Fakta Lagu 'Glass wo Ware' Single ke-6 Keyakizaka46

Keyakizaka46 bakal merilis single ke-6 mereka penerus lagu Kaze ni Fukaretemo yang kali ini diberi judul 'Glass wo Ware!', pengumuman disampaikan lewat situs resmi, susunan senbatsu diumumkan lewat Keyakitte Kakenai, pemutaran perdana lagu diputar di acara SCHOOL LOCK.

Keyakizaka46 1st - 6th Single
Keyakizaka46 First to 6th Singles
ガラスを割れ / Garasu o Ware / Glass wo Ware artinya Break The Glass / dengan nada tegas menyuruh Pecahin atau Hancurin tuh Beling / Kaca!

Ada beberapa fakta menarik dari lagu Glass wo Ware , sebelumnya Sato Shiori lewat blog di situs resmi mendeskripsikan bahwa single ke-6 akan memiliki aura yang luar biasa daripada sebelumnya.

"Lagunya menarik dan luar biasa, saya juga suka koreografi tariannya. Jadi tidak sabar secepatnya ingin Anda mengetahui dan menyaksikan MV dari lagu ini, dan melihat reaksi orang-orang." tulis gadis yang biasa dipanggil Shiichan.

Meski kenyataannya, single kali ini jauh dari ekspektasi penggemar karena tidak begitu powerful dibanding lagu-lagu sebelumnya.

Bocoran video proses syuting MV Glass wo Ware yang berisi rekaman adegan belakang panggung member, sebenarnya sempat beredar diunggah ke YouTube oleh sebuah channel sebelum akhirnya dihapus dengan alasan hak cipta.

Sony Music Entertainment Japan YouTube Keyakizaka46 MV.png

6-in-a-Row

Tidak / belum berani ambil resiko keluar zona nyaman, Hirate Yurina kembali ditunjuk untuk mengisi posisi center single ke-6.

Menurut Moriya Akane dalam program Keyakitte Kakenai episode 116 saat pengumuman senbatsu, "Koreografi lagu ini punya tarian yang enerjik dan powerful, cocok dengan ciri khas Techi."

Enam kali berturut-turut jadi center single Keyakizaka46 membuat Hirate Yurina memecahkan rekor yang dipegangnya sendiri sebelum ini.

Saking frustrasinya banyak yang menyebut grup Keyakizaka46 seakan berubah jadi:
  1. Techizaka46 
  2. Hiratezaka46 
  3. Hirate Yurina and Backdancers
Kesempatan besar datang tak disia-siakan, sekalinya comeback dari cedera Hirate Yurina langsung dapat lagu solo berjudul 'Yoake no Kodoku'.

Yoake no Kodoku juga sekaligus menjadi lagu tema untuk iklan sebuah produk kosmetik "24h Cosme".

Hirate Yurina Keyakizaka46 Yoake no Kodoku 24h Cosme.jpg

"Berat badanku bertambah, terlihat lebih gemuk dari sebelumnya. Tapi untungnya ketika melakukan kegiatan syuting untuk MV dan iklan berjalan lancar." kata Techi seperti dilansir Daily.co.jp

"Aku tidak berpengalaman menjadi bintang iklan produk kecantikan, jadi ini sedikit mengejutkan. Jika dibanding member lain, aku paling kudet soal kosmetik tapi aku anggap ini sebagai kesempatan dan pengalaman berharga." lanjutnya.
Menurut sumber yang sama, Hirate Yurina menjalani syuting proses pembuatan video Garasu wo Ware dengan kondisi setengah fit karena lengan kanan sedang cedera.
"Setelah syuting MV, seluruh jadwal kegiatan Techi kecuali untuk radio show, akan dibatalkan dan semakin dibatasi ke depannya. Ini demi proses pemulihan lebih cepat." tulis Daily.co.jp.

Also read: Fakta 'Lima Cantik' Unit Hiragana Keyakizaka46 

Apa Kata Pengamat Musik Dadakan aka Fanboy? 

"Pertama-tama mereka punya lagu Sekai ni wa Ai Shikanai yang secara instrumental sangat kental dengan ciri khas idol group. Saya mendengarkannya berkali-kali dan menilainya sebagai lagu yang brilian." 

"Di sisi lain, mereka juga punya lagu Fukyouwaon, yabg secara chorus bernada musik klasik dan Electronic Music sebagai background-nya. Itu berhasil menghidupkan kerumunan penonton ketika dibawakan saat konser. Prinsip mereka merilis lagu kemudian berbeda lagi." 

"Sekarang bicara soal Glass o Ware, permulaan lagu ini cukup slow. Chorus-nya bisa dirasakan begitu lemah, tapi Anda bisa rasakan alur kecepatan yang dapat membawa pendengarnya. Banyak bagian mencakup interaksi dengan orang lain (lirik bagian 'oh oh oh' 100% dilakukan dengan penonton)."

Total Penjualan Glass wo Ware!

Dalam hari pertama penjualan single Glass wo Ware, Keyakizaka46 berhasil menjualnya sebanyak 638,802 copies total sold in first day serta menempati posisi puncak Oricon Daily Chart. 

Itu masih versi Oricon Chart, dan belum ada rilisan dari Billboard Japan (karena memang biasanya Billboard hanya mengumumkan total hasil jual per minggu / Weekly Sales).

Glass wo Ware Keyakizaka46 first day total sales sold.png
Glass wo Ware Total First Day Sold!
Angka enam ratus ribuan itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding single ke-5 "Kaze ni Fukarete mo", terjadi penambahan sebesar 155,120 copies.

Glass wo Ware juga mempertahankan eksistensi Keyakizaka46 untuk menduduki peringkat puncak harian Oricon ketika baru rilis, sama seperti lima single mereka sebelumnya.
  1. <Single 6> Glass wo Ware!: 638,802
  2. <Single 5> Kaze ni Fukarete mo: 483,958
  3. <Single 4> Fukyouwaon: 456, 518
  4. <Single 3> Futari Saison: 353,640
  5. <Single 2> Sekai ni wa Ai Shika Nai: 250,523
  6. <Single 1> Silent Majority: 191,203 
Sementara itu untuk penjualan minggu pertama, Glass wo Ware tembus angka 833,250 copies menurut chart Oricon, dan 895,210 berdasarkan data Billboard Japan. 

Tentu saja data dari Billboard Japan lebih akurat jika dibandingkan Oricon Weekly Chart, karena mereka menghitung penjualan single dalam bentuk fisik serta digital. 

Apabila dibandingkan Kaze ni Fukarete mo, single ke-6 ini terdapat peningkatan signifikan dalam hal penjualan yakni sebesar 191,120 versi Oricon dan 171,892 versi Billboard.

Total penjualan minggu pertama enam single Keyakizaka46:
  1. Glass wo Ware! = 895,210 
  2. Kaze ni Fukarete mo = 645,766
  3. Fukyouwaon = 637,918
  4. Futari Saison = 446,617
  5. Sekai ni wa Ai Shika Nai = 325,719
  6. Silent Majority = 263,310

Senbatsu Member Single ke-6 Keyakizaka46 'Glass wo Ware'

Tidak banyak berubah dari single sebelumnya, susunan line-up senbatsu masih menggunakan format 7x3. Masing-masing 7 member di baris depan, tengah, dan belakang.

Glass wo Ware Keyakizaka46 6th Single
Glass wo Ware!
Belakang: Ishimori Nijika, Saito Fuyuka, Nagasawa Nanako, Oda Nana, Harada Aoi, Yonetani Nanami, Sato Shiori.

Tengah: Moriya Akane, Uemura Rina, Sugai Yuuka, Nagahama Neru, Shida Manaka, Ozeki Rika, dan Watanabe Rika.

Depan: Hirate Yurina (C), Kobayashi Yui, Habu Mizuho, Koike Minami, Miyu Suzumoto, Imaizumi Yui, dan Watanabe Risa.

Detail Tracklist Keyakizaka46 6th Single 'Glass wo Ware!'

Dalam susunan tracklist atau daftar lagu di single ke-6, Keyakizaka46 tempatkan lagu solo Hirate Yurina di Type A. 
  1. ‪Garassu wo ware (All type by senbatsu members)
  2. Mou mori e kaerou ka? (All type by senbatsu)
  3. Yoake no kodoku (Type A by Hirate Yurina)
  4. Imanimiteiro (Type B by Hiragana Generasi Pertama)
  5. Zenmai shikake no yume (Type C by unit Yuichanzu)
  6. Bathroom Travel (Type D by Ozeki Rika, Koike Minami, Nagahama Neru)
  7. Hanbun no kioku (Type Regular by Hiragana Generasi ke-2). 

Ulasan dan Opini 

Dalam CD Type-A nampaknya masih cukup sama, by the way sudah hampir empat single berturut-turut pembukaan review menggunakan kalimat serupa. 

Namun tridente kali ini Yuichanzou berhasil menguasai CD Type B, sementara untuk Tipe C ada empat anggota lain pengisi posisi yang tersisa dan mereka adalah: 
  1. Habu Mizuho 
  2. Miyu Suzumoto 
  3. Watanabe Risa 
  4. dan Koike Minami 
Bagi mereka pengisi barisan kedua menguasai Type D dan untuk 3rd Row atau baris ketiga jadi penguasa di CD edisi Reguler. 

Sebetulnya CD cover Type D dan Regular Edition single ini sangat nyentrik tapi secara keseluruhan saya sendiri cukup senang melihatnya, sayang warna cover yang gonjreng tidak sebanding dengan kostum member berwarna hitam. 

Itu hanya soal selera, lebih bagus lagi mungkin apabila konsepnya cukup jelas seperti cover utama yang disebut cenderung mengarah ke emo. 

Review Lagu 

Ciri khas Keyakizaka46 masih dibawa dengan nuansa EDM (Electronic Dance Music), membuat lagu-lagu mereka mudah diserap dan dipahami setiap pendengarnya. 

Bahkan banyak menyebut lagu Glass wo Ware sebagai alat ampuh yang jadi Moodbooster mereka, lirik dan karakteristik pembawaan masing-masing personil, ciri khas emo-cult masih ada. 

Namun magisnya tidak sekuat single ke-5 mereka, Kaze ni Fukaretemo karena dari vokal, musik hasil gabungan EDM dengan instrumental klasik yang keduanya mempunyai ciri khas dominan, membuat lagu ini jadi kurang matang.

もう森へ帰ろうか? / Mou Mori He Kaerou ka? 

Nah di bagian lagu ini seperti terlalu umum karena terdapat unsur EDM juga, namun ketika mendengarnya berulang kali ada kekurangan dalam hal vokal yang bisa merusak keseluruhan. 

Bukan berarti semua vokal member yang terlibat dalam lagu ini buruk, hanya saja ada ketidaksesuaian antara instrumen musik dengan suara vokalnya. 

夜明けの孤独 / Yoake no Kodoku 

Bagus tapi tidak sesuai ekspektasi. Lagu solo Hirate Yurina kali ini mungkin sangat amat jauh berbeda dengan Jibun no Kitsugi, apabila memang ingin membandingkan keduanya. 

Yoake no Kodoku lebih ke Naachan-type, bukan Techi, mungkin Anda bisa dengarkan Kougosei Kibou dan bandingkan dengan lagu ini secara keseluruhan tak ada perbedaan. 

Kalau dipantau dari SHOWROOM saat pemutaran MV Glass wo Ware, sekilas Tecchi mirip dengan Taemin sedangkan di lagu Yoake no Kodoku tidak. 

Tapi dengan tidak hadirnya unsur beat and dance, membuat lagu ini boleh dibilang cukup cocok dengan karakter Yurina Hirate. 

イマニミテイロ / Ima ni Miteiro 

Pada bagian vokal Sasaki Mirei (Miipan) muncul Ramen yang bisa disebut kegagalan harmoni dalam lagu ini, suara yang saling sahut menyahut antara unsur nasal serta berat. 

Tapi ciri khas Hiragana Keyaki ada dalam lagu Ima ni Miteiro, aransemen mentah yang lebih klop jika dibandingkan lagu tim Kanji. 

ゼンマイ仕掛けの夢 / Zenmai Shikake no Yume 

Single ke-5 kemarin duo Yuichanzou sempat absen, namun kali ini mereka berdua telah kembali bawakan folk music yang seolah sudah jadi ciri khas musik keduanya. 

Zenmai Shikake no Yume mengandalkan kualitas lirik yang penuh makna daripada lagu lain di single kali ini, bahkan Glass wo Ware sekalipun. 

Tanpa mengurangi unsur Pop, membuat lagu ini terasa belum ada kemajuan mengingat duet yang membawakan pasti penggemar berekspektasi tinggi. 

バスルームトラベル / Bathroom Travel 

Nagahama Neru, Koike Minami dan Ozeki Rika membawakan lagu ini dan memiliki MV yang cukup ringan, penuh keceriaan. 

Keyakizaka46 Bathroom Travel MV Video
Imaizumi Yui
Bisa dibilang bersifat opposite atau berlawanan dengan sisi dark ciri khas keseluruhan Keyakizaka46. 

半分の記憶 / Hanbun no Kioku  

Kosaka Nao yang disebut jadi next ace Keyakizaka46 memimpin lagu Hanbun no Kioku sebagai pengisi posisi center. 
Seperti biasa, Hiragana Keyaki Generasi Ke-2 terlihat lebih berkarakter kuat dibanding generasi pertama. 
Secara bagian vokal oke, aransemen pas, bahkan member Hiragana Gen-2 memiliki basic-vocal yang jauh lebih bagus daripada Hiragana Gen-1. 

MV Glass wo Ware telah dirilis melalui kanal YouTube resmi. "Mereka konsisten, tidak banyak kendala ketika proses syuting. Padahal beberapa anggota sedang dalam kondisi tidak fit." ungkap Takahiro, koreografer grup.

Lokasi pengambilan adegan MV lagu ini dilakukan di sejumlah pabrik bersejarah di wilayah Nagano.

Satu jam pertama usai video Garasu wo Ware diunggah berhasil meraih 150,112 views, dua kali lipat lebih cepat dibanding saat unggahan Kaze ni Fukarete mo.

Meski demikian para penggemar Keyakizaka46 harus menunggu karena single 'Glass wo Ware' baru akan dirilis Maret 2018 mendatang.
Fakta Lagu 'Glass wo Ware' Single ke-6 Keyakizaka46 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun