Fakta Lagu Kimi wa Melody / Dirimu Melody Single ke-18 JKT48

Lagu 'Kimi wa Melody (君はメロディー) / Dirimu Melody ' resmi dipilih menjadi single ke-18 JKT48 spesial untuk kelulusan Melody Nurramdhani yang baru akan melakukan penampilan perpisahan bersama grup Maret 2018 mendatang, ada beberapa fakta tentang lagu ini.

Bagi sister group JKT48 di Jepang, AKB48, lagu Kimi wa Melody merupakan single ke-43 mereka (atau ke-45 secara keseluruhan) yang dirilis Maret 2016 dengan member HKT48, Miyawaki Sakura ditunjuk untuk mengisi posisi solo center untuk pertama kalinya.

Dalam hari pertama penjualan saat dirilis, AKB48 berhasil menjual single Kimi wa Melody 1,133,178 keping berdasarkan data dari Oricon Chart, dan terjual total 1,237,881 di minggu pertama.

Bertema Tradisional 

AKB48 dalam promosional video menegaskan konsep tradisional yang diusung pada single Kimi wa Melody, dan menampilkan seluruh member dengan balutan pakaian khas Jepang, Kimono.

JKT48 - Kimi wa Dirimu Melody Single ke-18

Begitu juga dengan JKT48, video klip atau musik video (MV) lagu Dirimu Melody syutingnya dilakukan di sejumlah tempat di kota Yogyakarta dan para member tampil menggunakan pakaian tradisional khas Indonesia, yakni Kebaya berpadu Batik.

Melody Nurramdhani sudah didesak penggemar buat cepat keluar dari grup. Lihat juga: Member JKT48 Kecam Penyebaran Foto 'Salkus'

Kembalinya Para Legenda 

Sejumlah mantan anggota AKB48 yang bisa dikatakan legenda grup kembali diundang untuk berpartisipasi di lagu Kimi wa Melody saat itu yakni Oshima Yuko, Atsuko Maeda, Shinoda Mariko, dan Tomomi Itano

AKB48 Kimi wa Melody Single PV.png

Susunan daftar senbatsu member juga hampir sama dengan single sebelumnya (ke-42) Kuchibiru ni Be my Baby, hanya ditambahkan empat alumni dan Mukaichi Mion.  

Spesial Ulang Tahun ke-10 AKB48 

Saat menjelang perilisan lagu Kimi wa Melody, AKB48 telah memasukki ulang tahun yang ke-10, single tersebut juga dirilis menjadi yang spesial menurut produser Yasushi Akimoto, beberapa bagian lirik ditulis oleh General Manager saat itu, Takahashi Minami. 

Lokasi Syuting MV Single ke-18 JKT48 Kimi wa Melody.png
Salah satu lokasi syuting MV Single ke-18 JKT48 'Kimi wa Melody / Dirimu Melody' di Jogja

Lagu tersebut menjadi yang pertama menampilkan 21 member senbatsu dengan rincian 17 member aktif dan 4 mantan anggota, dua puluh satu member yang berpartisipasi untuk pertama kali sejak terakhir sebelumnya pada single Flying Get

Single Terakhir Takahashi Minami 

Selain Takamina, single Kimi wa Melody juga menjadi yang terakhir bagi Iwata Karen, mereka berdua masuk dalam susunan line up senbatsu meski pada saat itu Minami Takahashi bukan berperan sebagai center melainkan berposisi sama seperti empat member alumni. 


Sebelum akhirnya Takamina melangsungkan acara konser kelulusannya satu bulan berikutnya.

Tuai Kontroversi

Single Kimi wa Melody menuai perdebatan di kalangan penggemar AKB48, terutama mereka yang tidak puas dan bertanya tanya mengapa Miyawaki Sakura terlalu di-istimewakan (pushed). 

Maklum karena single itu dianggap dalam momen spesial dan merupakan yang terakhir bagi General Manager, Takahashi Minami. 

Sakura Miyawaki juga mendapatkan solo cover spesial pertamanya dalam Type C Limited Edition.

Baca: Miyawaki Sakura Geram Dibully Selama di AKB48

Faktor 'Melody' 

Banyak yang menyayangkan dipilihnya lagu Dirimu Melody sebagai single hanya karena faktor nama 'Melody' dalam judul.

"Lagunya kok gak cocok, kurang sreg gan aransemen musiknya paling dipilih cuma karena ada kata 'Melody' di judul." tulis salah satu penggemar alias pakar musik dadakan di komentar video YouTube Teaser lagu Kimi wa Melody yang diunggah channel resmi.

"Setuju, padahal ada yang lebih bagus buat lagu perpisahan, ini adegan kissu-kissunya mana?" tulis komentar lainnya.

Tracklist lagu dalam single ini:
➡ Reguler:
1. Dirimu Melody
2. Koko ni Itakoto (kita pernah disini)
3. Omoide no Hotondo (Sebagian besar kenangan)

Duet

Lagu JKT48 berjudul Omoide no Hotondo artinya Sebagian Besar Kenangan, merupakan duet dinyanyikan oleh Melody Nurramdhani dengan Shania Junianatha. 


Shanju dipilih karena ia dianggap member yang paling dekat dan mengerti keadaan Melody selama di JKT48, bukan Nabilah.

Di AKB48, lagu Omoide no Hotondo dinyanyikan oleh Takahashi Minami dan Atsuko Maeda.
**

JKT48 berani menggunakan tema khas tradisional Indonesia untuk pertama kalinya di single ke-18 Dirimu Melody, dalam enam tahun karier grup mereka kerap konsisten mempromosikan Kimono khas Jepang.
Konsep ini juga atas permintaan penggemar grup yang bertahun-tahun mendesak dan meminta JKT48 untuk mulai mempromosikan budaya negeri sendiri.
Selain pakaian Kebaya yang dikenakan member, MV single Dirimu Melody juga dipadukan seni tradisional seperti Wayang dan berlatar keraton Jogja.

Susunan Member Senbatsu JKT48 18th Single 'Kimi wa Melody (Dirimu Melody)':

Team J : Shania Junianatha, Michelle Christo, Devi Kinal Putri, Viviyona 'Yona' Apriani, Gabriela 'Gaby' Warouw, Thalia Ivanka.
Team KIII : Shani Indira Natio, Cindy Yuvia, Ayana Shahab, Frieska Anastasia, Beby Chaesara, Shania Gracia, Sonia Natalia.
Team T : Melody Nurramdhani (Center), Adhisty Zara, Made Devi Ranita.

Itulah sejumlah fakta single ke-18 JKT48 'Kimi wa Melody / Dirimu Melody' yang membuat perilisan MV lagu hasil Request Hour 2017 'Junai no Crescendo' sementara menjadi tertunda.

Fakta Lagu Kimi wa Melody / Dirimu Melody Single ke-18 JKT48 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun

1 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus