Mengatasi Kerusakan Error yang Ada di HP Xiaomi Redmi 5A

Beberapa aplikasi mengalami Force Close (berhenti paksa) di smartphone Xiaomi Redmi 5A. 

Meskipun sudah perbarui (update) software maupun firmware ke versi terbaru, sejumlah aplikasi masih sering mengalami penghentian paksa (force close), kerusakan dan error fungsi lain di HP Xiaomi Redmi 5A, bahkan ketika tidak dipakai sekalipun.

HP Xiaomi Redmi 5A Box Kotak Garansi Tam

Sebelumnya, menghadiri acara peluncuran Xiaomi Redmi 5A adalah salah satu pengalaman berharga buat saya pribadi, terlebih saya mendapatkan satu unit ponsel ini secara gratis.

Selamat juga buat Mi Fans yang datang ke acara tersebut mereka semua dapat masing-masing satu Redmi 5A, antusiasnya luar biasa hingga memikat perhatian CEO Xiaomi, Lei Jun.

Baca: Izin Akses Xiaomi Redmi 5A Mencurigakan Pengguna 

Saya pun sengaja menjelajah ke sejumlah forum online Xiaomi mulai dari Kaskus, XDA Developers, MIUI, hingga media sosial Twitter dan Facebook.

Bukan Cuma Force Close

Hasilnya ternyata bukan hanya saya sendiri yang mengalami, ada banyak sekali pengguna Xiaomi lain yang Redmi 5A mengeluhkan soal:
  1. Aplikasi yang error 
  2. Force close 
  3. Ponsel membeku hang (freeze) 
  4. SIM card satu yang tidak terdeteksi 
  5. Bluetooth tidak berfungsi 
  6. WiFi disconnect otomatis saat sedang digunakan
  7. Hingga restart ponsel dengan sendirinya di Xiaomi Redmi 5A 
Para master di forum, hingga admin media sosial @XiaomiIndonesia menyarankan untuk memperbarui firmware yang diberikan oleh pihak Xiaomi secara OTA untuk ponsel seharga IDR 999,000 tersebut.

Apakah dengan update tersebut menyelesaikan setidaknya satu dari masalah Redmi 5A yang tercantum diatas? 
Faktanya, masih banyak yang mengeluhkan kerusakan tersebut tanpa ada perubahan setelah melakukan update atau pembaruan perangkat lunak ke sistem terbaru MIUI.

Force Close Aplikasi HP Xiaomi Redmi 5A has stopped

"Rules of Survival has stopped" 

Begitulah notifikasi ketika membuka aplikasi lainnya juga seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, Spotify, Google Chrome Browser, hingga Gmail. 

Bluetooth Error & WiFi Disconnect Otomatis

Kerusakan kali ini mirip yang ada di Xiaomi Mi A1, namun bedanya pada ponsel Redmi 5A tetap bisa terkoneksi (Connected) tapi tidak berfungsi.

Saat Bluetooth dinyalakan, speaker tak keluar suara, begitu juga dengan WiFi.

Seringkali WiFi gampang mengalami Disconnected (DC) dengan sendirinya alias otomatis nonaktif saat sedang digunakan.

Bahkan sejumlah Wi-Fi publik yang dicoba pun tidak bisa terhubung, misal Wifi ID, saat mencoba menghubungkan mental terus alias menolak terkoneksi.

Ditambah jaringan dan data internet yang kerap nonaktif otomatis, hilang, saat HP Redmi 5A berusaha mencari signal 4G LTE.

Untuk kasus yang satu ini kalau kerusakan seperti ini harus restart ponsel barulah normal, tapi itu pun bisa balik error lagi.

Kerusakan Baterai

Pengguna Redmi 5A dengan akun mcnidan di XDA Developers mengeluhkan rusak pada sistem baterai, yakni tidak kunjung penuh saat melakukan pengisian daya.

rusak HP Redmi 5A xiaomi

Apalagi saat dalam proses dicas yang belum ada fitur pengisian cepat (Fast Charging / Quick Charge), smartphone Redmi 5A justru berkurang dilihat dari persentase baterai, meski tidak dalam pemakaian.

Nah saat dicek kembali melalui pengaturan ternyata statusnya Not Charging (Tidak Mengisi), padahal ikon baterai sedang dalam posisi charge (pengisian ulang daya batre).

Error Lainnya

Beberapa aplikasi tidak berfungsi saat dibuka, meskipun data internet dalam keadaan aktif / ON, contohnya adalah Twitter.

Ketika dibuka aplikasi Twitter keluar notifikasi berikut di Timeline.

"Hmm... Something went wrong. There aren't Tweets here, and there should be. Double-check your internet connection, then try again.

Cannot retrieve messages at this time. Please try again later.

Rusak Error HP Xiaomi Redmi 5A

Jika dilihat dari keterangannya, problem diatas hanya sepele yakni karena koneksi kurang membaik, bahkan meskipun menggunakan Wifi dengan kecepatan 180Mbps.

Lagi-lagi, solusi harus di-restart HP Redmi 5A nya terlebih dahulu namun tanpa menonaktifkan jaringan internet untuk memperbaiki, namun beberapa jam kemudian balik lagi error tersebut.

Masalah sim card atau kartu perdana yang tidak terdeteksi ini mulai semakin banyak dialami pengguna.

Ciri-cirinya berupa saat digunakan simcard tidak berfungsi secara tiba-tiba, lost signal (SOS), atau terdapat notifikasi 'Hanya Panggilan Darurat', nah untuk mengatasinya silakan nonaktifkan HP Xiaomi Redmi 5A Anda, copot kartu beberapa saat dan masukkan kembali.

Kesimpulan

Beberapa solusi dari kerusakan, malfungsi maupun error HP Redmi 5A diatas bisa diperbaiki dengan cara reboot / restart smartphone.

Namun terkadang cara tersebut hanya memperbaiki sementara, bisa saja error kembali melanda.

Nah, solusi lainnya datangi Mi Authorized Service Center di kota Anda, seperti diketahui Xiaomi menambah jumlah 30 Mi Store maupun 90 pusat perbaikan mereka di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

Jadi masalah kerusakan dan error yang ada di HP Redmi 5A, bisa coba diatasi dengan mendatangi Mi Service Center selama garansi ponsel masih aktif.
Mengatasi Kerusakan Error yang Ada di HP Xiaomi Redmi 5A Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun