Kamus AKB48 Group Lengkap Istilah Beserta Artinya Terbaru

Ada ratusan istilah dan kosa kata bak kamus di dalam dunia idol group AKB48 dan ini berlaku juga digunakan oleh JKT48. Baik untuk member maupun penggemarnya bisa dipakai dalam sehari-hari entah buat diskusi atau menyebutnya ketika event.

AKB48 Theater Building Gedung Stage.png

Kami akan membagikannya dalam beberapa kategori seperti Theater, Konser, Member, Fans, Sousenkyo, Lagu, Staf, Event, Produser, Manajer AKB48 Group.

Catatan: Halaman ini dapat diperbarui sewaktu-waktu.

Berikut Istilah dan Kosa Kata Dalam Idol Group AKB48 dan Artinya

A. Theater :

Overture = Irama sebagai pembuka lagu di setiap penampilan.

Kageana (影アナ) = Sambutan berupa salam dari member di belakang panggung menggunakan mikrofon dan sound system yang menandakan akan dimulainya suatu penampilan teater atau konser.

Shime-ana (締めアナ) = Sambutan dari member di belakang panggung yang menandakan telah berakhirnya suatu penampilan konser atau theater.

Encore = Permintaan dari penggemar agar para member kembali ke panggung untuk menampilkan pertunjukan tambahan saat akhir sebuah penampilan. Encore biasanya berbeda-beda dalam setiap theater atau konser.

Shonichi (初日) = Pertunjukan hari pertama, berlaku untuk konser atau sebuah setlist theater.

Senshuuraku (千秋楽) = Pertunjukan hari terakhir sebuah setlist teater.

Setlist = Kumpulan daftar lagu yang dibawakan / dinyanyikan dalam suatu penampilan di theater maupun konser.

Unit song = Artinya sebuah lagu yang dibawakan berisi antara 1-6 member di pertunjukan theater.

Shuffle unit = Pergantian unit song di theater.

Seitansai (生誕祭) = Penjelasan untuk sebuah pertunjukan khusus merayakan ulangtahun seorang member di theater.

Sotsugyou kouen (卒業公演) = Pengertian penampilan terakhir member di theater.

Gekijou saishuu kouen (劇場最終公演) = Istilah yang pakai grup SKE48 buat menyebut penampilan terakhir anggotanya di theater.

Shutcho kouen (出張公演 / Business trip performance) = Penampilan theater suatu tim yang dilaksanakan di theater sister group lainnya.

Super Enpou = Sebuah sistem pesan tiket untuk menonton pertunjukan teater AKB48 bagi fans dari luar Jepang.

STU48 Theater Performance Members.png

Fukuoka kengai no kata gentei (福岡県外の方限定) = Pertunjukan teater khusus bagi fans yang tinggal di luar Prefektur Fukuoka.

Enpou no okyakusama kangei (遠方のお客様歓迎) = Penampilan untuk penggemar yang tinggalnya berada jauh dari Osaka.

Gatsu-do okyakusama seitansai (月度お客様生誕祭) = Istilah yang dipakai oleh AKB48 untuk menyebut perayaan ulang tahun fans yang lahir di bulan tertentu.

Okyakusama seitan gatsu (お客様生誕月) = Istilah yang dipakai SKE48 dalam menyebutkan perayaan ulangtahun untuk fans yang lahir di bulan tertentu.

Gatsu umare no okyakusama kangei (月生まれのお客様歓迎) = isilah yang digunakan NMB48 dalam menyebutkan perayaan ulangtahun bagi fans yang lahir di bulan tertentu.

Josei gentei (女性限定) = Penampilan atau pertunjukan teater untuk fans perempuan.

Shuunen tokubetsu kinen kouen (周年特別記念公演 / Anniversary special memorial performance) = Pertunjukan sebuah grup di theater dalam rangka menyambut perayaan ulang tahun mereka yang dilakukan tepat saat ulangtahun grup tersebut.

Shuunen zenyasai tokubetsu kouen (周年前夜祭特別公演 / Anniversary Eve special performance) = Penampilan sebuah grup di theater dalam rangka menyambut perayaan ulangtahun mereka yang dilakukan sehari sebelum ulangtahun.

Message Video = Pesan spesial dalam bentuk media video dari member lain ataupun mantan anggota grup untuk member yang sedang melakukan penampilan terakhir di theater / merayakan ulangtahun di theater.

Voice Message = Pesan dalam bentuk suara dari anggota lain ataupun eks member untuk seorang member yang sedang melakukan penampilan terakhir di theater / merayakan ulangtahun di theater. Hal ini sangat jarang terjadi.

B. Lagu 

Single (シングル) = Lagu Utama dan bisa terdiri beberapa lagu yang terdiri dari beberapa type. Dalam satu tipe, menurut track-record AKB48 Group terdiri dari 6 lagu (termasuk karaoke / off vocal).

Album (アルバム) = Kumpulan lagu dari beberapa single ditambah sejumlah lagu yang baru. Biasanya terdiri dari 3-4 Type (tidak termasuk Type Theater dan Reguler). Di album kerap tidak ada off vocal / instrumental.

Graduation Single (卒業シングル) = Single yang dirilis dalam rangka kelulusan member yang dianggap populer. Contohnya single ke-49 11-gatsu no Anklet untuk Watanabe Mayu.

Mayu Watanabe AKB48 Graduation Performance.png

Graduation Song (卒業ソング) = Sebuah lagu yang ada di dalam single atau album serta dinyanyikan oleh member yang telah menyatakan kelulusannya (ada yang menyanyikannya dengan beberapa anggota lain telah dipilih oleh yang bersangkutan, atau dinyanyikan secara solo).

Solo single (ソロシングル) = Single yang perilisannya didedikasikan oleh satu orang member. Hal ini jarang terjadi sebab hanya sejumlah anggota populer yang mendapatkannya.

Solo song (ソロ曲) = Lagu solo, yang dinyanyikan oleh seorang member dalam teater maupun konser.

Composer = Pihak yang bertanggung jawab atas komposisi sebuah musik dalam lagu.

Arranger = Orang yang mengubah aransemen sebuah lagu dengan lebih segar dan baru.

Koreografer = Pihak pelatih atau guru menari untuk para member.

Chant Mix = Bentuk sorakan khas idol grup dibagian bagian tertentu pada lagu. Yang umum ... Kawaii!
  1. Yossha ikuzo~! Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, jya jya!!
  2. Tora, He, Jinzou, Sen-ii, Ama, Shindou ~, kasen tobijokyo!!
  3. Chape, Ape, Kara, Kina, Rara, Tosuke, Myouhuntosuke!
Di lagu Team 8 =

Iitai koto ga arundayo
Yappari (tuliskan nama oshimen) ga kawaii yo
Sukisuki daisuki yappari suki
Yatto mitsuketa ohimesama (overlap with Aaaa! Fufufu!)

Uryaoiuryaoiuryaoiuryaoi
Aaaa! Jyaa Jyaa!
Tiger! Fire! Cyber! Fiber! Diver! Viber! Jya Jya!
Faibowiper!

Di akhir lagu:

Iitai koto ga arundayo
Yappari (tuliskan nama oshimen) ga kawaiiyo
Sukisuki daisuki yappari suki
Yatto mitsuketa ohimesama

Ore ga umaretekita riyuu
Sore wa (tuliskan nama oshimen) ni deautame
Ore to isshoni jinsei ayumou
Sekaide ichiban aishiteru
AISHITERU! (at the top of your lungs)

Di lagu Kaiyuugyo no Capacity (reff bagian pertama) = KYAPA... KYAPA... KYAPA... KYAPASHTI!

Di lagu Sougen no Kiseki (sebelum reff pertama dan kedua, serta bait pertama setelah Interlude) = Team K... Team K... Team K...

C. Pemilihan Umum (Senbatsu Sousenkyo) :

Senbatsu Sousenkyo (選抜総選挙) = Pemilihan umum member tahunan yang diadakan untuk mengetahui siapa saja member yang paling banyak menjadi pilihan fans berdasarkan voting.

16 orang dengan hasil vote tertinggi berhak masuk senbatsu membawakan single berikutnya. Event ini diadakan sejak tahun 2009.

Posters AKB48 Senbatsu Sousenkyo.png

Senbatsu Member (選抜メンバー) = Member yang terpilih untuk membawakan lagu utama di sebuah single, berlaku juga berdasarkan hasil sousenkyo. Pada awalnya, jumlah member yang terpilih sebanyak 21 member. Sejak tahun 2012, jumlahnya dirampingkan terpilih hanya 16 orang.

Undergirls (アンダーガールズ) = Member yang terpilih untuk membawakan lagu coupling utama dari sebuah single. Tahun 2009 berjumlah 9 member. Tahun 2010-2011 sebanyak 19 anggota. Sejak tahun 2012, jumlah member undergirls ditambah menjadi 16 member.

Next Girls (ネクストガールズ) = Sebutan untuk para member yang menempati posisi ke-33 sampai 48 dalam sousenkyo. Mereka terpilih untuk membawakan lagu coupling kedua. Posisi Next Girls sudah ada pertama kali sejak tahun 2012.

Future Girls (フューチガールズ) = Member yang menempati posisi ke-49 sampai 64 di SSK. Mereka terpilih untuk membawakan lagu coupling ketiga. Posisi Future Girls juga mulai ada di tahun 2012.

Upcoming Girls (アップカミングガールズ) = Member yang menempati posisi ke-65 sampai 80. Mereka terpilih untuk membawakan lagu coupling keempat. Posisi Upcoming Girls baru dibentuk pada 2014.

Out of Service Area (圏外 / kengai) = Sebutan member yang tidak mendapatkan rank di AKB48 Senbatsu Sousenkyo, kadang juga disebut Not Ranked.

Non-participation (不参加 / kyuujitai) = Istilah buat member yang tidak mengikuti Senbatsu Sousenkyo.

Before Joining (加入前 / Kanyuu mae) = Belum menjadi member saat periode sousenkyo berlangsung.

Waiting Girls = Member yang tidak mendapatkan ranking sama sekali khusus saat sousenkyo tahun 2012. Mereka membawakan lagu "Ano Hi no Fuurin".

D. Event / Acara

Akushukai (握手会) = Event jabat tangan. Biasanya, event jabat tangan hanya bisa melakukannya selama kurang lebih 10 detik saja per lembar tiket handshake.

Khusus handshake AKB48, sekarang ada variasi dalam event jabat tangan, yaitu:
  1. 1S douga-kai (1S動画会/ Artinya merekam video member dengan topik obrolan yang kita bicarakan sedari awal), 
  2. 2S shashin-kai (2S写真会/ 2-shot photo dengan member), 
  3. Photo Signing (生写真サイン会/ foto khusus yang ditandatangani member), 
  4. Sekku Trump Sign-kai (節句トランプサイン会/ trump card yang ditandatangani), 
  5. dan Go Raijo Nintei Card (ご来場認定カード/ kartu sertifikasi kunjungan yang bertanda tangan). 
Hal ini bisa didapatkan jika kita memenangkan lottery yang disediakan saat event berlangsung. Jika tidak memenangkan lottery, kita hanya dapat handshake seperti biasa.

Shamekai (写メ会) = Event 2-shot. Event ini biasanya diadakan saat sebuah grup merilis album terbaru.

AKB48 Group Request Hour Set List Best (AKB48 グループ リクエストアワー セットリストベスト) = Sebuah ajang besar yang diadakan untuk memilih lagu-lagu favorit di AKB48 Group diantara ribuan lagu yang telah tersedia sebelum periode vote Request Hour.

AKB48 Tandoku Request Hour Setlist Best 100 2016 (AKB48 単独リクエストアワー セットリストベスト100 2016) = Event yang diadakan untuk memilih lagu-lagu favorit di single dan album AKB48 dengan total maksimal 100 peringkat.

AKB48 Kouhaku Taikou Uta Gassen (AKB48紅白対抗歌合戦) = Event kompetisi tahunan yang membagi member AKB48 dan sister group-nya menjadi 2 tim yakni Akagumi (Tim Merah) dan Shirogumi (Tim Putih).

Tim yang menang ditentukan oleh hasil voting dewan juri dan fans yang menonton langsung ataupun di bioskop.

AKB48 Group Team Taiko Dai Undokai (AKB48グループ チーム対抗大運動会) = Event yang diadakan dalam rangka melihat kemampuan setiap tim di AKB48 Group dan sister grupnya dalam bidang olahraga.

AKB48 Team Taiko Dai Undokai (AKB48 チーム対抗大運動会) = Event yang diadakan dalam rangka melihat kemampuan setiap tim di AKB48 dalam bidang olahraga.

AKB48 Group Center Exam (AKB48グループ センター試験2018 / AKB48 guruou senta shiken 2018) = Event tes semacam ujian yang diadakan pada tanggal 10 Maret 2018 untuk melihat seberapa besar kecintaan member terhadap AKB48 Group.

AKB48 Center Shiken.png

16 member dengan nilai tertinggi akan mendapatkan lagu khusus. Selengkapnya dan tentang hasil tahun 2018 baca: Penjelasan Apa Itu AKB48 Group Center Exam.

Janken Taikai (じゃんけん大会) = Event untuk memilih member senbatsu secara acak melalui kompetisi suit jepang (gunting-batu-kertas) yang diikuti oleh semua team di AKB48, serta beberapa member pilihan dari grup lain dan dari kenkyuusei setiap grup.
JKT48 juga memiliki event janken tersendiri yang diadakan sejak Agustus 2016.
Draft Kaigi (ドラフト会議) = Event untuk memilih member AKB48 Group yang awalnya melalui tahap audisi. Selanjutnya, member yang lolos tahap audisi akan dipilih oleh perwakilan masing-masing team (dilakukan tahun 2013 & 2015) ataupun oleh fans (dilakukan tahun 2018).

Tahun 2013 & 2015, jika pilihan dari perwakilan team ada yang sama, akan dilakukan lottery untuk menentukan team mana yang akan dimasuki.

Tahun 2018, jika seorang member terpilih menjadi vote tertinggi di lebih dari satu team (misalnya Yahagi Moeka mendapat vote tertinggi di Team K, Team B, dan Team 4), akan dilakukan lottery yang diambil oleh perwakilan team tersebut untuk menentukan team mana yang akan dimasuki.

Renacchi Sousenkyo (れなっち総選挙) = Pemilihan umum tahunan informal yang awalnya diusulkan oleh fans Kato Rena (anggota AKB48) agar Renacchi membuat sousenkyo sendiri dengan memilih 16 member favoritnya.

Tahun pertama (2015), Kato Rena langsung memilih 16 anggota favoritnya. 16 member terpilih dibuatkan lagu coupling.

Tahun kedua (2016), member yang ingin mengikuti Renacchi Sousenkyo harus mendaftarkan diri dengan berfoto twintail bersama Kato Rena.

Tahun ketiga (yang dimulai pada bulan November 2017), member yang ingin mengikuti Renacchi Sousenkyo harus mendaftarkan diri melalui manajer setiap grup.

Baca: Kontroversi Renacchi Sousenkyo.

Setelah resmi jadi  kandidat, para partisipan yang terpilih harus melakukan siaran di live streaming SHOWROOM untuk dinilai akting mereka dengan melafalkan beberapa dialog yang diperintahkan.

Gekidan Renacchi (劇団れなっち) = Nama lain dari Renacchi Senbatsu Sousenkyo di tahun ketiga (yang dimulai pada bulan November 2017).

Kato Rena memiliki ide yang berbeda dari sebelumnya, yaitu memilih sebanyak 32 member untuk bermain dalam sebuah drama panggung "Romeo & Juliet" pada bulan Mei 2018 (tanggal akan diumumkan kemudian).

Mereka akan diwajibkan memerankan drama panggung secara bergantian (double cast).

Pennant Race (ペナントレース) = Kompetisi berlaku bagi antar team di AKB48 Group selama beberapa bulan. Ini dilakukan dengan menilai jumlah penampilan theater, jumlah member tiap tim yang mendapat rank SSK, dan beberapa faktor lainnya.

Kompetisi ini telah diberhentikan pada September 2014 karena ada ketidakadilan terhadap penilaian (terutama mengenai jumlah penampilan tiap tim yang sangat berbeda) dan peraturan yang rumit yang tidak dimengerti oleh fans.

E. Fans / Penggemar 

Otaku (オタク) = Penggemar berat kultur Jepang, seperti anime, figur, game, cosplay, J-Pop, dll.

Wota Lightstick Tokyo Dome Concert.png

Wota = Sebutan untuk fans-fans yang memiliki dedikasi tinggi untuk idola mereka.

Wotagei = Sorakan atau gerakan tari khas khusus yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser-konser idol group asal Jepang.

Oshimen (推しメン) = Beberapa member yang diidolakan

Oshihen (推し変) = Mengganti idola dari member yang satu ke member yang lain. Jika ini dilakukan oleh fans, biasanya dianggap sebagai sebuah hinaan bagi member yang sebelumnya.

Oshi-add = Menambah idola yang didukung

Tan-oshi (単推し) = Hanya mengidolakan satu member

Minna Daisuki (みんな大好き) = Menyukai semua member. Biasanya diterapkan untuk fans dengan satu oshimen.

Daremo Daisuki (誰も大好き) = Menyukai semua member. Biasanya diterapkan untuk fans dengan oshimen lebih dari satu.

Hako-oshi (箱押し) = Menyukai suatu grup secara keseluruhan.

Oshimeshi = Menggunakan tiket handshake yang dipunya untuk mengunjungi lane handshake member lain.

Misalnya, kita memiliki tiket handshake Hidaritomo Ayaka dan ingin mengunjungi lane handshake Nozawa Rena, kita dapat menggunakan tiket handshake 'Ayaka Hidaritomo' yang dipunya untuk mengunjungi lane HS Rena Nozawa. Hal ini baru dilakukan di event handshake AKB48.

Ouen (応援) = Mendukung seorang member. Biasanya ada kumpulan fans semacam komunitas khusus dalam berbagai sosial media atau forum online di internet yang mendukung suatu member.

F. Member / Anggota

Senbatsu (選抜) = Member terpilih untuk membawakan sebuah lagu.

Under = Istilah yang digunakan untuk member yang menggantikan member lain saat tidak bisa perform di theater.

Kenkyuusei (研究生) = Member yang belum dipromosikan ke team. Mereka harus berusaha keras agar bisa dipromosikan ke team inti.

Overseas (海外 / kaigai) = Luar Negeri. Bisa berlaku untuk member dari AKB48 yang dipindahkan ke grup di luar Jepang (misalnya Nakagawa Haruka & Chikano Rina ke JKT48, Izuta Rina ke BNK48, Abe Maria ke TPE48).

TPE48 Abe Maria Gravure.png

Bisa juga untuk menyebutkan sister group AKB48 di luar negeri seperti MNL48, JKT48, MUM48, dan BNK48.

Jikoshoukai (自己紹介) = Ucapan perkenalan diri member.

Hiatus (休養 / kyuuyo) = Member yang dinyatakan istirahat sementara dari aktivitasnya di grup dan akan kembali beberapa waktu kemudian.

Graduated (卒業 / sotsugyou) = Lulusnya seorang member secara resmi dari suatu grup demi menggapai impiannya setelah resmi lulus.

Decline Activities / Resign (辞退 / jitai) = Tidak melanjutkan aktivitas di suatu grup atau Mengundurkan Diri.

End of activity (活動終了 / katsudo shuuryo) = akhir dari aktivitas member di suatu grup.

Captain (キャプテン) = Pemimpin dalam setiap tim dan grup.

Leader (リーダー) = Istilah yang digunakan dalam menyebutkan pemimpin dalam setiap tim.

Co-captain (副キャプテン / fuku kyaputen) = Wakil pemimpin dalam setiap tim dan grup.

Co-Leader (副リーダー / fuku riidaa) = Istilah yang digunakan SKE48 dalam menyebutkan wakil pemimpin dalam setiap tim.

JKT48 Academy = Sebuah sistem pendidikan berklasifikasi dan tempat member menimba ilmu tentang etika jadi seorang idol yang baik. Selain itu bisa jadi wadah meningkatkan skil menyanyi, menari dan berperilaku layaknya public figure serta terbagi dalam dua kasta Kelas A dan B.

Dibilang sebagai pengganti Trainee / Kenkyuusei dan audisi penerimaan anggota baru diadakan 2 kali dalam setahun. Sedangkan penentuan nasib naik-turun kelasnya member dilakukan setiap gelaran handshake event. Lebih lengkap tentang hal ini bisa cek ➜ Konsep yang Diusung Akademi JKT48.

G. Konser / Concert

Sotsugyou Concert (卒業コンサート) = Konser kelulusan member. Hanya beberapa member populer yang mendapatkan konser kelulusan.

Tandoku Concert (単独コンサート) = Konser suatu grup/tim tanpa ada member dari grup/tim lain.

Solo Concert (ソロコンサート) = Konser yang dilakukan oleh satu member. Hanya beberapa member yang dianggap populer atau member yang sedang dipush yang mendapatkannya.

Biasanya mereka mengundang member lain atau bintang tamu dari luar untuk membantu mereka dalam tampil.

VTR = Cuplikan atau sekumpulan video yang biasanya berisi tentang pengumuman penting ataupun kisah perjalanan member selama berada di grup.

H. Produser, Manajer dan Staf

Akimoto Yasushi (秋元康) = Seorang penulis lirik dan produser untuk beberapa idol group, yaitu AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, NGT48, STU48, JKT48, TPE48, MNL48, BNK48, SDN48, Nogizaka46, Keyakizaka46, Checkicco, dan Onyanko Club.

Kayano Shinobu (茅野しのぶ) = GM Pengelola bagian kostum AKB48 Group yang pernah menjabat sebagai General Manager (総支配人 / soushihainin) dan AKB48 Theater Manager.

AKB48 Staff AKS Official.png

Togasaki Tomonobu (戸賀崎智信) = Ketua manager marketing AKB48 Group yang pernah menjabat sebagai AKB48 Theater Manager.

Hosoi Takahiro (細井孝宏) = AKB48 Theater Manager saat ini yang pernah menjabat sebagai kepala bagian operasional AKS.

Yuasa Hiroshi (湯浅洋) = SKE48 Theater Manager yang juga pernah menjabat sebagai manajer teater AKB48.

Kaneko Takeshi (金子剛) = NMB48 Theater Manager sejak NMB48 dibentuk. Ia juga staf dari Yoshimoto Agency.

Ozaki Atsushi (尾崎充) = HKT48 Theater Manager saat ini (dia berbagi jabatannya bersama dengan Sashihara Rino) per Februari 2018.

Kitagawa Kenji (北川謙二) = Sebutan bagi sekumpulan staf yang bekerja di bagian visual video untuk AKB48 Group. Lagu NMB48 "Kitagawa Kenji" terinspirasi dari mereka.

Yokoyama Yui (横山由依) = AKB48 Group General Manager (総監督 / Soukantoku) hingga saat ini, per Februari 2018.

Itulah Kamus Lengkap AKB48 Group Istilah Beserta Artinya, ratusan kosa kata yang bisa dipakai di kalangan fans JKT48 juga. Dan bukan tidak mungkin ke depannya akan terus bertambah.