Apa Itu Produce 48, Fakta Kolaborasi 101 dan AKB48 Group

Penjelasan Apa Itu Produce 48 Kolaborasi Produce 101 dan pihak AKS - Yasushi Akimoto.

Ajang bergengsi pelakon musik Asia, Mnet Asian Music Award (MAMA Awards) tahun 2017 ini juga digelar di Jepang, sejumlah musisi lokal turut diundang memeriahkan acara yang digelar Rabu (29/11) silam, termasuk AKB48.

Produce 48 Logo Poster 101 AKB48 Group Hasil

Dalam acara tersebut selain menobatkan produser Yasushi Akimoto yang meraih penghargaan 'Inspired Achiement' (Pencapaian yang Menginspirasi) juga diumumkan proyek Produce 48

Apa itu Produce 48? 

Produce 48 adalah sebuah program survival proyek kolaborasi bentukan Mnet yang melibatkan antara pihak grup idola Jepang diwakili Yasushi Akimoto dengan Produce 101. 

Semua anggota AKB48 Group di Jepang diperbolehkan berpartisipasi jika mereka menginginkannya, pendaftaran dibuka mulai pertengahan Desember sampai Januari 2018, tidak ada kesempatan buat member sister grup AKB luar negeri.
Bila ada member dari AKB48 Group yang lolos, dia akan difokuskan ke grup barunya tanpa menghilangkan status keanggotaan di grup lama (e.g: Kennin). 
Sedangkan audisi Produce 48 dimulai tanggal 18 Januari. Beberapa fakta dan rumor terkait program ini bermunculan di forum, media sosial hingga situs berita online.

Teka-teki Konsep

Menurut sejumlah situs berita K-Pop, konsep dasarnya juga menggunakan apa yang sudah dipakai Produce 101. 

Produce 101 merupakan acara survival gagasan Mnet yang dibentuk mulai 2015, menggunakan sistem pelatihan hasil pengumpulan bakat dari sejumlah agensi. 

Mereka dikumpulkan untuk nantinya dipilih menjadi 11 orang terbaik, mayoritas berpeluang membentuk grup musik baru. 

Sejak musim pertama (Season 1) telah terbentuk girlband IOI, grup musik itu rupanya sudah sukses melahirkan nama artis dan musisi terkenal. 

Contohnya girl group Pristin, DIA, dan penyanyi solo Kim Chungha mereka semua hasil jebolan IOI, sedangkan Jung Chaeyeon langsung melakukan debut bahkan saat masih dalam IOI. 

Grup yang telah melakukan debut saat itu dapat masuk ke Produce 101, sebab acara varietas survival sedang masa jayanya. 

Khususnya melihat program SIXTEEN, grup musik wanita terbaik di Asia, Girlband TWICE merupakan bagian dari acara tersebut. 

Sedangkan saat memasuki musim kedua (Season 2), kontes itu dikhususkan buat kaum laki-laki, melahirkan grup populer bernama Wanna One

Wanna One yang sempat vakum sementara itu ternyata menarik banyak peminat, sampai adanya petisi agar manajemen atau pihak terkait tidak membubarkan grup tersebut.

NGT48 @ AKB48 Kouhaku Taikou Uta Gassen 2017.png
NGT48 di AKB48 Kouhaku Taikou Uta Gassen ke-7 2017
Kabar lainnya penjelasan dari situs Mnet, kalau Produce 48 menggabungkan konsep 'Idol You Can Meet' di teater sendiri oleh AKB48 Group dengan debut idol dari Produce 101.  

Namun belum jelas, seperti apa sebenarnya konsep yang bakal diaplikasikan.

Sebelumnya dikabarkan bahwa, "Format 48 trainee perempuan dari Korea Selatan dan Jepang akan bersaing sesama trainee dari negara masing-masing. Tim debut akan terdiri dari 12 anggota dengan kombinasi enam anggota dari masing-masing negara. Pemungutan suara untuk anggota Jepang hanya akan diberikan kepada orang Korea. Demikian juga, pemungutan suara untuk anggota Korea hanya akan diberikan kepada orang Jepang."

Terkait hal ini, Mnet membantah kabar mengenai metode pemungutan suara dan jumlah member debutnya.

Seorang perwakilan menjelaskan, "Ini adalah salah satu pembahasan yang kami diskusikan dengan produser AKB48 beberapa bulan yang lalu. Sama seperti kedua negara yang bekerja sama secara erat, banyak koordinasi diperlukan dan rincian terus berubah. Tim produksi melakukan yang terbaik untuk memberikan kalian program yang lebih baik. Silakan menantikannya."

Bersama dengan produser AKB48, Akimoto Yasushi, season 3 acara Mnet Produce101, "Produce48" akan menampilkan konsep "Idola yang Mudah Ditemui".

Mirip 'Idol You Can Meet' versi 48 Group. Mengikuti langkah I.O.I dan Wanna One, Produce48 akan menjadi grup wanita global yang aktif di Korea dan Jepang.

Proyek ini baru akan dimulai 2018 mendatang, beberapa perusahaan, menurut situs Soompi telah 'mematenkan diri' sebagai investor maupun sponsor.

Simak juga: Alasan Kenapa SNH48 Hilangkan Istilah Senbatsu

Sebanyak 7 pihak perusahaan dikabarkan telah melakukan pertemuan bersama Yasushi Akimoto dan agensi dari Korsel, Big Hitz Production. 

Acara ini sudah tentu akan disiarkan di Korea Selatan, sementara sejauh ini belum ada kepastian pihak mana yang bakal menayangkan Produce 48 di Jepang. 

Anggaran yang disiapkan oleh pihak penyelenggara yakni Mnet dan tim dari Yasushi Akimoto untuk Produce 48 adalah sebesar 5,5 Miliar Won, setara 69 Miliar Rupiah. 

Angka tersebut 24 miliar rupiah lebih tinggi dari pada biaya penyelenggaraan awal Produce 101 oleh Mnet.

Menuai Kontroversi 

Banyaknya penggemar AKB48 yang merayakan rencana Produce 48, berbanding terbalik dengan sekumpulan fandom K-Pop yang mengecam proyek dari Mnet tersebut. 


Beberapa waktu lalu ketika The Unit merilis sebuah poster yang dinilai menjiplak karya AKB48 Tokyo Dome 2012, serangan balik dilakukan penggemarnya kepada idol group asal Tokyo itu. 

Mereka menilai AKB48 mulai 'Caper' dan bahkan menganggapnya menjiplak konsep Produce 101, meskipun dalam pengumumannya disebutkan sebagai hasil kolaborasi. 

Seorang penggemar menuding konsep kerjasama Yasushi Akimoto dan Produce 101 itu disebut sebagai cara lain pihak AKS membentuk proyek demi kepentingan pihaknya yang berbasis di Korea Selatan.
Apa Itu Produce 48, Fakta Kolaborasi 101 dan AKB48 Group Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun