Pengalaman Buruk Beli iPhone di Renan Store Instagram

renanstore

UPDATE

Makin bertambah banyak korban dari renanstore, yang terbaru ini rekan saya di grup FB dia beli iPhone 7 namun aksesorisnya palsu (harusnya dapat original asli), yang asli diambil dan ditukar ke accs KW, yang ori mungkin dijual lagi secara terpisah. Padahal orang ini bayar mahal lho. 

renan store pengalaman beli iphone aksesoris palsu

Update, mulai April 2018 pemerintah melalui Menkominfo menegaskan aturan bahwa barang elektronik berupa Smartphone yang diimpor secara ilegal tanpa verifikasi IMEI akan dibumihanguskan. 

Jadi waspada untuk Anda yang akan beli ponsel entah iPhone atau HP Android di penjual non-resmi seperti Rachman Store, BBENK Phone Shop, Renan Store, Putra Siregar, dll karena perangkat mereka mayoritas hasil impor tanpa sertifikasi TKDN.

Kominfo Blokir HP Ilegal
Kemkominfo Soal HP Ilegal
Artinya Anda bisa saja membeli namun ke depannya tak akan lagi dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Ini peraturan bijak pemerintah demi berantas maraknya ponsel BM (Black-Market) yang sangat merugikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, importir berlebihan berdampak buruk pada mata uang suatu negara.

Ayolah be a smart buyer! Jadi pembeli yang cerdas, beli HP hasil impor ilegal tanpa sertifikasi TKDN begitu tuh cuma merugikan terlepas dari buat gaya-gayaan karena ada logo Apple atau Samsung, selain gampang rusak karena hanya layak untuk penggunaan jangka pendek, itu juga merugikan negara.

Mari dukung dengan membeli ponsel yang dirakit resmi, bergaransi resmi! Mungkin Anda nggak bisa gaya-gayaan dengan beli yang resmi, tapi mendukung negara supaya mata uang lebih stabil. 

Gaes... gua Nayla dan kirim tulisan ini ke blog Shukan Bunshun untungnya admin mereka baik hati mau terima. Karena di Kaskus thread gua dihapus momod yang kemungkinan ya, mungkin atas permintaan pihak RenanStore atau kawannya untuk menghapus postingan tersebut.

Sekilas aja kalau ada yang nanya pakai pertanyaan klasik seperti dibawah ini

Apakah Renan Store Penipuan? 
Gua akan dengan tegas menjawab, tidak. Tapi bagaimana dengan aftersales pelayanan renanstore?

Nah, disini gua bakal share sesuai apa yang gua alami murni nggak ada yang ditambah atau dikurangi, apalagi dibagi.

Menyesal, Pengalaman Buruk Beli iPhone di Renan Store dan Review Aftersalesnya

Baru beberapa hari setelah gua beli iPhone 6s Plus New, tentu saja kata 'NEW' alias baru, semua garansi belum aktif, brand masih dalam kotak. Dan memang terbukti setelah cek situs resmi Apple.

Selama berhari-hari itu gua pakai iPhone tersebut sebagai daily driver. Dan earphonenya belum gua pake. Nah sekalinya gua coba pakai ternyata rusak tuh lobang earphone di perangkatnya.

Kerusakan berupa suara yang sember, alias suaranya hingga keluar earphone meskipun udah dicolokin. Otomatis klaim garansi ke renan store deh tuh tanpa pikir panjang.

Pikir gua sih cuma lubang earphone nggak bayar dan cuma makan waktu beberapa hari. Next, gua datengin ke alamat toko renanstore lokasi cabang Bogor, ternyata tutup, yang di Tangerang buka.

Sampai disana ketemu beberapa karyawan renan store dan gua disuruh mengisi formulir + data-data semacam Google Form gitu di iPad. Semua dicatat termasuk kartu klaim garansi yang ada logo RenanStore nya.

Disana gua ditanya sama karyawan atau stafnya
 'Mbak, ini kena air apa bagaimana?'

Belum dipakai sehari aja udah rusak, gak pernah jatuh apalagi kena air, disitu gua jelasin semua kronologisnya. Namanya barang baru, gua sih ngejaga bener-bener, buktinya Nokia Xpress Music beli 2009 aja masih awet sampe sekarang.

Nah si karyawannya langsung ke bagian sono noh belakang dari etalase entah ngapain, mungkin cek nomor IMEI iPhone yang gua beli di Renanstore itu, soalnya dia minta. Katanya garansi masih lama, oke itu juga gua tau karena jelas barang baru.

Tapi kemudian dia bilang, estimasi waktu pengerjaan sampai 90 hari. BUSEETTDAH... Lobang headset doang sembilan puluh hari? Kata tuh staf "Itu udah ketentuan dari pihak BCELL mbak". HAH? BCELL? Dalem hati emosi banget gua.

Bagaimana mungkin Renanstore yang dulu pernah ngejelek-jelekin distributor macem BCELL, THE ONE, PLATINUM, BLESS, DLL sekarang malah kerjasama dengan mereka? Gila bener-bener, saat itu gua pikir bisa munafik juga nih orang.

Sebagai Info Tambahan
Saat gua beli, orang yang ngelayanin Nugraha (abangnya renan) dan Syifa. Mereka bilang kalau iPhone baru di RenanStore itu GARANSI RESMI ORIGINAL APPLE. Bahkan hampir setiap caption Instagram akun renan store menegaskan demikian.

Setelah gua krosscek lagi ke berbagai sumber sampai orang dalem gua tanya, ternyata ya itu bener. Mereka udah sekongkolan sama distributor ilegal yang gua sebutin diatas demi menekan pajak atau apalah itu.

iphone renanstore refurbished

Kecewa pasti, secara si renan ini dulu paling anti sama nama-nama distributor tersebut lah ya sekarang malah JILAT LUDAH SENDIRI.

Kembali ke kasus iPhone gua
Lubang headset doang 90 hari mas? kata gua. "Iya Mbak, soalnya mereka nggak bisa repair, paling ganti baru." kata masnya. Yah, gua pasrah aja.

Terus dia ngasih semacam kertas print berisi keterangan servis dan kerusakan, dari kertas itu ada logo BCELL. Gua masih bener-bener heran sambil berharap ini cuma mimpi, ternyata semunafik itu kah mereka.

Ada kontak khusus kalau mau nanyain kabar tuh iPhone gua suruh hubungin ke nomor WhatsApp tersebut. Tanda tangan dan selanjutnya gua balik tinggal nunggu servis selesai.

Apakah selesai gitu aja? Nggak gaes.. Makin parah!!

Beberapa hari kemudian gua coba hubungin kontak di kertas tersebut, kata orang itu "Status iPhone mbak masih di Tangerang dan menunggu pembayaran."

THE FVCK?!! Menunggu Pembayaran? Tapi pas samperin dan sampai disana gua nggak bayar, disuruh isi surat pengambilan barang dan iPhone gua baru dikembalikan. Gua nggak sebodoh itu, gua putusin cek dulu barangnya baru tanda tangan.

Ternyata apa yang terjadi adalah iPhone masih rusak tuh lubang earphone belum ada perubahan. Justru APLIKASI DI IPHONE GUA HILANG SEMUA DIHAPUS. Semacam reset ulang, tanpa perbaikan pula.

Gua protes, dan masnya bilang dibawa langsung aja ke Cibubur (alamat toko pusat renanstore). Loh kok jadi lempar-lemparan gini, amatir banget. Gua balik campur kesel serasa dikerjain gua, pengen banget nampar si renan kalau ketemu.

Pesan moral: Waspada aja kalau mau beli iPhone di renanstore. Syukur kalau dapat resmi Apple entah itu Jepang atau Singapore, tapi kalau distributor berkedok resmi? Seller munafik masih dan semakin banyak sekarang.
Pengalaman Buruk Beli iPhone di Renan Store Instagram Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun