Tutorial Cara Flashing Xiaomi Mi A2 Update Flash HP Tanpa PC

Panduan dan tutorial lengkap bagaimana cara flashing Xiaomi Mi A2 (Mi 6X) Update Flash tanpa PC menggunakan Qualcomm Tool QFIL. 

Cara Flashing Xiaomi Mi A2 Tanpa PC.jpg

Untuk Anda yang mungkin mengalami masalah umum pada ponsel Xiaomi Mi A2 hingga menyebabkan kerusakan ringan atau berat diluar kendali seperti Hardbrick, Bootloop (stuck / mentok di logo Mi Android One) juga beberapa error atau kerusakan lainnya sesuai keluhan pengguna sampai ke software dan firmware sebaiknya jangan panik. 

Kami sarankan untuk lakukan Flashing Xiaomi Mi A2 terlebih dahulu. Nah, kalau biasanya pakai Mi Flashtool, disini kita bakal menggunakan metode QFIL Qualcomm Tool. Ini lebih bagus, kenapa? Karena secara hardware, SoC atau Chipset ponsel ini pakai Snapdragon 660 yang notabenenya milik Qualcomm, serupa dengan Xiaomi Mi A1 hanya saja beda generasi 625 dengan 660 yang penting sama-sama Qualcomm, jadi seakan praktis dan mudah. 

PERHATIAN! Segala risiko selama proses menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna, kami menyarankan Anda untuk meminta bantuan kepada yang lebih ahli jika ragu-ragu sebaiknya jangan lakukan ini sendirian. Metode ini juga dapat diterapkan untuk Flashing Redmi 6 Pro.

Cara Flashing Xiaomi Mi A2 Update Flash HP Tanpa PC 

Sejumlah bahan dan peralatan dibutuhkan demi lancarnya kelangsungan flashing Mi A2 Anda beberapa diantaranya bisa didapatkan di Google, kami tidak menyediakan link: 
  1. Qualcomm USB Driver 
  2. Stock ROM Firmware Mi A2 Xiaomi / No MIUI 
  3. Software QPST / QFIL Tool 
  4. Kopi, gorengan, snack, cangcimen bacang aci semen, dll (Opsional). 
Oke, kami anggap Anda sudah mendapatkan semua bahan serta peralatan dibutuhkan. Sekarang mari eksekusi. Metode pertama kita jabarkan Cara Flashing Mi A2 pakai PC terlebih dahulu.
  • Install Software QFIL / QPST Tool 
  • Install Qualcomm USB Driver 
  • Ekstrak Stock ROM Firmware HP Xiaomi Mi A2 
  • Kemudian cari folder QFIL / QPST Tool yang tadi diinstall 
  • Buka aplikasi software QFIL Tool 
  • Klik Browse dan arahkan ke tempat Anda simpan Firmware Mi A2. Pilih Prog_emmc_filehorse 8916.mbn kemudian Open / Buka. 
  • Menuju file "Load XML" lalu pilih RawProgam_Unsparse.xml (Secara otomatis diarahkan), kemudian akan muncul berkas patch0.xml tinggal klik Open  / Buka. 
  • Colok kabel USB dan hubungkan Mi A2 ke PC Komputer / Laptop sembari tekan dan tahan tombol Volume atas + bawah bersamaan. (HP harus dalam keadaan nonaktif). 
  • Software / Driver Xiaomi Mi A2 kalau sudah terhubung / terbaca di PC Komputer / Laptop bakal muncul tulisan di Select Port. Kalau gagal terkoneksi tak ada tanda apapun. 
  • Pada QFIL / QPST Tool tekan tombol Dowwnlload 
  • Sampai disini, tunggulah proses Flashing selesai setidaknya memakan waktu 20 - 30 menit. Dan Smartphone Xiaomi Mi A2 akan dengan sendirinya merestart ulang kalau tidak ada kegagalan selama instalasi. 
Lalu kita masuk metode kedua, yaitu Flash Mi A2 tanpa PC. Namun pastikan kondisi baterai ponsel masih penuh atau minimal 80% karena agak bahaya kalau lowbat di tengah jalan jadi gagal prosesnya kan tidak lucu. Lagi-lagi semua bahan kami tidak menyediakan maka dari itu cari sendiri di Google, kami cuma kasih tahu prosesnya saja. 


Pertama-tama: Install Firmware ROM Mi A2. 

Kedua-dua: Move / Pindahkan file firmware tersebut ke Micro SD Card (kartu memori eksternal. Simpan di luar folder saja). 

Ketiga-tiga: Nonaktifkan ponsel, lepas semua pernak-pernik seperti kartu memori, SIM Card, selama beberapa saat lalu pasang lagi. 

Keempat-empat: Sekarang kita masuk ke mode Mi Recovery dengan cara tekan tombol Volume Up + Power Button bersama-sama sambil ditahan hingga ponsel getar apabila logo Mi Xiaomi muncul di layar lepaskan tekanan tombol. 

Kelima-lima: Akan masuk mode recovery, nah sebagai kursor atau arah navigasi menggunakan tombol Volume Up, Down dan Power untuk mengonfirmasi. 

Keenam-enam: Pilih metode Wipe Data and Cache. 

Ketujuh-tujuh: Kita install Firmware ROM Mi A2 dengan memilih menu Apply Update From External SD Card. 

Kedelapan-lapan: Cari file firmware ROM yang tadi sudah Anda simpan di Memori Card, buka lalu konfirmasi dan pilih saja YES agar proses flashing berjalan. 

Kesembilan-sembilan: Tunggu beberapa menit, apabila sukses dilakukan silakan tekan mode Reboot to System dengan fungsi me-restart ponsel. Selesai. 

Flashing Xiaomi Mi A2 fungsinya sebagai solusi masalah umum yang terjadi di ponsel ini diantaranya: 
  1. Memperbaiki HP Xiaomi Mi A2 Bootloop (Stuck / Hanya Sampai Mentok di Logo) 
  2. Memperbaiki HP Mi A2 Hang / Nge-Lag dan Lemot
  3. Memperbaiki Error Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Mi A2 
  4. Mengatasi Sampah File Cache Menumpuk dan Membersihkannya 
  5. Memperbaiki HP Xiaomi Mi A2 Restart Sendiri dan Sinyal Tidak Muncul (3G / 4G) 
  6. Memperbaiki Bluetooth Error tidak berfungsi
  7. Hingga Memperbaiki HP Xiaomi Mi A2 yang Mati Total tidak mau nyala sistem fastboot / via adb
Sebagai pertolongan pertama sebelum menerapkan Cara Flashing Xiaomi Mi A2, beberapa masalah dapat langsung diatasi dengan Hard Reset Recovery Mode langsung dari ponsel Mi A2 misalnya kerusakan lag / hang. Lupa password dan pola kunci, menakan tombol Volume Up + Tombol Power untuk lakukan Wipe Data hingga Factory Reset (Setel Ulang Pabrik). Namun data sebelumnya harus di-backup jika tidak mau hilang sebagai konsekuensi. 

Ya begitulah kurang lebih Tutorial Cara Flashing Xiaomi Mi A2 Tanpa PC update flash hp pakai tool QFIL Qualcoom jadi lebih praktis.