10 HP Android yang Paling Banyak Dibeli di Tahun 2018

Banyak rekan saya di Telegram setiap mau beli HP Android baru selalu bertanya, sekarang smartphone murah apa yang paling banyak dibeli dan dicari para peminatnya? Maklum dan wajar, sebab perkembangan teknologi begitu cepat membuat ponsel baru yang setiap bulan rilis dari berbagai brand ditunggu dan diminati.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro Spek.png

Alasan lainnya kenapa mencari tahu Smartphone Android yang paling banyak digunakan dan digemari peminat karena secara langsung atau tidak, pengguna jadi tahu kalau ada hype atau heboh mungkin HP tersebut memenuhi kriteria berikut:
  1. Bagus desainnya 
  2. Canggih spesifikasinya 
  3. Murah harganya 
  4. Banyak diburu peminatnya 
Memang nggak mudah menentukan smartphone yang bagus dan akan dibeli. Kriteria diatas hanyalah standar HP Android paling banyak diburu sekarang. 

Tapi ada hal lain, selain digemari banyak orang karena empat poin diatas. Mungkin atau seringkali mereka mengabaikan beberapa kategori seperti: 
  • Build Quality 
  • Jaminan Garansi 
  • UX (User Experience / Pengalaman Pemakaian). 
Untuk itulah kenapa sekarang banyak HP yang dijual murah dan spesifikasi mewah tapi tidak memenuhi standar kriteria pemakaian tersebut. 

Contohnya: Ada HP sebut saja ZZ yang dibilang murah, spesifikasinya mewah dan gahar, banyak diburu peminat serta harga sejutaan. Disisi lain juga vendor saingan ZZ yakni QQ itu merilis Smartphone lebih mahal tapi speknya dibawah harga ponsel sejuta tersebut. 

Dalam hal ini, jika target marketnya adalah Indonesia, maka HP rilisan vendor ZZ dijamin akan laku keras laris manis karena spesifikasi canggih. Meskipun Smartphone saingan ZZ lebih awet, mahal dan bagus.

Nah, tahun 2018 baru masuk kuartal kedua. Namun sudah banyak sekali Smartphone Android yang telah diproduksi dari berbagai perusahaan ternama. Pada kuartal pertama kemarin mulai Oppo, Samsung, Xiaomi, Huawei, Asus, Infinix, Vivo, Wiko, Nokia, Moto, hingga yang terbaru dan baru resmi rilis Honor

10 HP Android Termurah Paling Banyak Dibeli dan Diminati Kuartal I Tahun 2018

Dengan tujuan mencari tips supaya tidak salah beli HP Android, maka saya akan berikan sesuai rekomendasi dari master, reviewer, dan beberapa dari saya sendiri berdasarkan pemakaian pribadi. Mereka yang berpengalaman menggunakan smartphone murah dan paling laris berikut menurut data IDC dan GFK. 
Rekomendasi ini adalah HP Android yang bisa keluaran tahun 2016-2017 namun laku dicari di awal 2018. Harap dicatat juga bahwa yang dicantumkan kali ini hanya ponsel bergaransi resmi.

1. Xiaomi Mi A1 

Ini adalah pengalaman pemakaian saya sendiri, selain karena menggunakan Android Stock UI favorit saya, daya tahan baterai awet mendukung pengisian ulang cepat (fitur fast charging). 

Xiaomi Mi A1 adalah HP Flagship dengan spesifikasi canggih tapi harga Mid-range, termasuk murah, banyak diburu dan dicari peminatnya (Mi Fans), desain paling tipis dari smartphone mahal Xiaomi lainnya.

Selain itu, ponsel ini menjadi yang pertama bagi Xiaomi dengan OS Stock Android UI murni. Lebih istimewa karena walau dirilis di versi Nougat, HP Mi A1 dipastikan dapat update ke Oreo hingga dijanjikan Android P nantinya.

Sebelumnya juga saya sudah review lengkapnya, Baca: Pengalaman Pakai HP Xiaomi Mi A1.

IDC menyebut, kendati dirilis pertengahan 2017 Mi A1 terus mengalami lonjakan penjualan. Total kenaikan 5% bagi Xiaomi yang telah mengapalkan ponsel ini di awal tahun.

2. Samsung Galaxy J7 Pro 

Kalau Anda sedang cari HP Samsung diharga tiga jutaan inilah Galaxy J7 Pro. Bisa dibilang fitur dan spesifikasinya setara flagship, hampir. Meskipun harganya mid-range / menengah. 

Anda bisa menikmati layar Super AMOLED dengan fitur tambahan lain seperti penghemat kuota data, ditambah gimmick signal max (memperkuat sinyal jaringan HP) dan dual apps messenger

HP ini saya rekomendasikan, selain harga murah untuk smartphone Samsung yang terkenal selalu jual mahal juga laris diburu dan digemari orang.

Selain itu, J7 Pro masuk dalam kategori ponsel Android terlaris dari data GFK yang dikeluarkan awal April kemarin.

3. Motorola Moto G5s Plus 

Meskipun percobaan hanya seminggu pemakaian, namun sejauh saya meminjam HP tersebut dari teman saya untuk di-review cukup memuaskan. Moto G5s Plus adalah saingan dari Xiaomi Mi A1.

Mereka berdua rilis hampir bersamaan di Indonesia, sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 625 mengandalkan fitur dual kamera canggih dan keduanya laris dalam pre-order. 

4. Nokia 6 

Si legenda ponsel yang sempat merajai pasar HP, Nokia kini tengah mengupayakan kembalinya kejayaan mereka. Baru-baru ini HMD Global selaku pengelola merilis tiga ponsel sekaligus. 

Salah satunya adalah Nokia 6, Smartphone paling laris pada masa awal penjualannya di Tiongkok. Sudah didukung 3GB dan 4GB RAM, mungkin sesuai dengan minat Anda apalagi jika Anda adalah penggemar Nokia (Fanboy). 

5. Evercoss Genpro X 

Genpro X bisa dibilang HP yang menghebohkan tahun lalu. Evercoss bekerja sama dengan Qualcomm merilis ponsel dengan fitur 4G, fingerprint, dan kamera bagus tersebut dibanderol seharga 999ribu di Lazada. 

Saking larisnya, penjualan pada pekan pre order pertama langsung ludes dalam hitungan jam. Hingga beberapa oknum seller membanderol harga lebih tinggi karena banyaknya peminat HP Evercoss Genpro X.

GFK selalu memantau perkembangan Smartphone tanah air termasuk produk lokal NKRI. Rupanya, Genpro X jadi salah satu yang laris dibeli.

6. Lenovo K8 Note 

Vendor Lenovo tampaknya ingin bermain di sektor HP terjangkau. Mereka pun merilis K8 Note, ponsel canggih dan laris berspesifikasi mewah yang dibanderol kurang dari 3 juta. 

Lenovo K8 Note dilengkapi chipset terbaru Mediatek X23 dengan prosesor Deca-core 2.3 Ghz, baterai 4000 mAh yang awet dan sudah ada fitur fast charging bisa mengisi ulang batre lebih cepat. 

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update Android Oreo 

7. Xiaomi Redmi 5 Plus 

Xiaomi kembali hadir dengan gebrakannya, lewat varian Redmi 5 Plus. mengusung layar kekinian dengan aspek rasio 18:9 Full View Display dapat membuat Anda makin nyaman ketika menggenggam.

Xiaomi Redmi 5 Plus kekurangan kelebihan.png

Selain itu Redmi 5 Plus sudah dipasangkan dapur pacu yang sama seperti chipset Mi A1 yakni Qualcomm Snapdragon 625, dipadu oleh dua pilihan memori RAM 3GB / 4GB serta ROM Internal Storage 32GB / 64GB yang boleh dibilang sudah jadi standar HP Android dua jutaan saat ini.

HP ini dibanderol seharga berkisar Rp 2,499 juta hingga Rp 2,999 juta. Sayangnya karena langka saat awal rilis dijual menggunakan sistem Flash Sale, membuat ponsel Redmi 5 Plus sulit didapatkan peminatnya.

8. Infinix Hot S3 

Brand asal Taiwan, Infinix ingin mencoba menyaingi digdayanya Xiaomi. Belakangan mereka menjual ponsel baru dengan cara yang dipakai perusahaan asal Beijing tersebut.

Infinix Hot S3 mengadopsi sistem Flash Sale mirip Xiaomi di Lazada. Dan cara mereka pun berhasil, pada hari pertama penjualan langsung sold out kurang lebih 2500 unit hanya dalam waktu sekitar 10 menit.

Smartphone ini dijual kisaran harga Rp 1,9 juta hingga Rp 2,2 jutaan tergantung dari varian RAM dan memori internalnya.

9. Vivo V9 

Akhir Maret 2018 kemarin lebih dari 12 stasiun televisi nasional menyiarkan acara perilisan ponsel Vivo V9 langsung di Candi Borobudur. Dimeriahkan oleh artis papan atas seperti brand-ambassador mereka, Agnez Mo, pembawa acara kondang VJ Daniel, Al Ghazali, Prilly Latuconsina, dan masih banyak lagi.

Faktanya, Vivo V9 yang dibanderol Rp 3,999 juta di awal rilisnya itu telah terjual lebih dari 29 ribu unit hinga artikel ini dibuat. Membuat HP ini jadi salah satu yang paling laris hingga April 2018 menurut data dari dua lembaga survei IDC dan GFK.

Padahal kalau dilihat secara spesifikasi Vivo V9 beda jauh dengan pesaingnya. Tapi ya beli HP bukan cuma mempertimbangkan spek, bisa dari build quality, jaminan service center, desain, dan lain sebagainya.

Satu hal yang menarik desain mereka dianggap meniru Apple iPhone X dengan Notch / Poni di bagian atas layarnya.

10. Redmi Note 5

Sudah nggak heran kalau ponsel Xiaomi Redmi Note 5 series diboyong ke Indonesia. Sebab dalam perilisannya di India dan Tiongkok, HP ini memang cukup laris manis layaknya kacang sukro di warkop.

Xiaomi tidak mau sia-siakan kesempatan. Redmi Note 5 pun hadir dengan mengandalkan baterai jumbo dan mencoba mengusik pesaingnya di spesifikasi yang setara namun dengan harga lebih terjangkau.

Redmi Note 5 vs Samsung S9 vs iPhone X.png

Dalam perilisannya Xiaomi bahkan membandingkan spesifikasi antara dua Smartphone flagship raksasa saat ini yakni Samsung Galaxy S9 dan Apple iPhone X yang dibilang kalah dalam beberapa aspek dari Redmi Note 5.

Di India serta Tiongkok ponsel Redmi Note 5 sudah lebih dulu rilis dan hingga artikel ini terbit, smartphone besutan Xiaomi itu menjadi yang terlaris di negeri Bollywood bersama Samsung Galaxy J7 Pro dan Nokia 3.

➔ Kesimpulan
Seluruh HP Android diatas keluaran tahun 2016-2017 dan 2018 direkomendasikan karena beberapa kami telah menggunakan sendiri sesuai pengalaman serta sejumlah hp lainnya dibantu reviewer dari YouTube yang juga telah mencobanya. 
Itulah 10 HP Android Termurah Paling Banyak Dibeli serta Diminati di kuartal 1 tahun 2018. Jadi keputusan mana smartphone canggih yang akan Anda beli kembali ke tangan Anda karena kami hanya merekomendasikan.