi A1

Sebagai contoh, pengguna File Stream akan dapat melakukan streaming file sesuai permintaan.

Akses kolaborasi antar aplikasi "Team Drives" (pengaturan yang dapat dikendalikan dan diubah pada tingkat administratif) dan sinkronkan file individu sesuka hati (Backup and Sync only memungkinkan sinkronisasi seluruh folder).

Jika Anda selama ini telah menjadi pengguna Drive yang setia bahkan hingga sekarang, kini saatnya untuk mulai memigrasikan data ke Cadangan dan Sinkronisasi (Backup and Sync), pindahkan semua file.

Dan jika Anda khawatir Anda akan lupa melakukannya, Google akan mengingatkan Anda. Mulai bulan Oktober, peringatan desktop akan muncul secara berkala untuk memberi tahu Anda bahwa Google Drive telah dihapus.

Penyebab Kenapa Layanan Google Drive Bakal Ditutup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun