Pengalaman Ikut Audisi dan Tips Buat Generasi ke-7 JKT48

Tulisan ini kami minta secara eksklusif dan dikirim melalui e-mail oleh salah satu peserta audisi pencarian anggota idol group JKT48 generasi ke-6 tahun 2017 oleh seorang gadis berusia 17 tahun yang disamarkan namanya, berdasarkan pengalaman. Ia gagal jadi member di tahap akhir.

Namun direvisi beberapa kalimat dan kata-kata sesuai Ejaan yang Disempurnakan tanpa mengurangi keaslian konten, berisi tips dan tata cara ikut audisi JKT48.

Audisi JKT48 Proses Tahap Generasi 7 8 9 10.png

JKT48 membuka kembali audisi, hanya dalam kurun waktu tiga bulan usai perkenalan member generasi ke-6.

Langsung ke poinnya!

Ketika JKT48 mengumumkan di theater bahwa mereka bakal segera membuka proses pendaftaran untuk audisi generasi keenam saya langsung berdiskusi dengan keluarga serta meminta saran kepada teman dan sahabat.

Penting: Pastikan untuk mengambil keputusan matang, jangan sampai ketika terpilih dan lolos nanti malah mengundurkan diri bahkan sebelum debut kayak yang sudah terjadi sebelumnya, itu menyia-nyiakan kesempatan.

Waktu yang ditunggu tiba, audisi dibuka awal Oktober dan pada minggu pertama saya belum memutuskan apapun, jadi baru daftar itu sekitar 9 hari setelah pendaftaran dibuka.

Karena pada saat mendaftar saya tidak bisa datang ke lantai 4 mal FX Sudirman, padahal saya ingin sekali kesana langsung, akhirnya daftar lewat formulir online (email) di situs resmi JKT48.

Catatan lagi: Kita nggak harus punya pengalaman nyanyi, akting atau nari, bakat nol pun tetap bisa diterima asal ada kemauan.

Bagaimana Pengalaman Ikut Audisi Member JKT48 & Tips Buat Calon Peserta

Berdasarkan kebijakan terbaru, seluruh peserta yang lolos kini masuk jadi bagian dari member JKT48 Academy Class B.

#1. Formulir Audisi JKT48

Kenapa saya ingin daftar pakai formulir fisik?

Bentuk Kertas Formulir Audisi JKT48

Saya punya teman yang pernah ikut audisi JKT48 Generasi Kedua, sekarang dia sudah lulus dan dia saranin buat daftar ambil formulir langsung ke theater.

Alasannya apa juga saya kurang begitu paham, yang jelas dia sangat meyakinkan saya untuk mendaftar lewat formulir fisik tapi urung dilakukan mengingat tidak ada waktu kesana.

Saran: Kalau mau ikut audisi JKT48 saat isi formulir harus hati-hati jangan asal ngisi, usahakan semua kolom terisi dan jujur.

Misal, ada pertanyaan di kolom formulir berupa "Apa yang Anda Ketahui Tentang JKT48?", jawablah semenarik mungkin dan lengkap plus jangan yang terlalu mainstream atau biasa banget.

Terus kolom akun media sosial, isi aja apa adanya akun sosmed yang biasa dipakai macam Facebook, Instagram, Twitter, kalau tidak ada satupun yang diisi kita dianggap nggak jujur karena mungkin juri bakal pikir mustahil kita tak punya akun medsos.

Katanya sih apa yang kita tulis di formulir audisi bakal jadi bahan pertimbangan penting bagi juri yang menentukan apakah peserta audisi bakal ditelepon untuk ikut tahap berikutnya.

#2. Interview / Wawancara

Dapat telepon harus datang buat interview? Selamat! Berarti Anda lolos ke tahap kedua.

Proses Audisi JKT48 Pengalaman Ikut

Nah kalau sudah jujur di tahap pertama pendaftaran mengisi formulir dan dinyatakan lolos, maka cepat atau lambat bakal dapat telepon dari manajemen langsung.

Kalau saya sendiri ditelpon disuruh datang ke Gedung Utama RCTI buat interview.

Dikasih tahu kalau yang lolos ke tahap kedua ini cuma 250 orang aja, padahal formulir terdaftar dikirim oleh 39 ribu pendaftar online dan offline, beruntung banget bisa jadi bagian dari dua ratusan peserta terpilih.

Saat datang, ada lima orang di dalam ruangan, satu orang kayaknya cuma petugas dan 4 lainnya itu kayak juri, 3 dari Indonesia dan 1 kayaknya warga negara Jepang.

Sempat deg-degan sih bakal jadi pengalaman berharga banget, tapi untungnya kita diajak santai, nggak usah tegang dan takut toh semua jurinya baik.

Proses wawancara juga cukup singkat, seingat saya cuma ditanya seputar keseharian, hobi, alasan suka JKT48, kenapa dan motivasi apa untuk ikut audisi, tahu AKB48 atau nggak, punya bakat atau keahlian apa, dan sejenisnya.

Poin utamanya jangan kasih jawaban yang membosankan tapi berikan alasan unik dan semenarik mungkin, misalnya ditanya "Apa yang kamu menyukai JKT48?"

Contoh cara jawab..
Jawaban Bosan: "Aku suka kostumnya lucu, imut dan anggotanya cantik banget."

Jawaban Menarik: "Mereka sangat berbeda dari yang lain, kompak, saling bekerja keras antar member, tanpa menyerah membawakan lagu dengan jeda hanya sekian menit, aku terinspirasi dan jadi suka JKT48, aku bakal bangga kalau bisa menjadi bagian dari mereka."

Ingat, itu cuma contoh.

Intinya jawab dengan versi kalian masing-masing yang bisa meyakinkan para juri supaya terpilih buat ikut tahap audisi selanjutnya.

Selanjutnya, saya balik ke rumah.. beberapa hari kemudian ditelepon kembali dan harus datang ke gedung RCTI.

Untuk proses ini cuma melihat pengumuman secara langsung siapa saja peserta yang berhasil lolos ke tahap ketiga audisi, diumuminnya oleh juri yang sama saat wawancara.

Note: Setiap generasi kayaknya beda termasuk gen 1 hingga 7, ada yang langsung ditelepon buat langsung ke tahap ketiga atau harus nonton pengumumannya dulu.

#3. Perjuangan Dimulai

Kalau kalian lolos ke tahap ketiga, selamat! Perjuangan sesungguhnya baru saja dimulai, disini status kamu sebagai calon finalis.

Pada tahap ketiga berdasarkan pengalaman, kalian akan digenjot kemampuannya secara fisik dan jangan pernah anggap enteng proses tersebut.

Karena dari proses ini bakal diwajibkan latihan fisik, berlatih menari / dance, menyanyi, semuanya dilatih bersamaan baik dari segi teknik vocal dan lainnya.

Proses latihan fisik sama sensei di JKT48 audisi tahap ketiga itu berlangsung selama beberapa minggu, ada yang tubuhnya lemah harus istirahat, yang gemuk jadi kurus, ada pula mereka yang menyerah langsung mengundurkan diri, duh sayang-sayang kan.

Memang bakal menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran di tahap tiga ini, prosesnya bisa dibilang susah apalagi kalau jarang olahraga nanti saat latihan fisik tubuh jadi 'kaget' dan cepat lemah karena nggak terbiasa.

Saran: Walaupun susah disarankan pada tahap ketiga jangan mengeluh, kalau manja dikit saja bakal dibentak & dimarahin sensei (pelatih).

Waktu itu ada yang diomelin, senseinya bilang: "Stop merengek, JKT48 bukan tempat buat orang yang gampang nyerah, kalian boleh lemah tapi kalau ada kemauan buat bangkit dan jadi kuat nah ini saatnya kalian mulai lakukan itu."

Nanti di tengah tahap pelatihan peserta diberikan arahan termasuk aturan emas yang berlaku dalam grup harus Anda pahami biasa disebut Golden Rule beberapa diantaranya:
  1. Dilarang Merokok 
  2. Dilarang Konsumsi Minuman Beralkkohol & Ke Diskotik
  3. Dilarang Membubuhkan Tanda-tangan ke sembarang tempat apalagi merchandise non-official. 
  4. Dilarang Berfoto dengan pria non-keluarga di luar event resmi JKT48 (Seperti 2-shot). 
  5. Etika media sosial, sebarkan keceriaan. Dilarang berinteraksi dua arah secara langsung dengan akun penggemar.

#4. Tahap Akhir

Tahap keempat ini dimana para peserta audisi diwajibkan bernyanyi di depan juri, nanti ada beberapa orang dari Jepang saat proses ini.

Selain menyanyi, setiap orang juga dikasih pertanyaan berbeda-beda dan lagi-lagi harus kasih jawaban yang unik, menarik sampai bisa meyakinkan para juri.

Tambahan satu orang juri katanya datang dari Jepang langsung bertanya kepada semua peserta dibantu penerjemah, dan selanjutnya nunggu.

Setelah menunggu, bakal langsung diumumkan siapa saja yang lolos menjadi bagian dari anggota JKT48 Team Trainee Generasi ke-6.

Nah di tahap ini, rupanya sang penulis gagal melaju padahal sudah hampir sampai ke tujuan. Dia tidak mendapatkan panggilan lanjutan yang artinya perjuangan telah selesai dan mengaku bakal kembali mengikuti audisi generasi ke-7.

Demikian ulasan singkat Pengalaman Ikut Audisi dan Tips Buat Generasi ke-7 JKT48 dari eks calon member.