Fakta Lagu '11-Gatsu no Anklet' Single Kelulusan Watanabe Mayu AKB48

Beberapa fakta tentang lagu '11-Gatsu no Anklet (11月のアンクレット) / Juuichigatsu no Anklet' yang jadi graduation song bagi Mayuyu. Watanabe Mayu (渡辺麻友) anggota Team B tersebut mendapatkan sesuatu yang spesial untuk kelulusannya dari AKB48.

akb48 50th single 11-gatsu no anklet watanabe mayu graduation

Hal ini tak lain karena single ke-50 grup, "11gatsu no Anklet", didedikasikan buat dirinya yang telah umumkan graduate pada ajang penentuan Hasil Senbatsu Sousenkyo 2017 kemarin.

AKB48 mengumumkannya saat menggelar acara jabat tangan '#Sukinanda Handshake Festival' pada 10 September.

Lagu 11-gatsu no Anklet baru akan dirilis pada 22 November 2017 mendatang, menjadi single terakhir Watanabe Mayu bersama grup setelah hampir 11 tahun perjalananya berkarir.

Perjalanan Karir Watanabe Mayu di AKB48

Mayuyu mengawali karirnya bersama AKB 2007 saat itu ia berpartisipasi menjadi bagian dari senbatsu member di lagu BINGO! yang menjadi single debutnya dengan grup.

Baca: Kalah Lagi, Watanabe Mayu Akhirnya Graduate 

Selama berkarir di AKB48, Watanabe Mayu pernah menjuarai Senbatsu Sousenkyo yakni pada edisi ke-6 "Yume no Genzaichi ~Rival wa Doko da~" dimana saat itu Mayuyu jadi center untuk single ke-37 yang berjudul Kokoro no Placard.

Perjuangan Mayuyu pun mendapatkan apresiasi dari mayoritas penggemar AKB. Nama Mayu Watanabe pernah masuk dalam daftar audisi generasi kedua AKB48, namun saat itu ia gagal lolos dan tanpa menyerah mengikuti kembali proses audisi pencarian member generasi ketiga.

Seiring berjalannya waktu, nama Watanabe Mayu mulai semakin populer.

Dia pun bersedia sekaligus diizinkan untuk berstatus solo karir disamping jabatannya sebagai member Team B.

Mayuyu seringkali membintangi serial drama, jadi bintang iklan, model majalah eksklusif, dan MC / Host.

Namanya bersih dari noda skandal dan hampir tidak pernah muncul dengan status 'tersangka' di majalah Shukan Bunshun.

Karena ini adalah lagu spesial kelulusan alias single terakhir Watanabe Mayu, tentu saja Mayuyu berhak mengisi posisi center ditemani dengan sejumlah anggota senior dari AKB48 dalam susunan line-up senbatsu member.

Daftar Nama Senbatsu Member Single ke-50 AKB48 '11Gatsu no Anklet (' Mayu Watanabe Graduation Song:

Watanabe Mayu [Center]
SKE48: Matsui Jurina, Suda Akari, Obata Yuna.

NMB48: Yamamoto Sayaka, Shiroma Miru, Yoshida Akari, Yamamoto Ayaka.

HKT48: Kodama Haruka, Sashihara Rino, Miyawaki Sakura, Tanaka Miku, Matsuoka Hana.

NGT48: Nakai Rika, Ogino Yuka, Kitahara Rie.

STU48: Takino Yumiko, Okada Nana.

AKB48: Yokoyama Yui, Mukaichi Mion, Minegishi Minami, Takahashi Juri, Kojima Mako, Kato Rena, Kashiwagi Yuki, Yui Oguri, Okabe Rin, Iriyama Anna.

➔ Japanese
#AKB48 #50thシングル #11月のアンクレット
11/22発売
選抜
センター渡辺麻友
入山杏奈、岡田奈々、岡部麟、荻野由佳、小栗有以、小畑優奈、加藤玲奈、北原里英、小嶋真子、兒玉遥、指原莉乃、白間美瑠、須田亜香里、高橋朱里、瀧野由美子、田中美久、中井りか、松井珠理奈、松岡はな、峯岸みなみ、宮脇咲良、向井地美音、山本彩加、山本彩、横山由依、吉田朱里, 柏木由紀.

Dengan terpilihnya Mayuyu sebagai center di single 11-gatsu no Anklet ini, maka menjadikannya sebagai member dengan 6 kali center di enam lagu berbeda, lima sebelumnya yakni:
  1. Single ke-30 'So long!',
  2. ke-31 'Sayonara Crawl [さよならクロール]',
  3. ke-36 'Labrador Retriever [ラブラドール・レトリバー]',
  4. ke-37 'Kokoro no Placard [心のプラカード]',
  5. dan ke-38 'Kibouteki Refrain [希望的リフレイン]'.
Sang center pun berkomentar soal single terakhirnya ini. "Terima kasih telah memilihku untuk jadi center di single ke-50 AKB48. Seperti yang telah diketahui saya sudah mengumumkan kelulusan dan ini bakal jadi lagu terakhir." kata Watanabe Mayu.

"Kilas balik, saat saya pertama kali terpilih masuk dalam senbatsu di single ke-4 AKB48, BINGO!. Dan aku akan menjadi senbatsu member untuk yang ke-43 kalinya di single ke-50 ini. Jadi saya rasa, bahwa saya sudah menjadi bagian kecil daripada sejarah besar AKB." lanjut Mayuyu.

"Berharap saya bisa menikmati waktu terakhir saya bersama semua orang di grup, member, staf dan fans sebelum saya memulai langkah baru dalam berkarir. Terima kasih banyak." ujarnya.
Di lagu 11-Gatsu no Anklet ini ada empat member terpilih masuk senbatsu single AKB48 untuk pertama kalinya yakni Takino Yumiko (STU48), Obata Yuna (SKE48), Okabe Rin (Team 8), serta Tanaka Miku (HKT48). 
Diakui oleh Mayuyu, bahwa lirik lagu 11gatsu no Anklet sebagian ditulis olehnya juga atas bantuan produser Yasushi Akimoto.

Namun demikian sayangnya banyak penggemar yang kecewa akan hal ini terkait manajemen dinilai memanfaatkan kesempatan dengan mempromosikan sister group lain lewat populernya nama Watanabe Mayu.

"Kecewa dengan susunan senbatsu di single ke-50. Ini adalah lagu spesial Watanabe Mayu, alih-alih menjadi momen khusus Mayuyu dan sahabatnya di grup tapi malah dijadikan 'alat' buat promosi grup lain." tulis akun Reireimoan.

Fakta Lagu '11-Gatsu no Anklet' Single Kelulusan Watanabe Mayu AKB48 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun