Kaleidoskop: Member JKT48 Resign & Graduate di Tahun 2017

Setiap tahunnya selalu ada member yang datang dan pergi (lulus / graduate atau mengundurkan diri) dari JKT48 termasuk di 2017 terlepas dari audisi generasi ke-6 yang bakal membuat warna baru di grup, mereka memutuskan untuk mengumumkan kelulusannya karena berbagai alasan.

Konser Kelulusan Jessica Veranda JKT48

Total 11 orang mantan anggota JKT48 dari berbagai generasi sudah membuat tekad untuk menempuh lembaran baru di tahun 2017.

Bersamaan dengan pengumuman Shani Indira Natio yang dinobatkan sebagai salah satu wanita paling #RameDiTwitter sepanjang 2017 berdasarkan impresinya mulai dari Tweet, Retweet dan Mentions.

Inilah Daftar Member JKT48 yang Lulus (Graduated) dan Mengundurkan Diri (Resign) di Tahun 2017 

NamaKeluarStatus
Jessica Vania
Januari
Graduate
Chintya Wirawan Februari Resign
Nadhifa Salsabila Februari Resign
Yansen Indiani Maret Resign
Jessica Veranda Maret Graduate
Christy Chriselle Oktober Graduate
Nabilah Ratna Ayu Oktober Resign
Melody Nurramdhani November Graduate
Regina Angelina November Sacked
Sri Lintang Desember Resign
Chikano Rina Desember Graduate
Dihimpun: Shukan Bunshun 2017

1. Jessica Vania 

Bergabung dengan generasi pertama, Jessica Vania memutuskan keluar dari JKT48 pada 26 Januari silam, beruntung Jeje mendapatkan kesempatan menggelar pertunjukan teater kelulusannya 12 Maret.

2. Chintya Wirawan dan Nadhifa Salsabila 

Dua eks member yang disebut paling tajir di JKT48 memutuskan mengundurkan diri bareng di bulan Februari kemarin, Chintya Wirawan ungkapkan karena merasa tidak bisa menyeimbangkan waktu pendidikan dengan kegiatan bersama grup.

Sementara Nadhifa Salsabila (Nadse) beralasan hampir serupa, namun diterpa rumor skandal saat itu, karena statusnya resign, mereka berdua tidak mendapatkan pertunjukkan theater spesial pada 16 Februari.

3. Yansen Indiani 

Anggota generasi ketiga lainnya, Yansen Indiani menghentikan aktivitasnya bersama grup pada 2 Maret, terhitung sejak pengumuman keluar di situs resmi JKT48 dia sudah bukan lagi berstatus member.

Tidak ada last-stage special begitu juga dengan slot tiket handshake event yang dibeli penggemar langsung dikembalikan dan atau dipindahkan ke member lain karena Yansen tak berpartisipasi.

4. Jessica Veranda 

JKT48 kembali merelakan kelulusan salah satu member seniornya, Jessica Veranda yang mengumumkan graduate pada Maret silam.

Setlist 'Dewi Theater' yang digelar 25 Mei menjadi pertunjukkan spesial untuk kelulusan Ve, ditambah single ke-16 berjudul So Long! saat itu posisi Veranda sebagai center.
Baca: Lagu So Long! Rekor Baru JKT48

5. Christi 

Karena masalah kondisi yang tidak memungkinkan, Christi memilih untuk lulus dari JKT48 pada 10 Oktober.

Christi tampil di theater untuk terakhir kalinya sebagai member JKT48 tanggal 21 Oktober dalam setlist "Matahari Milikku".

6. Nabilah Ratna Ayu Azalia

Usai diterpa sejumlah rumor pacaran Nabilah akhirnya keluar dari JKT48 dengan status resign alias mengundurkan diri.

Pengunduran dirinya disampaikan lewat pengajuan surat ke manajemen, dan menimbulkan teka-teki, meskipun Nabilah sendiri menjelaskan alasan mundur karena kondisi kesehatan tidak bisa ditolelir buat joget-joget lagi..

.. rumor bahwa nyokapnya Nabilah tidak sepakat nilai kontrak baru yang disodorkan oleh JOT dan lebih memilih job lain di dunia entertainment dibantah saat siaran Live Instagram.

7. Regina Angelina 

Salah satu eks member yang pernah menimbulkan kontroversi, Regina Angelina keluar dari JKT48 dipecat.

Status pemecatan alias 'diberhentikan' ditulis jelas lewat situs resmi, faktor utamanya karena tindakan tidak terpuji dilakukan Regina yang diduga melibatkan beberapa anggota aktif dan mantan member, Christi.

8. Sri Lintang 

Anggota generasi ke-4 lainnya, Sri Lintang mengundurkan diri dari JKT48.

Desas-desus rumor keluarnya Lintang disebabkan kondisi mentalnya yang down, tidak fokus lagi, hingga dibully penggemar JKT48 saat acara jabat tangan.

Sri membantah kalau faktor tidak adanya Seitansai (perayaan ulang tahun) dari JOT itu membuat dirinya keluar dari grup.

9. Chikano Rina 

Chikarina mengumumkan kelulusannya dari JKT48, tepat disaat yang sama Team KIII diumumkan bakal merilis setlist theater baru, Saka Agari.

Rina Chikano merupakan anggota asli AKB48 yang ditransfer ke JKT48 beberapa tahun silam.

Dengan lulusnya Chikarina membuat JKT48 bakal mengumumkan 'sesuatu' Februarri mendatang.

10. Melody Nurramdhani Laksani 

Meski baru akan benar-benar lulus Maret 2018 setelah konser kelulusannya, Melody mengumumkan graduate saat ajang JKT48 Request Hour 2017 di Balai Sarbini awal Desember silam.

Banyak dugaan pengumuman member baru transfer dari Jepang sebagai pengisi slot anggota impor yang dikosongkan Haruka Nakagawa dan Chikano Rina, diumumkan bersamaan digelarnya konser AKB48 x JKT48 jilid dua tahun 2018 mendatang.

**

Dari kaleidoskop member JKT48 yang Graduate atau Resign di tahun 2017, Jessica Veranda paling menebar dampak besar, hasil pencariannya di Twitter dan Google Search meningkat signifikan usai ia mengumumkan untuk lulus.