Fungsi Incognito Mode YouTube dan Cara Menggunakan Fiturnya

Penjelasan apa itu Incognito Mode pada aplikasi YouTube serta bagaimana cara menggunakan fiturnya - Beberapa pengguna telah mendapatkan pembaruan mulai dari tampilan thumbnail video lebih besar hingga terbaru kini mode penyamaran Incognito. 

Mengaktifkan Fungsi Incognito Mode YouTube.png

Incognito Mode atau Mode Penyamaran adalah fitur YouTube yang berfungsi untuk menolak perekaman aktivitas pengguna ketika diaktifkan, setiap riwayat tontonan, pencarian, hingga percakapan notifikasi tidak akan muncul di aplikasi. 

Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk situs web saja. Kini sudah masuk ke aplikasi YouTube resmi di Android serta iOS, jadi pengguna tidak khawatir kalau lagi pinjam ponsel teman ingin nonton video YT riwayat penelusuran dan tontonannya bisa disembunyikan dengan cara mengaktifkan Incognito Mode. 

Ya fungsinya mirip mode menyamar atau Incognito pada browser gitu. Agar segala jejak pencarian, penelusuran website, konten, gambar, dan segala macam tidak terdeteksi dan tanpa meninggalkan bekas / jejaknya. 

Namun di YouTube, ketika fitur ini diaktifkan maka video yang tampil di Home akan muncul secara acak. Entah berdasarkan trending / popular, atau menggunakan IP sebagai referensinya. 

Misal, biasanya pakai mode normal tanpa menyamar di beranda YouTube kita disuguhkan video teknologi sesuai selera dan menyesuaikan algoritma. Namun ketika Incognito diaktifkan maka video pada beranda tak lagi sesuai dan sangat amat berbeda. Ya seperti itulah cara kerjanya.

Tapi jangan salah kaprah, bukan berarti adanya Incognito Mode dapat menghilangkan jejak menonton sepenuhnya tanpa sepengetahuan pemilik HP yang dipinjam. Apalagi kalau diawal lupa menggunakannya. Sekarang mari ke tutorial cara mengaktifkannya. 

Cara Mengaktifkan Incognito Mode Penyamaran di YouTube 

  • Pertama-tama: Buka aplikasi YouTube, masuk / login ke akun. Abaikan jika sudah. 
  • Kedua-dua: Dari tab Home, klik foto profil akun YouTube Anda pada pojok kanan atas layar ponsel, kemudian akan muncul pilihan menu bernama "Turn On Incognito / Aktifkan Mode Penyamaran" dibawah "Switch Account / Pindah Akun" dan "Paid Memberships / Membership Berbayar", tap menu tersebut. 
Mode penyamaran langsung aktif setelahnya. Gambar / foto profil di akun YouTube akan otomatis berubah jadi ikon Incognito Mode seperti topi dan kacamata layaknya seseorang sedang menyamar, di bagian bawah pada layar akan ada tulisan notifikasi seperti "You're Incognito". 

Sedangkan untuk mengembalikan mode normal tinggal nonaktifkan saja mode Incognito-nya dengan menekan / tap Turn Off Incognito Mode. 

Aktivitas setiap pengguna tidak akan terekam lagi jika mengaktifkannya. Sementara video yang muncul di feed akan ditampilkan secara acak tanpa referensi sesuai algoritma sebagaimana mode normal. 

Ketika Anda menonaktifkan Incognito Mode, segala aktivitas di YouTube dalam sesi tersebut akan sepenuhnya dihapus dan kembali pada mode normal. Demikian Fungsi Incognito Mode di Aplikasi YouTube dan Cara Menggunakan Fiturnya selamat berselancar.
Fungsi Incognito Mode YouTube dan Cara Menggunakan Fiturnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun