Lagu 'Teacher Teacher' Single ke-52 AKB48 Bernuansa K-Pop

AKB48 baru saja merilis single ke-51 berjudul "Ja-Ba-Ja" pertengahan Maret 2018, dan akhir bulannya langsung mengumumkan susunan senbatsu untuk single ke-52 dengan judul "Teacher Teacher".

Teacher Teacher AKB48 MV

Konsep K-Pop 

AKB48 mulai tertarik pada konsep dan style girlband Korea Selatan dan langsung menerapkannya di lagu Teacher Teacher ini.

Bahkan, sejumlah orang dari tim koreografer salah satu girlband K-Pop yakni GFRIEND bernama Park Jun-Hee menjadi guru tari di single ke-52 AKB48 tersebut.

"Saya mendapatkan tawaran pekerjaan yang bisa menambah pengalaman saya. Di AKB48 pendekatan dilakukan dengan cara berbeda karena mereka memiliki warna dan aura yang beda juga daripada artis Korea yang sudah saya tangani sejauh ini." kata Park Junhee.

GFRIEND juga merupakan girlband yang berada satu naungan label rekaman dengan AKB48 dibawah manajemen KING RECORDS.

Judul lagu "TEACHER TEACHER" terinspirasi dari "T-T" milik TWICE.

Terdapat perbedaan dari sebelumnya. Di single kali ini baik Team A - K - B - dan Team 4 bakal mendapatkan coupling song masing-masing sekaligus merilis MV-nya.

Teacher Teacher AKB48 Performance.png
AKB48 Teacher Teacher Performance @ Jabajatte Nani? Concert
"Pada dasarnya konsep serta lirik lagu Teacher Teacher bercerita tentang murid perempuan yang merayu gurunya di sekolah." kata Yasushi Akimoto sebagaimana dilansir Oricon.

Kejar Setoran

Faktanya, dalam sejarah AKB48 inilah single yang paling dekat jarak waktu pengumuman dan perencanaan rilis dengan single sebelumnya.
Faktor jelang ajang AKB48 Senbatsu Sousenkyo menjadi penyebab kenapa perilisan single begitu singkat jarak waktunya.
Betul, single ke-52 akan jadi awal perjalanan bagaimana pemilihan member tahun ini dilaksanakan.

Bagi fans yang membeli, dalam single Teacher Teacher terdapat tiket untuk vote member kesayangannya masing-masing.

Lagu ini pun sudah tentu akan terjual lebih dari satu juta keping kembali seperti tren positif yang digapai AKB48 dalam beberapa tahun belakangan.

Tumbuh Ace Baru?

Terpilih kembalinya Okabe Rin dan Yui Oguri dalam senbatsu single "Teacher Teacher" memang cukup mengejutkan sebagian penggemar.

YuiYui bahkan digadang-gadang jadi Iconic Member di masa mendatang untuk menggantikan seniornya.

"Ini lagu yang ceria dan kawaii. Para member juga berpikir demikian karena mereka menganggap saya cocok membawakannya. Walaupun dari segi tema lagu ini jauh lebih 'tinggi' dari pada usia saya." kata Oguri Yui.

AKB48 Yui Oguri Watanabe Mayu

Menurut Watanabe Mayu, sosok Yui Oguri paling layak menggantikan dirinya di AKB48. Atau disebut penerusnya Mayuyu.

"Saya tak memiliki sesuatu yang ada dalam diri Mayu-san, dia istimewa. Namun saya akan menyimpan dalam hati apa yang telah saya katakan hari ini. Bahwa saya bakal terus mengejar impian untuk menjadi seorang "Royal Idol" (seperti julukan Watanabe Mayu)." ungkap Yui Oguri.

Hal senada pernah diucapkan Watanabe Mayu tatkala menghadiri acara Fan-Meeting di Shanghai, November 2017 silam.

"Harapan saya, mereka berdua (Mion dan YuiYui) akan memimpin AKB48 tanpa dinodai skandal atau kasus apapun. Saya ingin lihat keduanya tumbuh sebagai idola yang memegang teguh prinsip grup ini." kata Mayuyu.

Debutan lainnya yang baru masuk senbatsu single AKB untuk pertama kali diantaranya;
  1. Fukuoka Seina
  2. Yabuki Nako
  3. Yamauchi Mizuki

Spesial 10 Tahun Sousenkyo

Single ke-52 "Teacher Teacher" jadi jalan buat pemilihan member yang ke-10 bertajuk "AKB48 53rd Single Sekai Senbatsu Sousenkyo [AKB48 53rdシングル 世界選抜総選挙]". Sebagai perayaan satu dekade, ada yang spesial dan berbeda.

Sousenkyo tahun ini akan mengambil 100 nama member berperingkat dari biasanya hanya 80 orang.

Dan uniknya, anggota sister group luar negeri seperti JKT48, BNK48 dan TPE48 dapat mengajukan diri untuk berpartisipasi.

16 anggota terpilih berdasarkan hasil vote tertinggi akan masuk dalam jajaran "World Senbatsu" di single ke-53 yang rencana rilis September nanti.

JKT48 Sekai Senbatsu Sousenkyo AKB48.png

Ada kesempatan besar member JKT48 bersanding dengan senior mereka di Jepang.

Bahkan kalau enam belas orang anggota JKT berhasil menduduki 16 peringkat teratas, itu sudah single original jaminannya. Namun hal itu mustahil terjadi sebab mereka batal berpartisipasi karena liburan Eid Mubarak di Indonesia.

Sementara itu, TPE48 mengirimkan lima anggota. Sedangkan 10 orang member BNK48 telah memutuskan berpartisipasi, berikut detailnya:

5 TPE48 Member di Sousenkyo AKB48 

  1. Chen Shih-ya, 
  2. Chen Shih-yuan, 
  3. Honda Yuzuki, 
  4. Chiu Pin-han, 
  5. dan Sin Tik-kei 
TPE48 on AKB48 Sekai Senbatsu Sousenkyo.png

Kelimanya merupakan anggota formal, bukan trainee. Sedangkan Abe Maria yang notabenenya member asli Jepang ditransfer dari AKB48 memilih tidak berpartisipasi. 

10 Anggota BNK48 di Sekai Sousenkyo AKB48

  1. Mananya Kaoju / Nink (Trainee)
  2. Sawitchaya Kajonrungsilp / Satchan (Team BIII)
  3. Korapat Nilprapa / Kate (Team BIII) 
  4. Praewa Suthamphong / Music (Team BIII)
  5. Cherprang Areekul / Cherprang (Team BIII)
  6. Rina Izuta / Izurina (Team BIII)
  7. Miori Ohkubo / Miori (Team BIII)
  8. Jennis Oprasert / Jennis (Team BIII)
  9. Napaphat Warraphuttanon / Jaa (Team BIII)
BNK48 Members Team BIII Sousenkyo.png


Dua member unggulan yakni Cherprang dan Jennis ikut partisipasi ditambah anggota berstatus Kaigai seperti Izuta Rina. Membuat penggemar BNK48 semakin bingung harus memilih siapa.

Kekuatan Push

Oguri Yui akhirnya terpilih mengisi posisi center single ke-52 Teacher Teacher. Ini menjadi center yang pertama kali baginya.

Tentu, untuk penggemar AKB48 merupakan sebuah kebahagiaan ketika ada anggota asli grup yang memimpin lagu utama. The Leader of Main Single!

Sebab selama ini pengisi center kerap datang dari sister group mereka seperti HKT48, NMB48 atau SKE48.

Susunan Senbatsu Member AKB48 52nd Single "TEACHER TEACHER"

Pertama kali menjadi center Yui Oguri senang sekaligus merasa tertantang.

AKB48 members stage concert.png

AKB48
Fukuoka Seina, Kojima Mako, Kashiwagi Yuki, Kato Rena, Komiyama Haruka, Kubo Satone, Mukaichi Mion, Murayama Yuiri, Okada Nana, Takahashi Juri, Yamauchi Mizuki, Yokoyama Yui.

Team 8
Oguri Yui, Okabe Rin.

SKE48
Matsui Jurina, Obata Yuna, Suda Akari.

NMB48
Shiroma Miru, Yamamoto Ayaka, Yamamoto Sayaka, Yoshida Akari.

HKT48
Matsuoka Hana, Miyawaki Sakura, Sashihara Rino, Yabuki Nako.

NGT48
Nakai Rika, Ogino Yuka.

STU48
Takino Yumiko.

Sayangnya penempatan Okada Nana di baris kedua membuat dirinya merasa tidak nyaman. Dia pun ungkapkan curahan hati di blog.

"Ketika nama saya disebut (saat pengumuman). Hmm.. Apa ya, saya hanya merasa emosi campur frustrasi. Sejujurnya perasaan itu tidak bahagia atau senang." tulis Naachan.

"Para member (STU48) mengucapkan selamat pada saya. Tentu saja, saya bersyukur. Selalu berterima kasih atas apa yang saja capai."

"Tapi lebih dari itu, saya terjebak dalam rasa tidak bahagia. Saya tidak bisa menunjukkan perasaan ini pada orang banyak. Jadi saya tetap beraktivitas seakan tidak terjadi apapun."

"Saya merasakan frustrasi dan hampa. Mengisi barisan kedua setelah sebelumnya jadi center. Paham, bahwa mustahil bagi saya bisa mendapatkan posisi center dua kali berturut-turut."

"Namun selalu terpikirkan untuk mendapatkan hal itu. Saya merasa serakah. Tapi saya selalu berusaha maksimal demi hasil terbaik."

Pernyataan Nana Okada sempat membuat kaget penggemarnya. Mereka tidak menyangka Naachan akan mengeluarkan kalimat-kalimat tersebut, dirasa terlalu over-ambition.

Walau demikian, single ke-52 AKB48 berjudul Teacher Teacher baru akan dirilis akhir Mei 2018 sekaligus berjalannya voting Sousenkyo.