Apa Itu Chuangzao Produce 101 versi SNH48 Group di China

Chuangzuo 101 Bakal Jadi Tolak Ukur Persaingan SNH48 Group - Kesuksesan pihak Mnet dalam menayangkan program survival PRODUCE 101 berhasil menarik perhatian masyarakat pecinta K-Pop di berbagai belahan dunia.

Chuangzao 101 Produce SNH48 Group Tencent

Sejak musim pertamanya dilaksanakan, Produce 101 berhasil menelurkan grup berbakat yang kini semakin populer yakni I.O.I dan Wanna One.

Loe Jual, Gue Beli

Sejumlah pihak dalam industri entertainment ikut pula tertarik untuk terlibat dengan Mnet demi mengembangkan atau setidaknya berpartisipasi pada program tersebut.

Sebut saja baru-baru ini dari Jepang, AKB48 Group kolaborasi dengan Produce 101 menggunakan nama proyek 'Produce 48'.

Chuangzao 101 Produce 48 Chinese Version

Perusahaan asal Tiongkok yang bergerak di bidang layanan digital, China Tencent Holdings Ltd bersiap membayar semua jenis hak paten dan hak cipta dari Mnet untuk PRODUCE 101.

Sekilas Tentang Tencent 

Dengan nilai saham Rp 6,903 triliun, Tencent merupakan raksasa digital yang dikenal mengelola sejumlah project, dan permainan online merupakan salah satu bisnis andalan mereka.

Sebut saja Clash of Clans yang saham mayoritasnya sudah diakuisisi Tencent, pendapatan mereka di kuartal akhir 2017 kemarin mencapai empat miliar dolar AS.

Setelah membayar semua tagihan hak cipta, nantinya Tencent hanya akan mengubah nama dari PRODUCE 101 ke bahasa lokal yakni 'Chuangzao 101 / 创造101'.

"Tencent bakal terus memperluas bisnisnya. Kami sepakat untuk membuat PRODUCE 101 hadir di China dengan judul dari bahasa kami, namun tanpa mengubah format kompetisi dan programnya." kata Ma Huateng, CEO Tencent Holdings Ltd sebagaimana dilansir dari Sina Media.
Chuangzao 101 menurut rencana bakal dimulai awal April 2018 mendatang untuk mencari 101 peserta yang bakal diikutsertakan dalam grup idola baru di Negeri Tirai Bambu tersebut. 
Jika acara Produce 101 di Korea dipresenteri oleh Jang Keun-Suk, program Chuangzao 101 di China akan dibawakan oleh seorang aktor sekaligus penyanyi, ZiTao Huang (Z TAO).

Chuangzao Produce 101 SNH48 Tencent China

Masih dalam lansiran Sina Media, ada sekitar lima orang mentor untuk PRODUCE 101 versi China diantaranya adalah:
  1. Tiger Hu (Penyanyi) 
  2. JJ Lin (Penyanyi) 
  3. Jolin Tsai (Koreografer Pro) 
  4. Yoga Lin (Koreografer Pro) 
  5. Ma Siwei (Vokal Rap) 
Ada sekitar 46 agensi yang mengikutsertakan talenta berbakat mereka ke Produce 101 di Korea Selatan, sedangkan versi Tencent di Chuangzao 101 mungkin lebih sedikit, sebab tak begitu banyak grup idola dan girlband di Tiongkok saat ini bila dibandingkan dengan Kpop.

Beberapa dari mereka yang sudah bersiap untuk Chuangzao 101 adalah EEG (Taiwan) serta STAR48 SNH48 Group (China).

Khusus untuk STAR48 sendiri mungkin jadi 'penyumbang' terbanyak, selain SNH48 ada BEJ48, GNZ48, SHY48, dan CKG48 yang saat ini mereka kelola.

Grup 7SENSES / SEN7ES sub-unit dari SNH48 yang sudah lebih dulu terkenal di Korea Selatan paling banyak didorong penggemar untuk ikut serta.

Proyek ini diperkarakan bakal menelan biaya 32 miliar rupiah, angka fantastis project yang sama yakni PRODUCE 48 senilai 5,5 Miliar Won (69 Miliar Rupiah).

Di China SNH48 Group sudah jadi daya tarik, beberapa layanan digital streaming seperti Douyu, BesTV, Sina Weibo, dan Tencent itu sendiri bakal menayangkan program Chuangzao 101.
Apa Itu Chuangzao Produce 101 versi SNH48 Group di China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun