4 Penyebab Akun Kena ShadowBanned dan Cara Mencegahnya

Sejumlah media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook menerapkan aturan Shadow Banning (Shadowban) pada akun pengguna. Simak penyebab, ciri-ciri dan cara mencegah & mengatasinya.

Semenjak awal tahun perubahan algoritma Instagram terus-menerus dilakukan dan kebanyakan tidak diumumkan secara resmi atau press-release, biasanya pengguna langsung merasakan efeknya.

Shadowban Twitter Instagram.png

Apa Itu Shadowbanned? 

Shadowban merupakan sanksi ketika postingan dari sebuah akun media sosial (Twitter / Instagram / Facebook) tidak bisa terlihat oleh publik / nggak muncul dan tak terlihat bagi orang lain. Cuma followers saja.

Tentu hal ini akan merugikan bagi pebisnis digital terutama Influencers.

Ciri-ciri Akun Terkena Shadowban 

Ada beberapa cara buat mengetahui bagaimana atau apakah akun media sosial Anda kena imbas dari sanksi Shadowbanning cukup mudah sebenarnya.

Instagram: Cek situs pemeriksa Shadowbanning di Google, kemudian upload foto di akun utama dirasa terkena Shadowban lalu cek pakai akun lain yang belum follow. Biasanya tidak muncul, begitu pula penggunaan hashtag tak akan tampil di hasil pencarian / Explore IG.
Sebuah akun bakal mengarami penurunan drastis dalam hal engagement atau keterlibatan di postingan, misalnya jumlah Likes biasanya ribuan kini cuma dapat puluhan itu pun hanya dari followers.
Twitter: Cukup kirimkan sebuah Tweet dengan kata kunci misalnya: "Lagi nyuci tembok nih" lalu masuk ke pencarian dan ketikkan keywords yang sama pakai akun lain, jika Twit Anda tidak muncul itu artinya terkena Shadowbanned.

Kalau sudah kena dampaknya, followers juga sulit bertambah.

Facebook: Set pengaturan privasi postingan / kiriman ke Publik, lalu update status pakai kata kunci mirip seperti Twitter tadi dan login ke akun lain cek kata kunci yang sama apakah akun Anda muncul di hasil pencarian?

Itu hanya sekadar contoh kecil dari gejala akun media sosial yang kena dampak dari Shadowban. Pihak IG / FB dan Twitter tidak akan memberikan peringatan apalagi pemberitahuan kepada pengguna kalau account mereka terkena efek Shadowbanned.

Kenali Penyebab Shadowbanned 

Disadari atau tidak, Anda mungkin melanggar kebijakan layanan mereka. Baik Twitter, Facebook, dan Instagram menghukum akun berdasarkan perilaku atau aktivitas penggunanya sendiri, seperti:
  1. Mengirim postingan yang sama berulang kali
  2. Spam 
  3. Penggunaan hashtag berlebihan 
  4. Menggunakan aplikasi otomatis pihak ketiga, seperti penambah followers dari Hublaagram misalnya. 
Baca: Bahaya Menggunakan Hublaagram Buat Akun Instagram 

Sekarang sudah paham penyebabnya, ada baiknya mencegah dengan tidak melakukan pelanggaran diatas.

Lakukan Pencegahan: Cara Menghilangkan dan Mengatasi Shadowbanned 

Ada beberapa cara dan langkah yang bisa Anda tempuh apabila terlanjur kena hukuman ini. 

1. Hindari Hashtag Terlarang (IG)

Pihak Instagram tidak melarang menggunakan hashtag cuma ya jangan berlebihan. Sebenarnya mereka telah merilis daftar hashtag yang dilarang untuk digunakan dan rupanya masih banyak sekali pengguna tidak mengetahui akan hal ini. 

Berikut sedikit dari banyaknya hashtag yang diblokir, dilarang dan membuat akun terkena Shadow Banned. 

Instagram Shadowban Hashtag.png

2. Menghentikan Aktivitas Akun

Dengan stop atau menghentikan seluruh aktivitas bakal membuat akun terlepas dari Shadowban. Silakan logout untuk jangka waktu setidaknya satu minggu dan jangan login apalagi digunakan, kemudian coba kembali setelahnya. Ampuh buat menghindari sanksi tersebut.

3. Menonaktifkan Sementara 

Ini sebagai langkah alternatif dari poin pertama, kalau memang dirasa akun tidak ada yang penting bagi orang lain sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu dalam 7 hari. Tidak usah lama-lama, lalu login lagi nantinya.

4. Ubah Profil ke Bisnis atau Personal (Khusus IG) 

Khusus pengguna Instagram yang kena Shadowban disarankan mengubah profil dari Personal ke Bisnis atau sebaliknya. Hal ini berfungsi untuk mereset ulang segala 'hukuman' dari IG, sejauh ini cara tersebut ampuh.

5. Cabut Akses Aplikasi (Revoke Access) 

Berlaku seluruh SNS (IG / Twitter / FB), kalau akhir-akhir ini merasa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses ke API akun Anda, sebaiknya cabut segera.

Cabut Akses Revoke Access Instagram Twitter FB.png

Buat Twitter caranya masuk ke Settings / Pengaturan > Apps / Aplikasi > Revoke Access / Cabut Akses layanan yang sudah tidak digunakan.

6. Hashtag yang Relevan

Terkait dengan poin pertama, hashtag atau tagar yang lebih dari 30 tetap diperbolehkan tapi apakah relevan dan sesuai dengan postingan? Perlu diketahui sistem komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) telah diterapkan di banyak layanan digital dan mempengaruhi sirkulasi penggunaan. Jadi kalau postingan dan foto tentang Gadget tapi hashtagnya #TerjunPayung ada kemungkinan dianggap spam.

7. Posting Normal 

Maksudnya melakukan posting dengan cara manual tanpa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan postingan dikirim secara otomatis, seperti HootSuite, Latergramm, IFTTT, atau DLVR. Boleh, tapi jangan keseringan.

Itulah empat Penyebab Akun Instagram Twitter dan Facebook Kena Shadowban dan tips Cara Mencegahnya.
4 Penyebab Akun Kena ShadowBanned dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun