Video Skandal, Michelle Christo Diminta Graduate dari JKT48

Anggota JKT48 generasi ketiga lagi-lagi tertimpa masalah skandal dan kali ini giliran Michelle Christo Kusnadi yang sampai membuat heboh jagat fandom di media sosial hingga beberapa forum online.

Foto Salkus Michelle JKT48.png

Bahkan sejumlah penggemar JKT48 meminta Michelle untuk cepat keluar resign atau graduate dari grup, ini bukan kali pertama mereka menuntut gadis keturunan Tionghoa itu.

Kronologis 

Seorang pengguna dengan akun Twitter @HapusMemory diduga bekerja sebagai penjaga CCTV menyebarkan beberapa video. 

Dalam dua cuitannya (yang telah dihapus) tertangkap screenshot, pelaku penyebaran bahkan menyebut langsung akun @C_MichelleJKT48. 

Video Skandal Michelle JKT48 Graduate.png

Video kemudian diunggah ulang oleh banyak akun Twitter lain, sampai menyebar ke beberapa Fan Page dan grup di Facebook hingga Instagram. 

Dalam video terlihat wanita yang mirip dengan member JKT48, Michelle Christo bersama seorang pria sedang berkeliling sebuah toko mencari sesuatu, dalam samar-samar karena sedikit mengalami blur gambar bagian wajah. 

Ada beragam tanggapan serta reaksi dari warganet terkait hal itu. 

"Gw udah liat videonya di twitter lebih jelas, 90% mirip michelle terus lakinya kayak orang china." tulis akun Facebook, Wayan Walker. 

Foto Skandal Michelle JKT48.png

"Udah pasti wota nih yang pegang cctv. Kalo JOT tegas, besok harusnya udah ke trainee nih dia." kata akun Gina Pratiwi. 

"Siapa itu? ngeblur mukanya tapi mirip michelle, wah kalo bener, kecewa pemirsa." tulis akun Rachman Agunie. 

"Mending grad lah, Nambah reputasi buruk member generasi 3." tulis Gwiyandi Riyan.

Tersebarnya video tersebut jika memang benar, menambah daftar panjang member Team J yang bermasalah. Sebelumnya ada Vanka yang juga kena skandal dan hingga kini terkesan terjadi pembiaran.

Michelle sendiri dikenal sebagai member 'jahat' di kalangan fans JKT48, beberapa kali orang tuanya kerap bersitegang dengan penggemar idol group tersebut.

Bahkan Michelle dituduh jadi penyebab Veranda graduate dari JKT48. Lewat akun media sosial Facebook pribadi, orang tua Michelle memperingatkan mereka tidak segan melaporkan komentar dan tuduhan tidak benar yang dilontarkan penggemar terkait anaknya itu.

Pro Kontra 

Disebarnya video CCTV melalui rekaman ponsel itu menuai pro dan kontra, ada yang menyebut itu bukan sebuah tindakan terlarang jika tidak terkait penyadapan. 
Namun banyak pihak mengatakan pemilik akun @HapusMemory melanggar pasal 31 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) tentang penyadapan. 
"Jika memang mau, Michelle bisa pakai pasal tentang perbuatan tidak menyenangkan. Kalau pakai pasal penyadapan, salah, apa yang disadap." tulis akun @usmanguantengz.

"Pakai pasal intersepsi untuk kasus share video orang yang kertangkep CCTV itu nggak pas, apalagi videonya tidak ada melanggar apapun. Kecuali dia lagi ganti baju disebar." lanjutnya.

Setelah mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, pelaku menghapus cuitan video yang sudah terlanjut tersebar itu. 

Meski telah diminta banyak fans untuk graduate dari JKT48, belum ada klarifikasi resmi Michelle Christo soal video skandal bahkan dalam akun Twitternya dia terkesan mengabaikan semua protes yang masuk ke tab mention.