Peraturan Baru YouTube Daftar Adsense Harus 1000 Subscribers

Peraturan Baru YouTube Daftar Google Adsense Harus Punya Minimal 1000 Subscribers dan 4000 Jam total penayangan video.

Bicara kebijakan layanan dan Community Guidelines, situs berbagi video seperti YouTube paling signifikan melakukan perubahan peraturan setidaknya hampir tiap tahun.

YouTube Monetization Adsense.png

Kalau 2015 daftar Google Adsense untuk monetisasi channel YouTube tidak ada syarat tertentu, di April 2017 harus minimal total 10000 views, dan 2018 ada peraturan baru lebih ketat.

Baca: Cara Cepat Mendapatkan 4000 Jam Tonton YouTube

Harus Punya 1000 Subscribers

Bukan cuma seribu pelanggan, pengguna harus menunggu setidaknya channel memiliki total tayangan sebanyak 4000 jam tonton di semua video, peraturan baru ini efektif mulai Februari 2018.

Ambang batas kelayakan ini dinilai sebagai pencegahan agar tidak merugikan pengiklan lagi.

Akhir-akhir ini kreator YouTube dibuat bingung karena mengajukan monetisasi Adsense tidak kunjung mendapatkan jawaban, alias lama menunggu email penolakan atau penerimaan datang.

Sejak kasus Logan Paul, banyak channel yang terkena imbasnya berupa Demonetized Adsense, lambang dollar kuning menandakan iklan tidak tayang karena kurang cocok meski video tak melanggar standar komunitas YouTube.

Susan, seorang master di forum Google menyatakan telah mengindikasikan bahwa YouTube akan dan selalu mengubah kebijakannya setiap saat.

"John was right, we make changes almost everyday." tulisnya.

Berikut Pernyataan Resmi YouTube soal YPP

Dilansir dari YouTube Creator Blog ini statement mereka:

Tahun 2017 menjadi yang sangat sulit untuk sebagian besar dari Anda dengan banyaknya berefek pada komunitas dan penghasilan (Revenue) dari periklanan melalui YouTube Partner Program (YPP).

Terlepas dari persoalan itu, sudah banyak kreator yang mendapatkan penghasilan, diikuti jumlah channel yang meningkat hingga 40% setiap tahun.

Dan di 2018, kami fokuskan untuk semua orang di YouTube dan melindungi konten kreator agar penghasilan mereka tetap terjaga stabil.

Seperti yang telah Susan katakan bulan Desember 2017, kami membuat perubahan kebijakan jadi kami bisa menghindari kreator jahat dan pelanggar peraturan agar tidak berimbas pada pemilik konten original (Intinya: Memberantas Reuploader).

Sebagai bagian dari peraturan baru ini, kami mengubah persyaratan untuk monetisasi Adsense di YouTube.

Kilas balik ke April 2017, saat dimana kami mengatur minimum persyaratan YPP berupa 10000 tayangan keseluruhan video.

Meskipun ambang batas tersebut memberikan lebih banyak persyaratan dan kelayakan untuk menentukan apakah sebuah saluran mengikuti pedoman dan kebijakan layanan kami, sudah jelas dari kasus selama beberapa bulan terakhir bahwa kami memang memerlukan standar yang lebih tinggi.
Maka kami ubah persyaratan monetisasi ke: 4000 jam tonton /  total penayangan video keseluruhan selama 12 bulan terakhir, dan 1000 Subscribers minimal.
Kami memutuskan kebijakan ini setelah melalui analisis dan pertemuan dengan beberapa perwakikan konten kreator seperti Anda.

Estimasi Waktu Tonton Video YouTube.png
Estimasi
Mereka mengizinkan kami untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi kreator mana yang memberikan kontribusi bagus untuk komunitas kami.

Peraturan baru ini juga diupayakan menghindari monetisasi pada video yang tidak sesuai Standar Komunitas dan berimbas pada yang lainnya.

Pada Februari 2018 mendatang kami juga menerapkan aturan ini pada channel YouTube yang telah ada.

Jika ada channel yang punya kurang dari 1000 Subscribers dan 4000 jam total waktu nonton / penayangan, tidak bisa lagi mendapatkan penghasilan uang dari Adsense.

Namun saat channel itu kembali memenuhi minimum persyaratan maka secara otomatis dievaluasi kembali apakah kontennya layak untuk dimonetisasi, harus sesuai peraturan YouTube.

Perubahan ini akan berefek pada banyak sekali channel yang ada saat ini, 99% dari mereka yang mendapatkan kurang dari $100 tahun lalu.

Channel yang belum memenuhi persyaratan baru untuk monetisasi dan memiliki saldo cukup untuk ambang pembayaran akan tetap dibayar berdasarkan kebijakan Adsense.

Tentu saja, bukan cuma dua persyaratan baru itu, kami juga akan meninjau sebelum monetisasi apakah channel layak dan memiliki reputasi pelanggaran.

**

Jelas diatas pernyataan YouTube pada intinya mengurangi konten kreator abal-abal, khususnya reupload demi memanjakan channel besar dengan video original agar penghasilan tetap stabil.

Ke depannya akan ada banyak YouTubers bertanya dan terheran kenapa tidak bisa daftar Adsense, pihak Google mengakui, inilah perubahan terbesar yang pernah terjadi dalam hal monetisasi di platform berbagi video itu.

Ini bertujuan agar pemilik channel segera mungkin membuat konten video berkualitas, yang bermanfaat, dan tidak melanggar kebijakan YouTube, sehingga punya banyak subscribers murni, persaingan ketat dimulai disini.

Itulah alasan kenapa Peraturan Baru YouTube Daftar Adsense Harus Punya 1000 Subscribers dan 4000 jam tayangan.
Peraturan Baru YouTube Daftar Adsense Harus 1000 Subscribers Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun