Cara Verifikasi WhatsApp Bisnis Akun WA Business Cepat

Bagaimana cara verifikasi WhatsApp Business agar lebih terpercaya, tutorial verified WA Bisnis tanda centang hijau - Akun WhatsApp Business sangat berguna bagi mereka pelaku bisnis UKM, digital marketing dan bahkan sampai perusahaan besar.

whatsapp business cara verified account verifikasi akun wa bisnis.jpg

Selain adanya transparansi jam aktif kerja menanggapi respon klien, juga terdapat pesan otomatis terkait ucapan selamat datang atau balasan jika sedang tidak online.

Terlepas dari kedua fitur utama itu, yang paling penting tentu saja verified account. Sebuah tanda ceklis atau lencana centang hijau bagaimana pebisnis dianggap serius oleh calon pelanggan.

Memverifikasi WhatsApp Bisnis juga dapat meningkatkan reputasi, kepercayaan pelanggan, dan menarik lebih banyak minat. Namun WA Business tidak bisa dilakukan dengan cara membayar.

WhatsApp dalam situs laman bantuan pun sampai menjelaskan, bahwa mereka tak memungut biaya sepeserpun agar akun pengguna bisa terverifikasi atau terkonfirmasi pemilik bisnis sah.

"Kami terus berupaya mengeksplorasi terkait cara bagaimana agar Anda dapat terus berkomunikasi pada bisnis yang Anda anggap cukup penting." tulis situs WhatsApp.

Cara Verifikasi WhatsApp Business (WA Business Verified Account)

Ada beberapa faktor atau syarat yang harus diperhatikan sebelum Anda mengajukan diri agar akun WhatsApp diverifikasi resmi, antara lain:
  1. Faktor mengenai jenis bisnis apa yang Anda geluti
  2. Bagaimana merk bisnis dikenal kalangan masyarakat luas
  3. Reputasi sebelum masuk WhatsApp Bisnis seperti apa
  4. Melengkapi seluruh kolom informasi / identitas tersedia
  5. Dan masih banyak syarat verifikasi WhatsApp Business.
Salah satu pertimbangan dilihat dari nomor telepon yang digunakan di WhatsApp Bisnis, apabila kriteria dianggap cocok maka otomatis pihak WA akan memverifikasi tanpa menunggu berapa lamanya.

Nah, masalahnya mereka juga tidak mempublikasi kriteria seperti apa sehingga nomor WhatsApp tersebut layak diverifikasi sebagai akun bisnis sah. Belum ada trik dan tips khusus terkait hal ini.

Ada tiga jenis tahap verifikasi WhatsApp Bisnis profil akun antara lain:
  • Tanda tanya tanpa centang: Ciri-cirinya hanya tanda tanya pada profil WhatsApp Business. Menandakan pengguna aktif namun belum terkonfirmasi sah oleh WA.
  • Centang Abu-abu: Tahap ini berarti nomor telepon dipakai untuk WhatsApp Business cocok dan terkonfirmasi, cirinya sudah terdapat tanda centang tapi hanya warna abu-abu (belum sepenuhnya verified).
  • Centang Hijau: Ini tandanya profil akun perusahaan resmi dianggap sah sebagai perwakilan merek asli serta mendapatkan predikat terverifikasi dari WhatsApp. 
Sekadar tips tambahan, ketika melengkapi profil akun buatlah lebih meyakinkan apabila dilihat dari sudut pandang pengguna baru atau calon pelanggan khususnya masyarakat umum melalui tahap berikut: 

Foto Profil Perusahaan 

Disarankan menggunakan foto logo atau gambar lambang perusahaan pada profil. Sebagaimana Facebook dan Twitter, jika dirasa yakin reputasi company baik dan dikenal banyak orang maka bukan tidak mungkin centang hijau verifikasi didapatkan dalam waktu singkat. 

Nama dan Deskripsi 

Lengkapi nama serta deskripsi perusahaan dalam bidang apa jasa atau usaha yang digeluti Anda. Ada sebuah kolom berisikan alamat, dan harus melakukan pinned / tandai pada peta berbasis Google Maps. Silakan beri tanda ke lokasi tempat perusahaan Anda berada, jika memang asli dan bukan fiktif maka semakin mempermudah serta mempercepat proses verifikasi WhatsApp Bisnis.

Kalau gagal verifikasi WhatsApp Business, pengguna tetap dapat menikmati fitur lain. Tapi usahakan melengkapi data dan identitas usaha / jasa seperti nama bisnis, alamat, jam kerja, situs web atau blog agar pelanggan menemui kejelasan hingga suatu saat otomatis dapat predikat terverifikasi.

Memang Cara Verifikasi WhatsApp Bisnis agaknya sedikit sulit, WA Business diperuntukkan mereka yang serius dalam usahanya sekaligus tanda verified badge diberikan apabila memenuhi syarat dan memang punya reputasi baik.
Cara Verifikasi WhatsApp Bisnis Akun WA Business Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun