6 Daftar Harga HP Layar Full View Display 18:9 Paling Murah

Tahun 2017 lalu pecinta gadget disuguhi dengan tren teknologi dual kamera pada ponsel, seiring berjalannya waktu tanpa mengurangi yang sudah ada kini para vendor smartphone ramai-ramai merilis HP dengan aspek rasio layar 18:9 atau disebut juga Full View Display.

Aspek Rasio Layar HP 18 9.png

Sederhananya, rasio layar 18:9 berbeda dengan yang biasa dipakai yakni 16:9, mulai dari mudahnya mengelola HP walaupun ukuran layar itu sendiri mencapai 6 inch, namun akan terasa lebih nyaman digenggam dibanding rasio 16:9.

Jadi bukan hanya teknologi Bezel-less atau bezel tipis tapi juga rasio yang terbilang baru dan unik, tren ini awalnya hanya diterapkan di ponsel flagship belasan juta, namun kini HP dengan harga murah mulai 1 jutaan juga sudah ada yang pakai rasio layar 18: 9 sampai yang benar-benar mewah.

Merek apa yang Anda cari? Xiaomi, Asus, Samsung, Vivo, Oppo, Advan, Evercoss, Lenovo, Moto, LG, Wiko, Gionee, Huawei, Meizu, Nokia, Sony, atau OnePlus?

Inilah Daftar Harga HP Layar Full View Display Rasio 18:9 Paling Murah 

1. Xiaomi Redmi 5 

Xiaomi Redmi 5 Screen.png

Sejatinya Xiaomi sebagai pelopor ponsel murah masa kini telah merilis Redmi 5 di Tiongkok akhir 2017 silam, namun mereka tidak lupa untuk rilis versi garansi resmi di Indonesia pada Februari 2018 ini. 

Redmi 5 dibanderol dengan harga mulai 1,7 jutaan rupiah dan ponsel ini menawarkan Aspect Ratio / rasio layar sudah 18:9 Full View Display yang jadi salah satu keunggulan selain baterai tahan lama berkapasitas 3300 mAh dengan dukungan fitur fast charging (Support Quick Charge 2.0 Update MIUI). 

Kenyamanan menggengam layar lebar 5,7 inch tidak lagi mengkhawatirkan, karena fungsi rasio 18:9 tidak selebar 16:9. Selain itu layar pada Xiaomi Redmi 5 juga telah dilindungi Corning Gorilla Glass membuatnya tahan terhadap goresan. 

Nama: Xiaomi Redmi 5 
Harga Baru: Rp 1,699,000 
Bekas:

2. Meizu M6s 

Meizu M6s Layar Bezelless 18 9.png

Berbeda dengan M6, Meizu M6s yang baru dirilis Januari 2018 kemarin sudah pakai jenis layar IPS HD 720x1440p bezel-less dengan rasio 18:9 dan ukurannya sama seperti Redmi 5 yakni 5,7 inch. 

Ponsel Meizu M6s dibanderol seharga Rp 2,6 jutaan di Indonesia, selain itu smartphone ini juga sudah dipasangkan RAM 3GB dengan chipset  paling canggih dari Samsung untuk HP mid-range yakni Exynos 7872. 

Meizu M6s cukup nyaman dipegang karena ketebalannya hanya 8 milimeter walau memiliki berat bodi sebesar 160 gram. 

Kekurangan dari HP ini tidak adanya penjelasan dari pihak Meizu soal jenis pelindung kaca pada layar seperti misal Dragon Trail atau Corning Gorilla Glass.

3. Redmi 5 Plus

HP Xiaomi Redmi Layar 18 9.png

Bersamaan dengan Redmi 5 tadi, Xiaomi juga telah merilis versi lebih tingginya yakni Redmi 5 Plus dengan spesifikasi terbaik di kelasnya yang mumpuni dan bisa dibilang paling banyak dicari atau diminati pengguna, terutama Mi Fans.

Untuk harga dua jutaan, Redmi 5 Plus sudah dipoles desain premium, layar IPS LCD Full HD 1080x2160 dalam rasio 18:9 Full View, meski berukuran hampir 6 inch namun tetap terasa kenyamanan dalam menggenggam.

Selain itu, bodi depan juga sudah dilapisi kaca dan dilindungi teknologi Corning Gorilla Glass. Kerapatan pada screen makin membuat mata nyaman karena sudah punya lebih dari 400 ppi density.

Ulasan lengkap ponsel ini dapat Anda simak di Review Redmi 5 Plus dan Tes Kamera.

4. Lenovo K320t 

Lenovo K320t layar.png

Sempat dianggap sudah menyerah meneruskan pasar Smartphone-nya ke Motorola, namun ternyata Lenovo merilis ponsel baru dengan nama model K320T. 

HP Lenovo K320T sudah menggunakan layar 5,7 inch HD jenis IPS LCD rasio 18:9 Full Display dan baru dirilis pada Januari 2018 dengan banderol harga Rp 2,5 Jutaan. 

Kurangnya dari HP ini adalah tidak adanya pelindung kaca dan masih menggunakan chipset yang terbilang jadul yakni Spreadtrum, inilah yang jadi faktor kenapa Lenovo disebut-sebut sudah menyerah dalam industri Smartphone. 

5. Huawei Nova 2i 

Layar 18 9 Huawei HP.png

Dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dan kerapatan density 441 ppi membuat aspek rasio 18:9 pada layar IPS milik Huawei Nova 2i terasa lebih sempurna digenggam dan nyaman digunakan.

Konsekuensi dari membeli ponsel Nova 2i-nya Huawei adalah Anda harus merogoh kocek lebih dalam dibanding kandidat lain dalam artikel ini hehehe.

6. Oppo A83 

Oppo A83 Layar 18 3 HP.png

Banyak reviewer lokal bilang Oppo A83 mirip dengan Oppo F5 bahkan disebut sebagai versi mini-nya F5, mari ungkap sedikit apa saja dari kemiripan pada kedua ponsel tersebut. 

Layar Oppo A83 berukuran 5,7 inch dan resolusinya HD (720 x 1440 piksel) menggunakan jenis panel IPS LCD serta aspek rasio sudah 18:9. 

Jika di F5 sudah mendukung pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, maka di Oppo A83 belum ada kaca yang dilindungi. 

Jadi dari sini saja sudah jelas terlihat perbedaan dan kenapa A83 disebut versi mininya F5, sektor yang lain tentu beda signifikan.

Oppo A83 dijual di range harga Rp 3,4 jutaan.
Harga ponsel diatas tidak sepenuhnya akurat, bisa lebih murah dan lebih mahal tergantung permintaan pasar. Untuk mengetahui update terbaru bisa kunjungi beberapa situs Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.  
Artikel ini juga akan diperbarui seiring adanya ponsel baru yang dirilis dengan rasio layar 18:9.

Kesimpulan 

Banyaknya pilihan HP Android dengan Layar Full View Display 18:9 pada daftar harga paling murah dan terjangkau memang jadi idaman para pengguna yang ingin beralih dari smartphone lamanya, namun disamping layar pasti ada spesifikasi lain yang patut dipertimbangkan sebelum membelinya, silakan pilih sesuai kebutuhan.
6 Daftar Harga HP Layar Full View Display 18:9 Paling Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun