Apa Itu Google One dan Cara Dapat Akun Unlimited Gratis

Apa Itu Google One dan Bagaimana Cara Mendapatkan Akun Unlimited Cloud Storage Secara Gratis? 

Google One adalah layanan berupa wadah penyimpanan berkas dokumen atau file yang dikembangkan Google dalam dua versi berbayar dan gratis tergantung dari kapasitasnya demi memudahkan pengguna mengakses data serta berkas.

Google One Logo 3D Vector Unlimited

Awalnya Google One bernama Drive. Dapat diakses melalui perangkat Smartphone dalam bentuk aplikasi atau komputer melalui situs web.

Selain untuk menyimpan berkas dan data, Google One juga terintegrasi langsung pada layanan Google lainnya seperti Gmail, Docs, dan lainnya.
Fungsi dari Google One tidak jauh berbeda sebagaimana penjelasan yang diberikan oleh raksasa teknologi asal California itu. 
Anda dapat menyimpan berkas dokumen, file, foto, video, dan lainnya serta bisa diakses dengan mudah lewat HP atau komputer / laptop tanpa harus repot simpan ke USB terutama untuk presentasi.

Kuota 15GB gratis tetap dapat dinikmati pengguna. Dengan tambahan mengakses ke para ekspert Google, perusahaan juga menjanjikan benefit lain.

Direktur Google One, Larissa Fontaine mengatakan ketika memilih berlangganan maka pengguna berhak dapat voucher diskon hotel yang Anda temukan di Google Search.

Meski disebut pengganti layanan Drive, Google One juga disinkronisasi ke layanan web-browser. Jadi lebih memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian (Searching).

Perbedaan Google Drive dan Google One 

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan signifikan antara Google Drive dan Google One. Fungsinya jelas sama sebagai penyimpanan berkas, harganya malah turun yang sekarang.

Hanya saja di Google One kini terdapat fitur layanan bantuan (Customer Service) terhubung langsung ke para ekspert yang siap membantu 24/7.

Adanya fitur "Family Members" yang dapat menambahkan lima pengguna lain memungkinkan masing-masing user memiliki memori penyimpanan sendiri.

Harga Berlangganan Google One 

Tidak terdapat perubahan signifikan ketika masih bernama Google Drive. Harga sewa bahkan cenderung turun namun versi awal dengan gratisnya mendapatkan kuota 15GB Free.

Berikut harga langganan Google One per bulan:
  • 100 GB = $2 per Bulan 
  • 200 GB = $3 - Baru 
  • 2 TB = $10 - Harga awal $19,99 
  • 10 TB = $100 
  • 20 TB = $200 
  • 30 TB = $300
Google One Harga Kuota Kapasitas

Untuk kapasitas 1TB diganti dan dinaikkan ke 2TB namun harga turun dari $20 ke $9,99. Dan kini Anda dapat membagikan storage ke lima akun berbeda yang termasuk dalam kategori "Family Members".

Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sedangkan aplikasi Google One bakal tersedia dalam waktu dekat melalui Play Store untuk Android.

100GB pun sekarang nampaknya bisa buat simpan beberapa video beresolusi 4K. Tapi ada fitur baru yang ditawarkan: Satu ketukan untuk mengakses Google Expert, yang merupakan layanan bantuan untuk segala produk Google.

Khusus bagi yang berlangganan dengan kapasitas storage berapapun akan mendapatkan layanan bantuan (CS) dari para ekspert yang tersedia selama 24 jam non-stop melalui Email, Telepon, dan Chat. Anda dapat komplain atau meminta panduan terkait Google One

Namun sayangnya fitur Customer Service yang disebutkan tadi untuk Amerika Serikat. Google pun belum merilis pernyataan apakah negara lain mendapatkan prioritas yang sama dengan misi "Melayani pengguna dengan layanan bantuan praktis lebih cepat dan kapan pun."

Kalau memang fitur bantuan itu diekspansi akan jadi satu hal menarik. Walau sebelumnya Google telah menawarkan layanan CS 24 jam aktif untuk pengguna premium G-Suite.

Soal kecepatan server, keamanan, dan mudahnya pengaturan Google One tidak beda dengan Drive.

Cara Mendapatkan Akun Google One Unlimited Storage

Hampir mirip Drive, kini Anda dapat mengatur Google One untuk dijadikan media penyimpanan file berupa video atau foto dengan unlimited secara gratis.

Harga berlangganan yang terbilang mahal buat sebagian orang memilih cara alternatif untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis tidak terbatas (unlimited storage).

Ikuti tutorial cara mendapatkan unlimited Google One gratis:
  1. Masuk ke akun Google Photos
  2. Pilih menu pada tombol garis horizontal di pojok kiri atas
  3. Pilih Pengaturan / Settings
  4. Selanjutnya akan dialihkan ke halaman baru, pilih "High Quality (Free Unlimited Storage)" dan diamkan karena otomatis langsung tersimpan pengaturannya.
Google-One-Unlimited-Storage

Kalau mau membuat folder untuk media foto dan video sebagai tempat penyimpanan terpisah supaya tidak menumpuk.

Selamat! Kini Anda telah memiliki akun Google One unlimited untuk menyimpan foto dan video atau file lainnya.

Itulah penjelasan singkat tentang Apa Itu Google One serta beberapa tips mendapatkan Akun Unlimited Cloud Storage secara gratis dengan mudah.