Cara Cerdas Bermedia Sosial dengan Paket Internet Indosat

Media sosial telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat masa kini. Bagaimana tidak, berdasarkan data dari Kominfo, dari sekitar 63 juta pengguna internet di Indonesia, 95 persen mengakses jejaring sosial. Media sosial yang paling banyak diakses adalah Facebook, dilanjutkan dengan Twitter, Path, LINE, Google+, dan Linkedlin.

Fakta ini menunjukkan bahwa hampir sebagian besar masyarakat Indonesia kini sudah sangat akrab dengan media sosial. Sayangnya, sering kali hal tersebut tidak dibarengi oleh kecerdasan bermedia sosial.

Mengapa ini penting? Cerdas bermedia sosial adalah kunci yang tepat untuk mencapai kenyamanan berinteraksi di media sosial.

Untuk itu, ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan ketika melakukan aktivitas di media sosial, yaitu:

Hindari Membagikan Informasi Pribadi 

Media Sosial.png

Banyak orang tidak menyadari bahwa media sosial ibarat sebuah dunia terbuka. Setiap orang bisa melihat apa yang di-posting atau dikatakan oleh orang lain dengan cepat dan mudah. 

Namun, ada saja orang yang mengunggah informasi yang sangat pribadi dan berisiko membahayakan tanpa menyadari akibatnya. Misalnya, alamat rumah, nomor rekening, nama ibu kandung, dan sebagainya. 

Pada kemungkinan terburuk, informasi ini bisa digunakan oleh oknum untuk melakukan kejahatan. 

Oleh karena itu, sangat penting membatasi diri untuk tidak membeberkan informasi tersebut melalui dinding media sosial. Jika ada rekan yang bertanya karena faktor kebutuhan, sebaiknya sampaikan melalui jaringan pribadi. 

Hindari Bertengkar di Media Sosial 

Pernah tidak Anda menemukan kasus orang-orang yang bertengkar di media sosial karena sebuah status atau pernyataan yang kontroversial? Hati-hati, pertengkaran ini sangat membuat tidak nyaman, baik bagi Anda atau orang yang melihatnya.  

Smartphone karikatur.png

Dengan platform media sosial yang kini sangat terbuka, ada sekian juta orang yang dapat menyaksikan konflik Anda tersebut. Bukan tidak mungkin, konflik ini menjadi viral dan Anda mendapat banyak sorotan. 

Dampak lain yang bisa Anda rasakan adalah kesan buruk dari orang lain, termasuk jika ada atasan atau calon perekrut yang kebetulan membaca hal tersebut. 

Bukan tidak mungkin, masalah yang terjadi tersebut menyebar dan membuat Anda mengalami dampak di tempat kerja. Saat ini, para perekrut juga mempertimbangkan kebiasaan atau status seseorang di dunia maya. 

Jangan Membagikan Informasi Hoax

Ada banyak informasi yang berseliweran di dunia maya. Namun, tidak semua informasi tersebut benar dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu keakuratan informasi yang tersedia. 

Jangan sampai, hal-hal yang berasal dari situs tidak kredibel juga menyesatkan lebih banyak orang akibat kegiatan Anda melakukan sharing.

Ciri-ciri informasi hoax sering kali tidak terlihat secara jelas. Namun, Anda bisa melihatnya dari beberapa hal, seperti situs yang abal-abal atau tidak jelas penulis dan pemiliknya. 

Informasi juga terlihat berat sebelah, tanpa cover both side atau konfirmasi dari pihak yang lain. Biasanya, informasi hoax dibuat untuk menciptakan keresahan di tengah masyarakat. Bisa dibayangkan jika kemudian menyebar ke banyak orang.

Pintar Membagi Waktu dan Uang 

Bergelut dengan media sosial merupakan keasyikan tersendiri. Ada banyak hal menarik yang bisa ditelusuri di media sosial. Kadang-kadang, hal ini membuat seseorang menjadi lupa waktu. 

Waktu dan Uang.png

Padahal, tugas dan kewajiban bukan hanya menjadi peselancar di dunia maya. Untuk itu, Anda perlu mengontrol diri dan menjaga supaya kebiasaan membuka media sosial tidak membuat kehilangan banyak waktu.

Selain itu, masalah yang juga sering dialami banyak orang adalah terkait pengeluaran. Nah, jika ingin membeli paket internet, Anda bisa mencoba paket internet Indosat. Dengan berbagai kelebihan, paket internet Indosat akan membuat Anda lebih hemat. 

Untuk itu, dapatkan informasi tentang paket internet Indosat di Traveloka.com melalui website atau aplikasi Traveloka. 

Jika Punya Anak Lakukan Kontrol Secara Berkala

Bukan hanya orang dewasa yang perlu belajar dan awas terhadap risiko serius yang berasal dari media sosial. Anak-anak bahkan lebih rentan terhadap bahaya ini dan kadang-kadang hal tersebut tidak disadari. 

Oleh karena itu, Anda perlu menjadi pengawas yang mengamati anak ketika bermedia sosial. Apakah ia sudah melakukan sesuai etika bermedia sosial atau justru masih harus diarahkan?

Mengontrol bukan berarti melarang anak untuk melakukan keinginan bergaul di media sosial. 

Namun, Anda perlu memikirkan bagaimana supaya kebebasan tersebut tidak menjadi masalah yang dapat membahayakan keselamatan anak. Banyak kasus kejahatan seperti pencuulikan terjadi karena faktor ketidaksadaran anak terhadap bahaya yang ada di depan matanya setiap hari.

Berpikir Sebelum Menulis 

Meskipun telah menggunakan paket internet Indosat yang memiliki koneksi cepat, Anda harus melakukan perenungan terlebih dahulu sebelum menulis sesuatu. 

Ilustrasi Mengetik di Laptop.png

Pikirkanlah apakah tulisan atau hal yang dibagikan tersebut bermanfaat kepada orang lain. Bisa jadi, karena satu sebab, justru menyinggung seseorang dan berakibat buruk, terutama bagi hubungan yang  selama ini telah terjalin. 

Hal-hal yang sebaiknya dihindari adalah perkataan yang merendahkan atau menghina orang lain, postingan yang meremehkan, postingan yang membuat orang lain tersudut, tulisan yang tidak benar atau palsu, dan sebagainya. 

Hal lain yang perlu disadari adalah bahwa apa pun yang telah dibagikan di dunia maya memiliki kemungkinan untuk terus abadi. 

Baik karena Anda lupa untuk menghapusnya maupun karena ada orang lain yang dengan sengaja melakukan capture dan membagikannya kepada khalayak. Jika sudah demikian, Anda pun pasti akan kesulitan untuk melacak dan menghapusnya. 

Nah, demikian beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui seputar media sosial dan berselancar bersama paket internet Indosat. Semoga bermanfaat.