Review Pengalaman Pakai iPhone X dan Trik Rahasia iOS 11

Beralih dari Xiaomi Mi Note 3 sekarang saya kebagian untuk menjajal demo unit dari perangkat andalan terbaru Apple yakni iPhone X. Dengan sistem iOS 11, tentunya saya menaruh ekspektasi perubahan dan peningkatan signfikan baik dalam pengalaman pemakaian maupun fitur tambahan lainnya.

iPhone X, 8 dan 8 Plus bakal hadir dengan banderol harga yang pastinya diatas sepuluh juta rupiah atau rata-rata seharga satu unit sepeda motor di Indonesia. Berikut rincian harganya.

Berapa Daftar Harga iPhone X, 8 & 8 Plus Terbaru di Indonesia

Namun belum dapat dipastikan kapan iPhone X, 8 & 8 Plus masuk ke Indonesia mengingat semuanya masih tergantung pada kebijakan distributor resmi macam iBox.

iphone 8 x shukanbunshun review

Waspada kalau membeli apalagi barang belasan juta dan jangan lupa baca Pengalaman Buruk Beli iPhone di Renan Store Instagram.
  • iPhone 8 
- 64GB : $699 Rp 9.210.000
- 128GB : Rp
- 256GB : Rp
  • iPhone 8 Plus
- 64GB : $799 Rp 10.514.000
- 128GB : Rp,-
- 256GB : Rp,-

  • iPhone X 
- $999 - Rp 13.144.736


Chipsetnya menggunakan Apple A11 Bionic dengan dukungan Six-Core.

Semua harga diatas adalah hasil konversi berdasarkan kurs dolar Amerika Serikat ke Indonesia rupiah per 12 September. Warna iPhone 8 yang tersedia Front and Back Glass, Silver, Space Grey, New Gold.

Harganya bisa berubah karena berbagai macam faktor, biasanya kalau iPhone baru masuk ke Tanah Air maka harga tidak beda jauh dari aslinya. Dan seluruh perangkat Apple yang dirilis pada #AppleEvent apple event logo twitter hashtagtersebut sudah menggunakan iOS 11.

Perangkat Terbaru Lainnya yang Dirilis di Apple Event 2017 

Seperti pada tahun sebelumnya, selain iPhone, Apple juga merilis perangkat baru andalan mereka dengan detail harga jualnya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Apple Watch Series 3 : $329 (Non-Cell) / $399 (with Cellular) / Series 1 $249

2. Apple TV 4K HDR : $179 / $199

3. 

Kapan iPhone X dan 8 Plus Masuk ke Indonesia? 

Belum dapat dipastikan tanggal tepatnya kapan iPhone X / 8 Plus masuk ke Indonesia. Namun berdasarkan catatan sejarah, setidaknya paling lambat lima hingga enam bulan setelah Apple merilis resmi perangkat terbaru mereka di Amerika, Jepang, Inggris dan Singapura.

Biasanya, kalau tidak iBox paling ada provider yang mengurus izin TKDN agar bisa mendatangkan iPhone versi terbaru secepatnya, contohnya saja awal tahun 2017 kemarin saat Smartfren dengan giatnya melakukan promo bundling iPhone 7 karena sat itu mereka ikut andil mendatangkan ponsel tersebut ke tanah air.

Bagaimana kalau Anda tidak sabaran? Anda bisa membelinya di situs jual beli online luar negeri yang menyediakan barangnya, yah meskipun resiko lebih besar. Kami sarankan menunggu iBox.

Review Menu iOS 11 dan Trik Akses Menu Rahasia 

Pada Apple Event, saya menyaksikan lewat streaming 13 September silam tengah malam WIB. Tim Cook dan kawan-kawan menjelaskan semuanya dengan sangat antusias seakan-akan ada yang ingin segera ia sampaikan pada dunia bahwa era baru teknologi akan dimulai.

Dan yang ditunggu-tunggu tiba juga. iOS 11 pun diumumkan, kilas balik pada WWDC 2017 tanggal 5 Juni silam, Apple mengumumkan dan mendemonstrasikan sistem operasi terbarunya untuk iPad, iPhone dan iPod touch.

Simak: Tutorial Lengkap Cara Jailbreak iOS 11 Menggunakan Pangu

Saat itu OS tidak akan diluncurkan secara resmi sampai musim gugur - mungkin bulan September - namun sementara itu, pengembang dan bahkan member dari developer dapat mencoba berbagai versi pengujian beta dan memeriksa fitur baru serta tweak antarmuka untuk diri mereka sendiri.

We decided to jump in, naturally, and we've been running the public beta for about a month. Dalam artikel pratinjau ini, kita membahas fitur dan perubahan antarmuka baru di iOS 11, namun ingatlah bahwa baik OS dan artikelnya sedang berjalan.

Apple juga pada saat WWDC 2017 mengungkap macos 10.13 High Sierra, watchOS 4, model MacBook Pro baru, iMac baru, model iMac Pro, iPad Pro baru dan speaker yang disebut HomePod. Itu adalah keynote yang sibuk, sudah pasti.

Interface Tampilan iOS 11 

Apple melanjutkan evolusi lembut antarmuka iOS - tidak ada perancangan ulang keseluruhan sistem yang radikal seperti yang kita lihat saat mereka berevolusi ke iOS 7, namun tetap ada beragam tweak dan perbaikan. 

Notifications and Lock Screen

Kunci Layar dan Pemberitahuan sekarang telah digabungkan menjadi satu layar - ini seharusnya membuatnya sedikit lebih sederhana dan mudah digunakan. 

Control Center 

Apple telah membuat perubahan signifikan pada Control Center, diperkenalkan di iOS 7 namun dalam beberapa tahun terakhir justru mengalami penurunan fitur. Format dua layar dari Pusat Kontrol iOS 10 terasa seperti rasa sakit yang tidak perlu (hanya ada sedikit kontrol pada layar kedua, dan beberapa kontrol halaman depan begitu besar, sehingga bisa dipadatkan menjadi satu). 

Di iOS 11 Control Center mendapat tampilan baru, untuk memulai. Alih-alih panel solid abu-abu terang dengan kontrol di bagian atas, seluruh layar buram dan elemen masing-masing fitur menetap di atas layar di persegi panjang bulat mereka yang hampir hitam. 

Sulit untuk mengatakan apakah ini lebih baik atau lebih buruk, secara estetis, tapi setidaknya berbeda. Rasanya segar sambil tetap konsisten dengan bahasa desain post-iOS 7 milik Apple.

Kabar bagusnya, Control Center sekarang menjadi urusan satu halaman, jadi Anda tidak lagi mencoba menyesuaikan slider kecerahan dan tanpa sengaja beralih ke halaman kedua. Ini adalah hal yang baik. 

Ada pilihan baru di Control Center, seperti fungsi perekaman layar yang bagus dan pengalihan on / off Data Seluler. Dan menggunakan Touch 3D (atau tekan lama, pada iPad atau iPhone yang lebih tua) untuk memungkinkan akses cepat ke lebih banyak pengaturan dan fitur. 

Akses Menu Rahasia Tersembunyi di iOS 11 Semua iPhone 

Tekan keras tombol jam / alarm, misalnya, dan memberi Anda akses cepat ke timer; menekan tombol kotak pesan Bluetooth / WiFi menunjukkan opsi untuk hotspot AirDrop dan personal; dan seterusnya.

Akhirnya, dan selama ini banyak diminta oleh pengguna, Control Center sekarang dapat disesuaikan / kustomisasi. Ada halaman di Settings dimana Anda bisa memutuskan apa yang muncul di sana. Ini mengikuti format yang sama dengan halaman edit Notifikasi, dengan ikon minus merah sederhana untuk menghapus elemen dan ikon hijau plus untuk menambahkannya. 

Begitu banyak untuk Control Center di iPhone. Di iPad, perubahan antarmuka lebih terasa, dan saat Anda menggesek ke atas, Anda akan memunculkan bukan hanya Pusat Kontrol tapi perancang aplikasi / App Switcher (didesain ulang) dan App Dock. Sebenarnya, Anda perlu melakukan gesekan lebih panjang ke atas untuk mengangkat semua ini. Gesek pendek ke atas hanya membawa app dock. 

Berikut penjelasan singkat kami soal Dock dan App Switcher. 

Dock (Khusus iPad) 

Ini adalah perubahan pertama akan kami bicarakan yang hanya mempengaruhi iPad. App Dock telah menjadi bagian dari iOS sejak peluncuran iPhone pertama. 

Tapi ini pertama kalinya berubah secara signifikan. Dock sekarang dapat diakses dari lebih banyak tempat, dapat berisi lebih banyak ikon (termasuk beberapa elemen cerdas), dan mendukung drag-and-dropping untuk multitasking cepat.

Dok lama hanya sebaris ikon aplikasi di bagian bawah layar Utama: satu-satunya hal yang membedakannya dari antarmuka lainnya adalah lebih fleksibel dari jumlah ikon (dari nol sampai enam), dan tinggal di sana saat Anda menggesek layar Home nanti. 

Sekarang bisa diakses dari mana saja; lakukan gesekan singkat dari bagian bawah layar dalam aplikasi, seperti yang biasa Anda lakukan untuk membuka Control Center, dan dock app muncul sebagai gantinya.

Pada iPhone ini masih menampilkan Control Center, dan di iPad, terus menggesek ke atas akan memunculkan Pusat Kontrol dan app switcher serta dock, seperti yang dijelaskan di atas. 

Anda kemudian dapat beralih ke aplikasi lain, atau seret / swipe dan jatuhkan aplikasi langsung ke layar untuk membukanya dalam bentuk splitscreen dengan apa pun yang sedang Anda lakukan. Anda juga akan melihat bahwa ada garis vertikal di sepanjang dock bawah layar, seperti ada di dock macos. 

Aplikasi di sebelah kiri baris adalah yang Anda pilih untuk diletakkan di sana, namun yang ada di sebelah kanan bersifat dinamis - baru saja digunakan, atau saat ini digunakan di perangkat lain yang Anda gunakan, berkat Handoff. 

Fitur App Switcher iOS 11 

Ini kurang seru, namun layar Pusat Kontrol yang telah kami sebutkan di dua bagian di atas juga berisi pengalih aplikasi (App Switcher), yang menampilkan screenshot aplikasi yang saat ini terbuka dan paling sering Anda gunakan. 

Di iOS 10 ini diakses dengan menekan dua kali tombol Home, dan menampilkan layar di tumpukan swipable; Di sini, mereka ditata lebih sederhana dalam dua baris datar. Gesek ke kanan untuk melihat aplikasi sebelumnya. 

Dalam sebagian besar hal, ini secara fungsional sama dengan pengalih aplikasi lama, namun kami rasa ini berguna karena semuanya berkumpul di layar yang sama dengan Control Center and dock. 

Namun, ada satu perubahan di sini yang membuat kita sedikit tidak nyaman: alih-alih menggesek ke atas pada salah satu layar untuk menutup aplikasi itu, seperti yang Anda lakukan di iOS 10, Anda sekarang harus menekan terus layar sampai ikon X kecil muncul, lalu ketuk ikon itu. 

Desain Baru App Store 

Apple telah mendesain ulang App Store dengan cukup ekstensif. Meluncurkan aplikasi sekarang membawa Anda ke tab Today (Hari Ini), yang dirancang untuk membantu penemuan aplikasi (salah satu masalah historis terbesar App Store). 

Anda akan melihat Koleksi baru, Daftar Harian yang berpusat di seputar tema tertentu, dan tutorial yang menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan hal-hal tertentu di aplikasi baru. 

Sekarang ada tab khusus untuk Aplikasi Game dan (non-game), tempat bagi Anda untuk menemukan penawaran baru dan populer, serta pembelian dalam aplikasi untuk aplikasi yang mungkin sudah Anda miliki yang tersedia untuk dilihat dan diunduh di sana dalam App Store. Anda juga akan melihat video pratinjau, kiat, dan permainan gameplay. 

Aplikasi iMessages Ada Fitur Baru di iOS 11 

Aplikasi Pesan iOS 11 telah diperbarui dengan beberapa fitur baru termasuk 'App Drawer', yang berisi stiker, dan versi Apple Pay peer-to-peer baru yang memungkinkan Anda membayar kontak melalui iMessage. Apple Pay telah membuat langkah besar dalam adopsi perusahaan namun hal ini dapat membawanya ke ranah kehidupan sehari-hari (dan mungkin membuat hutang restoran menjadi terhambat). 

Fitur baru Apple Pay masih menggunakan sensor sidik jari TouchID, dan uang yang diterima akan masuk ke Kartu Kas ApplePay Anda, yang dapat Anda gunakan untuk pembayaran lebih lanjut atau untuk mentransfer uang kembali ke rekening bank Anda.

Peningkatan Pada Siri 

Siri memiliki suara pria dan wanita yang konon lebih terdengar alami, dan juga antarmuka visual baru. 

Apple juga menambahkan fitur untuk Siri termasuk kemampuan untuk menerjemahkan apa yang Anda katakan ke bahasa Jerman, Prancis, Italia, China atau Spanyol, dengan bahasa lainnya lebih lanjut ditambahkan nanti. 

Ini juga bekerja lebih baik dengan Apple Music untuk membantu menyarankan lagu yang mungkin Anda sukai. Siri juga menjadi lebih cerdas di iOS 11. Sekarang akan menggunakan pembelajaran di perangkat untuk menemukan lebih banyak tentang Anda, karena itu memperbaiki saran saat Anda menggunakan aplikasi tertentu. 

Misalnya, jika Anda melihat tempat atau topik tertentu di Safari, Siri dapat menyarankan kata dan item terkait di Mail, Messages dan aplikasi lainnya. Bagi pengembang, SiriKit akan membawa kapabilitasnya ke lebih banyak aplikasi. 

Selain itu, meskipun Apple tidak membicarakannya selama keynote, Anda akan bisa mengetikkan pertanyaan ke Siri daripada selalu dipaksa untuk membacakannya dengan keras. 

Kamera di iOS 11 Khususnya iPhone X dan 8 Plus

Perangkat lunak kamera telah melihat banyak perbaikan, termasuk peningkatan kualitas gambar. Portrait Mode di iOS 11 bisa diambil dengan Optical Image Stabilization (OIS), True Tone flash dan HDR, misalnya. Sehingga foto hasil kamera iPhone X akan lebih bagus dan jernih, hingga Apple dengan percaya diri mengklaim bisa menyeimbangkan kamera DSLR Canon. 

Apple juga menambahkan teknologi baru yang disebut High Efficiency Image File Format (HEIF) yang mengurangi ukuran file dari foto pada iPhone Anda. Akhirnya, kamera juga mendapatkan pemindai QR built-in - ini sudah lama terlambat, meski kabar buruk bagi pembuat aplikasi pembaca QR gratis.  

Apple Music Juga Baru 
Protokol AirPlay baru membawa banyak fitur baru untuk speaker termasuk dukungan multi ruang, dan ada DPI audio AirPlay 2 untuk developers. Anda juga akan dapat melihat apa yang teman-teman Anda dengarkan di Apple Music berkat profil publik baru. 

Plus, pengembang akan mendapatkan akses ke Apple Music API baru untuk mengintegrasikan perpustakaannya ke aplikasi lain seperti Nike + Run Club dan Shazam. 

Daftar Perangkat Apple iPhone, iPad, dan iPod yang Mendapatkan Update iOS 11 

Berikut daftar setiap perangkat Apple yang sudah dipastikan mendukung iOS 11 dan kebagian update:

iPad Air 1, iPad Air 2, iPad Pro (12.9, 2015), iPad Pro (9.7), iPad 2017, iPad Pro (10.5), iPad Pro (12.9, 2017). 

iPad mini 2, iPad mini 3, iPad mini 4. 

iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus (iPhone X, 8 dan 8 Plus sudah langsung menggunakan iOS 11). 

iPod touch (sixth generation). 

Kesimpulan 

Itulah review singkat iPhone X Indonesia serta trik rahasia pada iOS 11 yang bisa Anda manfaatkan. Semakin banyak fitur terbaru disediakan Apple makin enjoy pengguna dan fanboy menggunakan perangkat mereka.

Review Pengalaman Pakai iPhone X dan Trik Rahasia iOS 11 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun