Kini Bayar 850 Dolar Bisa Dapat Verified Badge Akun Twitter

Twitter sejak dulu hingga kini memberikan lencana ceklis / centang biru atau biasa disebut Verified Badge hanya untuk akun tertentu seperti figur publik, tokoh masyarakat, politikus, aktor / aktris ternama, seniman, perusahaan, lembaga pemerintahan, atlit dan sejenisnya.

Akun Twitter Verified Badge.png

Pada intinya, centang biru hanya diperuntukkan mereka yang 'dikenal' masyarakat luas.

Verified untuk Publik

Nah, Juli 2016 silam, Twitter mengubah kebijakan soal verifikasi akun. Jadi seluruh pengguna mendapatkan kesempatan mengajukan diri supaya akun mereka bisa tercantum centang biru.

Tapi yang perlu dipahami keberadaan aturan baru ini tak mengubah prinsip untuk siapa verified badge tersebut diberikan.

"Kita serius menyaring akun Bot dan palsu yang kerap meniru akun personal asli, apalagi menyangkut nama baik figur atau tokoh yang dikenal masyarakat luas." kata Carlita, PR Twitter Indonesia saat konferensi pers.

"Tujuan lain memberikan kemudahan publik untuk menemukan kreator atau influencer di Twitter, sehingga kami berikan kesempatan mereka yang ingin diverifikasi." lanjut Carlita.
Menurut wakil presiden Twitter di bidang User Services, Tina Bhatnagar mengatakan, sejak tahun 2010 hingga sekarang Twitter sudah memberikan lencana verifikasi untuk lebih dari 192,500 akun, setara dengan 0,07% dari 315 juta pengguna.
Akun @MilwaukeePolice merupakan salah satu yang mendapatkan verifikasi dari Twitter, alasannya karena akun tersebut merupakan akun resmi dikelola oleh pihak kepolisian Milwaukee yang kerap berikan informasi akurat mengenai peristiwa di sekitar wilayah Milwaukee, Wisconsin.

Memang ada banyak sekali keuntungan didapat ketika sebuah akun Twitter mendapatkan verified badge, selain karena dianggap terpercaya, orang atau lembaga dengan akun terverifikasi lebih dianggap orisinalitasnya.

Gambaran singkatnya, ada orang terkenal katakanlah atlit sering muncul di televisi dan ia memiliki akun peniru yang begitu banyak jumlahnya di Twitter dengan username berbeda, agar orang tidak sulit menemukan yang asli maka diberikanlah Verified Badge tersebut kepada akun yang dipegang si atlit itu.

Untuk pengguna biasa seperti Anda, saya dan mayoritas pengguna microblogging Twitter, mungkin memang tidak terlalu membutuhkan lencana biru.

Toh, tanpa verifikasi pun tetap bisa menggunakan semua layanan dan fitur Twitter secara gratis, tidak verified bukan berarti kecil peluang mendulang followers, sekarang banyak akun tanpa verified yang punya jumlah pengikut diatas akun-akun terverifikasi.

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan mengajukan diri mendapatkan verified badge dari Twitter, sebelum masuk ke formulir pengajuan yang pastinya Anda sudah tahu, simak persyaratan berikut:
  1. Verifikasi nomor telepon aktif 
  2. Pastikan email terkonfirmasi 
  3. Bio yang meyakinkan, misal pekerjaan Anda sekarang 
  4. Foto profil yang fresh harus asli 
  5. Gambar header usahakan mewakili pekerjaan 
  6. Tanggal ulang tahun 
  7. Website atau situs yang Anda kelola 
  8. Set privasi ke publik, jangan digembok akunnya. 
mengajukan verified badge.png
Bahkan Twitter memberikan rekomendasi untuk akun Anda supaya terverifikasi, beberapa diantaranya: 
  1. Bagi akun personal, usahakan nama dan username tidak terlalu lebay dan aneh, misal nama asli Anda adalah Suprapto, namun karena nama populernya dan banyak dikenal orang dengan sebutan Yainglex, silakan pakai @Yainglex. 
  2. Kalau akun perusahaan atau organisasi wajib pakai nama perusahaannya. 
  3. Untuk perusahaan disarankan pakai email resmi yang tertaut ke situs, contoh nama perusahaan Bunshune, website ShukanBunshun.com, maka emailnya bisa berupa info@shukanbunshun.com, bukan Gmail / Yahoo. 
Kalau yakin sudah siap diajukan ke Twitter silakan, nantinya pihak burung biru bakal menghubungi Anda lewat email mengenai keputusan diterima atau ditolaknya pengajuan Anda. 

Tidak ada syarat minimum jumlah followers bagi Twitter dalam memberikan verified badge, tapi ya kita harus realistis seorang influencers pastilah memiliki pengikut lebih dari 8 biji walau mungkin hanya mempengaruhi 8 orang, Twitter mempertimbangkan luasnya jangkauan kicauan yang dibuat oleh akun pengguna. 

Bahkan jika memiliki ratusan ribu followers dan tiap ngetweet dapat 80 ribu retweet / likes pun belum ada jaminan Twitter mau memberikan lencana verifikasi. 

Pihak Twitter akan kembali mencabut Verified Badge dari pengguna, apabila: 
  1. Username diganti secara sengaja atau tidak 
  2. Akun digembok
Berdasarkan pengalaman rekan kami, kalau lencana verifikasi sudah dicabut, Twitter enggan untuk memberikannya kembali ke akun yang sama. 

Ada kabar yang menyebutkan untuk mendapatkan sebuah lencana centang biru dari Twitter bagi akun biasa harus mengeluarkan dana sebesar 850 dolar AS. 

Isu ini menyeruak di kalangan pengguna Twitter AS usai seorang pendukung Donald Trump yang terverifikasi membocorkannya.

kurs dolar 850 idr rupiah.png

Jika memang benar, 850 dolar AS dengan kurs $1 = Rp 14,285 (per Februari 2018), maka setara dengan Rp 12 Jutaan hanya untuk sebuah lencana verifikasi Twitter. 

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik punya verified badge di akun Twitter? Silakan bayar $850 buat tanda centang biru ke Twitter, Anda akan muncul di tab khusus akun artis terkenal kalau menyebutkan (mention) mereka lewat cuitan, karena akun Anda juga terverifikasi, jadi nggak ada alasan Tweet tidak terbaca akibat tenggalam dengan ribuan mention dari akun lainnya.
Kini Bayar 850 Dolar Bisa Dapat Verified Badge Akun Twitter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun