Kronologis Lengkap Shi Qin dan Zheng YangYing Dipecat CKG48

Dua orang anggota CKG48 harus menerima nasibnya dikeluarkan dari grup, mereka adalah Shi Qin dan Zheng Yangying yang keluar secara tidak hormat alias dipecat akibat perlakuannya sendiri.

Zheng YangYing Shi Qin CKG48 Sacked Fired Dipecat.png

Shi Qin dan Zheng Yangying dipecat berdasarkan keputusan yang dirilis lewat situs resmi CKG48, terkait hal-hal yang tidak seharusnya mereka umbar ke publik membuat saham perusahaan juga anjlok.

Kronologis 

Awal Maret kemarin sejumlah member CKG48 melakukan aksi protes kepada manajemen dan staf perusahaan Chongqing Siba (pengelola CKG anak perusahaan Siba STAR48) terkait fasilitas yang mereka berikan kepada para anggota grup. 
Beberapa fasilitas yang disediakan seperti kamar pada Mes grup, hingga pembayaran gaji yang kerap telat jadi persoalan digaungkan member CKG48, mereka membandingkannya dengan sister group senior seperti BEJ48 dan GNZ48 yang jauh lebih baik. 
Zheng Yangying mengajak beberapa teman-temannya dari Team K yakni Zhao Zehui, Hao JingYi, Huang Wangying, Deng Qian, Zhang YuYang hingga Shi Qin untuk lakukan protes. 

Konflik bermula dari kamar baru di mes grup yang telah dialokasikan oleh manajemen dan beberapa member menganggapnya justru sebagai sebuah downgrade atau penurunana karena ruangan lebih kecil, tempat tidur tidak seluas sebelumnya. 

Bahkan foto-foto suasana dalam mes beredar luas di media sosial Weibo usai seorang oknum menyebarkannya dan diunggah melalui media Pocket48. 

Mes Asrama Member CKG48.png

Hingga masalah kecil yang terlalu dibesarkan seperti staf yang mulai menganaktirikan Team K dan memperlakukan Team C lebih segan seperti menyediakan makanan enak, membawakan koper dan tas anggota tim C. 

Terlebih salah satu dari mereka yakni Shi Qin sedang menjalani masa skors akibat memangkas rambut yang tidak sesuai kode etik CKG48, ia menyebutkan setidaknya member generasi pertama tidak mendapatkan perlakuan menyenangkan dari staf. 

Pihak CKG lewat salah satu staf melalui akun Weibo menegaskan dilakukannya alokasi kamar pada mes seiring CKG48 yang telah melakukan audisi anggota generasi kedua dan ketiga serta bakal diresmikan menjadi member baru dalam waktu dekat. 

Shi Qin bahkan secara blak-blakan membongkar nominal yang ada di rekening bank sebagai bukti ia belum menerima bayaran gaji dari grup. 

Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi, sebelumnya bahkan anggota populer seperti Zhao Jiamin 'Savoki' baru selesai jalani sidang lawan manajemennya sendiri di Pengadilan Tinggi akhir 2017 silam.

Pemecatan Shi Qin dan Zheng Yangying

Dianggap mencemarkan nama baik, dua member yang paling lantang memprotes kebijakan manajemen, Shi Qin dan Zheng Yangying akhirnya dipecat. 

Selasa (6/3) CKG48 lewat website resmi mengeluarkan pernyataan dan dengan jelas menyebut kedua anggota mereka itu telah memperburuk nama baik grup dan melanggar kode etik. 

"Zheng Yangying dan Shi Qin telah melanggar kode etik anggota CKG48 dan dengan serius melakukan tindakan yang tidak sesuai terhadap prinsip grup. Tidak adanya itikad baik dari keduanya sebagai idola sangat menyimpang dengan semua mekanisme yang telah diterapkan di SNH48 GROUP." tulis CKG48. 

"Perusahaan memberikan sanksi terhadap Zheng Yangying dan Shi Qin berupa hukuman; 
  1. Per (6/3), baik Shi Qin maupun Zheng Yangying telah diberhentikan dari CKG48, segala kegiatan yang berkaitan dengannya tidak lagi atas nama grup. 
  2. Keduanya telah melanggar kode etik, dan perusahaan segera ambil langkah hukum demi melindungi hak dan kepentingan yang sah berdasarkan perjanjian eksklusif. 
CKG48 Operation Team." lanjutnya. 

Pihak CKG48 Minta Maaf 

Keputusan manajemen untuk mengeluarkan Shi Qin dan Zheng Yangying menuai berbagai reaksi, pro kontra bermunculan serta bertubi-tubi aksi protes menyerang akun resmi CKG48 di Weibo. 

"Apakah ini tindakan semena-mena? Harus ada introspeksi dari manajemen." tulis salah satu penggemar.

Lewat situs resmi CKG48 memberikan klarifikasi permohonan maaf terkait surat keputusan pemecatan dua anggotanya yang telah menimbulkan kegaduhan penggemar.

Website CKG48 Official Statement.png
CKG48 Official Statement
"Mengenai peristiwa yang terjadi di CKG48, anggota secara individu melanggar etika, peraturan, dan perjanjian kontrak eksklusif dengan perusahaan, merusak nama baik, bahkan menghancurkan perasaan dan emosi penggemar. 

Dalam situasi ini kami segenap tim dan staf CKG48 ingin menyampaikan permohonan maaf telah timbulkan kekacauan. Tapi yakinlah, kami sebagai juga ingin anggota kami dihukum sesuai aturan apabila melakukan pelanggaran terhadap kedisiplinan, regulasi dan perjanjian kontrak, tentu saja kami melakukan ini demi kepentingan dan kemajuan CKG48.

Zheng Yangying Tebar Ancaman 

Zheng YangYing CKG48 Dipecat Gaji.png
Zheng Yangying / ex CKG48
Keluarnya Zheng Yangying belum menyelesaikan permasalahan yang padahal situasinya baru mendingin, bahkan wanita yang akrab disapa Maruko kembali memanaskan kondisi dengan mengirimkan sebuah ancaman terhadap CKG48. 
Meski telah keluar namun Maruko belum menerima gaji, ia kemudian menuliskan sesuatu dalam akun media sosial serta ucapan yang keluar dari video yang beredar. 
"Kalau gaji-ku belum dibayar, aku akan ajak pihak lain dan bekerja sama melakukan sesuatu ke teater." kata Zheng Yangying. 

Datangnya ancaman tersebut membuat pihak CKG48 berjaga-jaga dan menambah dua orang staf keamanan yang ditempatkan di sekitar theater untuk beberapa waktu ke-depan. 

Berapa Gaji Member CKG48?

Bayaran untuk anggota idol group seperti CKG48 memang sistemnya sama seperti JKT48 dan AKB48, tergantung dari seberapa populer, aktifnya tawaran kerja sampingan (job TV, Majalah, dll). 

Namun saat ini diperkirakan berkisar minimal 8 Juta sampai tertinggi 178 Juta rupiah.

CKG48 Chongqing baru empat bulan sejak debut, namun sudah ada dua anggota yang dipecat dari grup, Shi Qin dan Zheng YangYing, setidaknya tindakan manajemen untuk memberikan penjalasan dan meminta maaf telah mendapatkan banyak apresiasi dari penggemar.