Pengalaman Pakai Hosting di Niagahoster Bagus atau Buruk?

Sponsored Article! - Iyep, tanpa ada rekayasa dan sandiwara, kalau memang disponsori ya harus bilang ini adalah postingan sponsor, ulasan kali ini tentang Niagahoster

Meskipun bersifat Sponsored, namun kesepakatan sudah terjadi, yakni pihak provider Niagahoster harus mau menerima apapun yang saya utarakan pada postingan kali ini mengenai produk mereka, baik plus maupun minusnya.

Kalau kesepakatan itu tidak pernah terjadi? Artikel ini tidak akan terbit.

Sekilas Tentang Niagahoster 

Buat saya pribadi tidak terlalu asing dengan nama Niagahoster, sebab blog utama saya yang satu lagi tuh (bukan ShukanBunshun.com), menggunakan layanan mereka sejak akhir 2014.

Karena blog Shukan Bunshun awalnya iseng belaka dan cuma pakai layanan gratisan dari Google Cloud Platform alias Blogger.

Saat itu harga menjadi pertimbangan saya buat beli hosting, membangun blog profesional pakai CMS WordPress, sempat berpikir bakal pindah layanan webhosting mengingat saat itu banyak layanan hosting baru bermunculan dengan promo menggiurkan..

.. namun rupanya Niagahoster cukup cermat beradaptasi dengan ketatnya persaingan jual beli hosting di Indonesia.

Mereka berhasil menyesuaikan harga dengan kebutuhan pelanggannya, dengan demikian saya pun yakin layanan apapun yang bergerak cepat seperti ini tidak akan ketinggalan zaman, jangan mau tertipu di zona nyaman!

Selain adaptasi yang baik, strategi marketing mereka cukup luar biasa, lihat screenshot berikut, Niagahoster menjadi layanan webhosting nomor satu di Indonesia, data diambil per akhir Desember 2017. 

Webhosting Terbaik Layanan Niagahoster.png

Tingkat popularitas Niagahoster tidak diragukan lagi, dalam papan 'klasemen' diatas total 38,796 domain didaftarkan dengan registrar atas nama mereka.

Unggul telak dari pesaingnya di urutan kedua yakni IDWebhost 33,597 serta Masterweb 32,658 domain.

Tidak seperti kebanyakan layanan hosting lain yang gencar mengobarkan slogan mereka mengklaim sebagai termurah lah, tercepat lah, terakurat ter ter terlalu pada akhirnya kalau tidak sesuai yang dijanjikan.

Yang ditawarkan oleh Niagahoster pada calon pelanggannya:
  1. Garansi uang kembali 100% 
  2. Meski bandwith unlimited, uptime server tetap 99,99% 
  3. Layanan support terbaik
Nah, pertanyaannya apakah yang ditawari mereka itu benar dan terbukti adanya? Berikut ulasan berdasarkan pengalaman pribadi.

Baca juga: Bahaya Menggunakan Domain Gratisan Freenom

Garansi Uang Kembali? 

Saya sendiri sih belum pernah mengalami kejadian mengecewakan yang membuat saya ingin refund atau uang kembali..

.. namun saya usahakan mencari jawaban dari berbagai forum, media sosial, dan teman-teman saya yang pernah mengalami hal ini di Niagahoster, hasilnya cuma nemu satu orang, yaitu Roby dan berikut testimoni jawaban dia.

Testimoni Niagahoster.png
Testimoni Refund Niagahoster

Uptime Server 99% 

Ada benarnya, kemungkinan justru ini keunggulan dari Niagahoster, sebab saya menemukan banyak rekan-rekan Blogger merekomendasikan NH karena kualitasnya, terlebih server jarang mengalami yang namanya Down Time (Gangguan Server). 
Terakhir saya alami Down-Time Niagahoster di blog utama saya itu beberapa hari lalu kalau tidak salah seminggu yang lalu saat tahun baru, itu pun baru terjadi setelah lebih dari satu tahun tidak mengalaminya.
Berikut ini merupakan hasil tes kecepatan dari blog utama saya yang menggunakan webhosting Niagahoster, berdasarkan Tools Pingdom: 

Kecepatan Server Niagahoster.png
Kalau masih penasaran bisa buktikan sendiri, gunakan tools UpTimeRobot yang berfungsi melacak apakah server sedang atau seberapa sering mengalami Downtime.

Layanan Teknis 24/7 

Masih ingat sekali saat saya pertama kali terjun ke dunia WordPress selfhosting, semua dikerjakan sendiri dengan kemampuan apa adanya, oleh karena itu layanan Customer Service 24 jam dari Niagahoster bisa dibilang cukup membantu. 

Dalam sehari dan hampir setiap ada kendala sekecil apapun di hosting / VPS waktu itu, saya selalu menghubungi pihak CS bagian teknisi untuk membantu menjelaskan maupun memeriksa hal diluar kendali saya dan cepat tanggap. 

Meskipun sebenarnya hal-hal kecil itu bisa diperbaiki sendiri sekarang lewat cPanel.

Tapi sangat disayangkan ketika terjadi atau akan maintenance pihak Niagahoster jarang sekali mengirimkan pemberitahuan pada pelanggan, setidaknya lewat email.

Fix! Soal kualitas pelayanan terhadap pelanggannya sendiri, jujur Niagahoster memang terbaik. 

Niagahoster Pricing 

Berikut ini daftar harga paket hosting di Niagahoster, diambil dari situs resmi mereka. 

Harga Hosting Niagahoster 2018.png

Tiga tahun lalu, paket Personal saya pilih dan harganya tidak seperti sekarang, alias lebih murah, namun karena ada peningkatan dari segi Disk Space dan sejumlah fitur seperti Instant Backup, SSL Gratis, plus Addon Domain Unlimited, saya rasa harga segitu wajar.

Dengan unlimited Disk Space dan Bandwith tanpa batas seperti halnya menggunakan Blogger, namun dengan hosting sendiri lebih bebas dan profesional.

Dulu itu saat Disk Space belum unlimited, saya kerap menghemat alias perhitungan sekali setiap kali ingin posting dan sering bulak-balik pantau cPanel.

Simak: Mengatasi Physical Memory Usage Full di cPanel

Kesimpulan 

Jadi cocok untuk siapa provider hosting Niagahoster digunakan? Buat semua kalangan! 

Baru terjun ke dunia Blogging tapi gengsi pakai platform gratisan blogspot? Cobain paket Bayi, 20 ribu kembali 200 perak sudah lebih dari cukup kalau buat pemula. 

Atau punya usaha pribadi dan mau buka Online Shop? Saya rekomendasikan paket Bisnis, karena fitur lengkap dan kualitas layanan luar biasa. 

Buat blogging profesional yang tiap hari update artikel? Pilih paket Personal seperti yang saya gunakan sampai sekarang, harga memang tidak pernah bohong. 

Ya sampai disinilah ulasan mengenai pengalaman pribadi pakai provider hosting dan domain di Niagahoster yang reviewnya tanpa dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.