Pengalaman dan Cara Belanja HP Online di Banggood Gearbest

Pengalaman serta Panduan Cara Belanja HP secara Online di situs Banggood dan Gearbest - Sebenarnya artikel kali ini terinspirasi dari sebuah pertanyaan berharga, bagaimana cara beli barang khususnya gadget atau Smartphone dari situs e-Commerce luar negeri seperti Banggood.com, Gearbest.com, Tinydeal.com dan AliExpress (Alibaba Group)?

Cara Beli HP di Banggood Gearbest Smartphone.png

Kalau dipraktekan, ya pada dasarnya tidak jauh beda seperti beli barang di mal online semacam Lazada, Laku6Elevenia, Tokopedia dan Bukalapak, mungkin ya yang membedakan cara pembayaran serta estimasi kirim cukup lama.

Saya sendiri sudah beberapa kali beli barang di keempat toko online luar negeri yang disebutkan tadi, terutama Gearbest. Bukan tanpa alasan, beberapa faktor yang bikin saya sering belanja di website tersebut:
  1. Harga Asli dan Terjangkau 
  2. Kelengkapan Barang 
  3. Lebih Cepat Punya 
Harga yang dibanderol oleh situs Banggood misalnya, smartphone Ulefone berspesifikasi gahar lebih murah alias terjangkau dibanding kompetitornya, bahkan kalau beli HP di Gearbest sering dapat bonus, selain itu mereka juga kerap memberikan voucher diskon dan promo terutama saat hari-hari 'bergengsi' seperti Black-Friday.

Barangnya lengkap, kelengkapan produk jadi suatu kelebihan eCommerce luar negeri, misalnya untuk sekarang ponsel Ulefone mustahil masuk ke Indonesia, nah satu-satunya cara buat dapat itu HP ya beli di website mereka. 

Lebih kekinian, faktor ini penting khususnya untuk para reviewer gadget. Pada zamannya Xiaomi belum ada cabang resmi di Indonesia, situs Gearbest dan Banggood kerap kebanjiran order dari masyarakat tanah air. 

Gadget atau Smartphone keluaran terbaru biasanya lebih dulu muncul dan dijual di situs jual beli luar negeri tersebut, nah kalau gengsi dan ingin duluan punya ya caranya order dari website mereka. 

Terlepas dari kelebihan dan keuntungan belanja di eCommerce luar negeri, ada kekurangannya yaitu: 
  1. Estimasi Pengiriman Lama 
  2. Ongkir Mahal 
  3. Dikibulin Tukang Pajak 
Khusus yang dikirimnya lama itu gratis ongkir ya, berkisar seminggu paling cepat kalau beruntung, dan rata-rata 3 mingguan baru sampai barangnya. 

Nah kalau mau lebih cepat, kita dikenakan biaya mulai dari $7 sampai $10 atau sekitar 100 - 150 ribuan rupiah pakai DHL, cepat sampai ya kira-kira seperti JNE REG dari Jakarta ke Surabaya, yakni 3 - 6 harian. 

Yang kadang bikin emosi itu pajaknya, walaupun sekarang ada peraturan bahwa order barang dari luar negeri di bawah $100 tidak dikenakan pajak, tetap saja oknum bea cukai menagih, jangan dikasih ya!

Sekarang juga banyak tuh yang beli Squishy, harganya rata-rata dibawah 100 dolar.
Tips: Kalau mau order barang dari Ecommerce luar negeri, misalnya Gearbest, minta ditulisin sebagai GIFT atau Hadiah, supaya tidak dikenakan pajak walaupun order diatas 100 dollar. 
Sekarang seluk-beluk kurang lebihnya belanja online dari situs jual beli luar negeri, bagaimana mempraktekannya?

Cara berikut berlaku juga untuk eCommerce lain seperti eBay atau Amazon.

Panduan Cara Belanja HP Online di Banggood, Gearbest atau Tinydeal

Langkah Pertama: Buka situsnya, entah Banggood, Tinydeal atau Gearbest, sesuai selera. Ini cuma contoh. 

Cara Belanja Online di Banggood Tinydeal Gearbest.png

Langkah Kedua: Buat akun terlebih dahulu, gampang, nggak ngerti bahasa Inggris? Pakai Google Translate saja, kalau sudah punya langsung saja login.

Cara Beli HP di Tinydeal.png

Langkah Ketiga: Pastikan sudah memilih barang yang mau dibeli, kalau sudah dapat tinggal pilih Add to Cart.

Belanja Online di Banggood Gearbest.png

Langkah Keempat: Anda akan dialihkan ke 'Shopping Chart', pada halaman ini bakal diberitahu jumlah total biaya yang harus dibayar dengan ongkos kirim. Lanjut dengan pilih 'Proceed to Checkout' untuk melakukan pembayaran, bisa bayar dengan kartu kredit dan PayPal, atau klik 'Continue Shopping' buat lihat barang lainnya.

cara belanja di banggood gearbest.png

Langkah Kelima: Pada tahap ini Anda diminta input metode pembayaran, pilih sesuai keinginan. Lalu isi alamat rumah Anda yang lengkap.

Nah, disini saya coba pakai Western Union, kenapa? Karena praktis dan mudah, Anda bisa membayarnya seperti kirim uang, lakukan lewat Indomaret atau Alfamart paling dekat dari rumah. Anda juga bisa menggunakan Doku Wallet.

Metode Jasa Pembayaran Banggood Gearbest Tinydeal.png

Langkah Keenam: Usai pilih metode pembayaran, sekarang klik Continue. 

Pemesanan telah sukses dilakukan, selanjutnya adalah tugas Anda untuk melunasi tagihan lewat Western Union sesuai nominal, Anda diberikan nomor order oleh pihak Gearbest atau Banggood.

pembayaran beli hp online luar negeri.png

Sampai disini selesai orderan, tinggal cek email konfirmasi dan barang bakal segera dikirim sesuai pesanan.

Refund ke Gearbest 

Saya belum pernah refund atau meminta pengembalian barang dan uang ke Gearbest atau Banggood, namun saya merangkum berdasarkan pengalaman dari rekan saya.

Sebelum memutuskan kirim barang, silakan kontak pihak eCommerce tempat Anda beli entah gearbest atau banggood nanti diarahkan apa yang harus dilakukan misal diberi alamat lengkap pengiriman barang.

Total estimasi, lama atau tidaknya bervariasi namun rata-rata bisa lebih dari satu minggu. Itu juga tergantung berapa lamanya barang yang Anda kirim sampai ke mereka.

Update baru, cara beli barang di Banggood tanpa menggunakan Kartu Kredit dan PayPal alternatif Western Union juga. Jadi disini kita kasih tips untuk nasabah Bank BNI pakai fitur VCN BNI.

Apa Itu VCN BNI? 

VCN BNI adalah singkatan dari Virtual Credit Number, pengganti kartu kredit fisik yang berguna sebagai kartu kredit virtual sementara dan VCN BNI memiliki masa aktif kurang lebih satu jam, ini bisa dipakai sebagai metode pembayaran ketika beli barang secara online dari situs luar negeri.

Anda harus punya akun bank yang sudah terdebit online, jadi hanya membutuhkan akun baru bisa juga sekalian isi saldo sesuai nominal barang yang dibeli dari Banggood.

Caranya: Datang ke kantor cabang Bank BNI, bilang ke Customer Serice dan minta diaktifkan fitur Debit Online yang fungsinya untuk membuat VCN.

Anggaplah Anda sudah melakukan beberapa tahap yang telah dijelaskan diatas tadi hingga ke metode pembayaran, disini pilih Credit Card / Kartu Kredit.
Kirim SMS ke BNI SMS-Banking dengan maksud meminta kode VCN, format pesannya berikut: REQ VCN (nominal harga barang), contoh: REQ VCN 500.000 dan kirim ke 3346.
Lalu Anda akan mendapatkan SMS balasan dari bank BNI berisi detail nomor VCN yang harus dimasukkan ke halaman pembayaran pada situs Banggood, ingat kode bisa kadaluarsa dalam satu jam.

Ribet ya? Mau yang lebih gampang? Cobain jasa pembayaran atau tukang beli barang online dari situs eCommerce luar negeri, banyak di forum Kaskus yang terpercaya, tapi tetap waspada ya.

Sekarang tidak ada pajak untuk pembelian barang dibawah 100 dollar, itulah Pengalaman dan Cara Belanja HP Online di Banggood serta Gearbest yang bisa jadi referensi.