Masalah Pada HP Samsung Galaxy J4 dan Cara Mengatasinya

Beberapa masalah muncul dan dialami pengguna HP Samsung Galaxy J4 (2018), bagaimana cara mengatasi error, nge-hang, baterai cepat panas, rusak charger (tidak aktif saat cas), berhenti mentok hanya muncul di logo Samsung?

Dibalik kelebihan ponsel Samsung termasuk Galaxy J4 dengan build quality yang seperti biasa, bagus, namun beberapa kekurangan tetap ada, dan kebanyakan kurangnya itu merupakan kerusakan malfungsi yang diakibatkan oleh pengguna.

Samsung Galaxy J4 Indonesia Rusak Error.png

Dari banyaknya keluhan dan permasalahan yang sudah dialami oleh pengguna Samsung Galaxy J4, mari kita ulas dan coba cari solusi untuk memperbaiki smartphone ini.

Rekan saya sendiri beli HP Samsung Galaxy J4 ini di Tokopedia untuk keperluan review, dan harganya bisa didapat lebih murah untuk spesifikasi di kelasnya, mungkin Anda bisa dapat harga lebih terjangkau di Shopee, Lazada, OLX, Elevenia, JD ID, Laku6, Akulaku atau Bukalapak.

Mungkin setiap pengguna berbeda-beda, dan yang bakal diulas disini kebanyakan sudah dirasakan dan dialamu oleh pengguna lain di grup atau forum diskusi.

Sejumlah permasalahan yang kami maksud antara lain:
  1. Layar Sering Blank 
  2. Baterai Panas Tak Wajar 
  3. Chargeran Tak Bekerja Semestinya 
  4. Kamera Lagging 
  5. Aplikasi Force Close (Berhenti Paksa) 
  6. Insufficient Space (Internal Storage) 
  7. Tidak bisa 4G kadang sinyal error 
  8. Tombol Power dan Volume Rusak 
Baca juga: 

Cara Mengatasi Masalah Kerusakan di HP Samsung Galaxy J4 

1. Layar Blank (Nge-Hang) 

Masalah HP Samsung Galaxy J4 yang layarnya tidak mau digerakkan atau blank, tak responsif (biasa disebut Hang / Ngehang) itu ada beberapa faktor penyebab terjadinya kerusakan.

Faktor itu bisa karena membuka aplikasi terlalu banyak dalam waktu singkat secara bersamaan, atau terdapat iklan mengganggu hardware dari aplikasi yang terinstall (biasanya hasil install lewat browser bukan Google Play Store) yang menguras kinerja HP Galaxy J4.

Hal ini juga sebenarnya dialami oleh pengguna Galaxy J3 Neo, J6 serta J8 dan J2 Pro 2018 entah kenapa seri J dari Samsung memang rentan terhadap error seperti ini.
Solusi Memperbaiki: Ada beberapa cara mengatasinya, karena memang belum pasti penyebabnya silakan dicoba satu persatu. 
Pertama, cari aplikasi yang diinstall dari luar Play Store, amati apakah ada iklan dari sana atau cek memori RAM berapa aplikasi itu memakan kinerja hardware memory.

Kalau memang diperlukan, hapus terlebih dahulu (untuk sementara waktu) aplikasi tersebut kemudian reboot / restart ponsel Samsung Galaxy J4 Anda, apakah masalah yang sama masih dialami? Jika tidak, selamat!

Jangan lupa untuk menghapus Data Cache secara rutin, Cache itu tidak akan menghilangkan data penting seperti percakapan chatting atau foto-foto, cuma buang 'sampahnya' saja dan mayoritas berasal dari Thumbnail gambar. Lakukan setidaknya sekali seminggu.

2. Baterai HP Cepat Panas 

Banyak dugaan bahwa panasnya baterai di HP Samsung Galaxy J4 disebabkan oleh Chipset atau Prosesor bawaan, karena CPU itu dinilai menguras performa ponsel lebih banyak ketika dipakai akibat minimnya efisiensi, namun itu belum tentu benar.

Chipset bukan satu-satunya penyebab, ada faktor lain seperti sistem tidak stabil pada prosesor sampai penggunaan aplikasi berlebihan.

Harap maklum sebab kapasitas memori RAM 2GB tak mampu menampung kinerja banyak aplikasi khususnya yang setiap kali refresh di background seperti WhatsApp, Line, BBM, WeChat dan Telegram.

3. Chargeran Rusak 

Baterai tidak terisi, atau ketika lagi ngecas (charging) tak aktif. Ini patut diwaspadai untuk Anda yang tidak atau belum mengalaminya, sebab kabel pada ujung dekat micro USB rentan rusak.

Inilah yang diduga jadi penyebab tidak terisinya daya baterai, saat dicoba menggunakan charger dari Xiaomi berjalan dan mengisi dengan lancar.

Rekomendasi: Gunakan aplikasi Ampere yang ada di Google Play Store, Anda bisa install dan dapatkan secara gratis.

Aplikasi Ampere Cara Menggunakan.png

Fungsi aplikasi Ampere sendiri untuk mengetahui lebih detil tentang baterai pada smartphone Anda, mulai dari kapasitas asli, kondisi ketika charging, tingginya suhu, tersambung atau tidaknya kabel USB ponsel saat pengisian daya dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalau Anda pakai powerbank, maka aplikasi bisa mendeteksi apakah sesuai dengan smartphone Anda atau tidak. Karena apabila ponsel Anda mendukung fitur Fast Charging namun Powerbank-nya tidak, itu kurang bagus untuk HP.

Ampere juga bagus untuk mengantisipasi terjadinya overheat pada HP Android ketika baterai sebuah ponsel mengalami panas berlebih.

Untuk mengetahui apakah chargeran cocok dengan ponsel dan dalam kondisi normal (tidak rusak) silakan ikuti cara berikut di aplikasi Ampere (Update! Tampilan versi terbaru berbeda) :
  • Langkah 1 : Buka aplikasi Ampere.
  • Langkah 2 : Ketuk pada 'Info Lengkap' dibawah tulisan angka kapasitas baterai (HP harus dalam keadaan tersambung ke charger).

4. Kamera Bawaan Lag 

Ada satu momen dimana saat ingin mencoba buka kamera mengambil gambar demi melihat hasil foto Samsung Galaxy J4, namun tiba-tiba crash (mental, tertutup dengan sendirinya otomatis).

Bahkan ketika bisa dibuka pun kamera mengalami Lag, hasil dari pencarian jauh ke forum diskusi berikut cara mengatasinya.

Cara Memperbaikinya: Disini kita gunakan metode Opsi Pengembang (Developers Option), sudah tahu caranya?

Kalau belum silakan buka Pengaturan / Setting > Tentang Ponsel / About Phone > Informasi Perangkat Lunak > Tap beberapa kali pada Nomor Pembuatan hingga ada notifikasi 'Anda Kini Jadi Pengembang'.

Langkah selanjutnya kembali ke Homescreen, buka lagi Pengaturan > Opsi Pengembang > Pengoptimalan Memori > pilih Nonaktif. Lalu restart HP Samsung Galaxy J4.

5. Force Close Apps 

Pernah mendapatkan notifikasi seperti berikut? "Sayangnya Aplikasi blablabla Telah Berhenti" pada ponsel Samsung Galaxy J4. Mirip yang terjadi di Oppo A83 dan HP Xiaomi Redmi 5A.

Error seperti itu biasanya disebabkan aplikasi tidak kompitabel dengan perangkat Anda, dan rata-rata juga karena apps hasil install dari luar Google Play Store.

Solusi: Anda bisa coba hapus data aplikasi yang bermasalah, atau 'Paksa Berhenti' lalu gunakan lagi, sebelumnya restart dulu.
Kerusakan sejenis berupa pemberitahuan layaknya: 'Launcher Telah Berhenti', Notifikasi Tidak Muncul atau Telat, Gagal Booting (Bootloop) hanya stuk di logo Samsung, Bilah Status tak bekerja.  

6. Memori Tidak Cukup 

Masalah Pada Samsung Galaxy J4 selanjutnya Insufficient Space. Kapasitas memori internal (storage space) di Samsung Galaxy J4 memang terbatas yakni hanya 16 GB.

Namun Anda bisa mengatasinya dengan memindahkan aplikasi yang diinginkan ke MicroSD (Memory Card Eksternal) dengan cara masuk Setting, Apps, pilih aplikasi yang diinginkan scroll ke bagian bawah pada 'Storage / Penyimpanan' pilih Move to Phone.

7. Tidak Bisa Sinyal 4G di HP Samsung Galaxy J4 2018 

Kalau masalah error ini mirip seperti ponsel Samsung J2, pada Galaxy J4 juga terjadi ketidakstabilan sinyal 4G. Beberapa kemungkinan diantaranya HP yang digunakan bukan produk bergaransi resmi yang lulus TKDN.

Memang agak sulit untuk membedakan barang BM dan Resmi. Apalagi para distributor ini cukup pintar. Upayakan membaca detail Perbedaan Garansi Distributor Terburuk dan Resmi Terbaik mengenai ponsel.

Solusinya agar bisa mengaktifkan sinyal 4G tekan dial *#*#4636#*#* lalu secara otomatis dialihkan ke menu tersembunyi. Cek pada bagian "Informasi Telepon" dan kunci jaringan / Lock 4G.

8. Tombol Volume Rusak 

Salah satu kekurangan dari ponsel Samsung Galaxy J4 terdapat pada tombol volume up and down serta Power Button yang cenderung ringkih kualitasnya dan terkesan gampang rusak kalau untuk jangka panjang tidak baik.

Memperbaiki Samsung Galaxy J4.png

Karena ini persoalan fisik ponsel maka satu-satunya solusi tergantung dari pemakaian Anda. Usahakan jangan terlalu kasar ketika menekan tombolnya.

Tambahan: Rusak EMMC HP Samsung Galaxy J4

Mirip yang terjadi di Galaxy J7 Prime dan J5 series, memang seri J dari Samsung kurang maksimal dalam hal software maupun hardware.

Salah satu yang dialami pengguna di Galaxy J4 yaitu EMMC rusak, entah kebetulan atau tidak kerusakan ini mirip dengan Oppo Neo 3.

Sebagai saran pencegahan, supaya tidak cepat rusak EMMC sebaiknya ikuti tips berikut yang mungkin juga berlaku untuk semua ponsel:
  1. Simpan berkas / file musik, foto, video, rar, dan lainnya di memori eksternal (Memory SD Card) 
  2. Pantau internal storage, jangan sampai berlebihan hingga menyentuh batas limit dan muncul peringatan memori penuh. 
  3. Rajin-rajin hapus data Cache (sampah) setidaknya tiga hari sekali. 
  4. Jangan memindahkan aplikasi hasil install ke memori SD Card, Memori Eksternal cuma buat menyimpan file seperti foto, video, musik dan sejenisnya. 
  5. Tidak disarankan mempartisi memori eksternal jadi internal. 
Itulah beberapa masalah pada HP Samsung Galaxy 4 dan tutorial cara mengatasinya, yang sejauh ini terdeteksi, mungkin ada permasalahan atau keluhan pengguna yang lain belum dipublikasikan ke forum akan di update.