Fungsi Confidential Mode Fitur Terbaru Pada Gmail

Fungsi Confidential Mode Fitur Terbaru Pada Gmail - Dalam adegan film aksi berjudul Mission Impossible, setiap kali menjelang Ethan Hunt menerima misi yang hampir tidak masuk akal pasti selalu terdapat pesan yang usai dibaca akan melenyapkan diri secara otomatis. Adegan tersebut rupanya dapat dan telah ditiru di dunia nyata.

Sepercik pesan bisa menghancurkan diri sendiri memang terkesan "Impossible", karena tentu akan butuh akses besar pada perangkat keras (hardware) yang digunakan penerima pesan tersebut. Atau setidaknya si pengirim bisa mendapatkan akses ke perangkat penerima. Ribet ya.

Gmail Mode Rahasia Confidential.png

Ketimbang pusing mikirin cara bagaimana 'meleddakan' perangkat si penerima pesan seperti di adegan film Tom Cruise tersebut, mendingan tiru dan adopsi konsep yang digunakan. Konsep dasarnya merupakan cara supaya pesan yang telah dibaca penerima tak akan lagi bisa dilihat orang lain, itulah kenapa pesan tersebut dilenyapkan.

Pastinya sangat berguna kalau Anda tidak ingin isi pesan yang dianggap penting dan terkesan privasi menyebar luas kemana-mana entah dalam bentuk media cetak atau digital sekalipun. Termasuk ketika Anda memilih opsi agar pesan tidak dibaca orang lain, itulah pilihan buat hapus pesan diambil.

Memang terkesan rumit buat dilakukan, misalnya akun Email hanya bermodal Gmail yang gratisan dari Google. Nah, kabar bagusnya mulai pertengahan Agustus 2018 kemarin Gmail SUDAH BISA menerapkan konsep tersebut.

Fungsi Confidential Mode Gmail

Fitur baru itu bernama "Confidential Mode", dalam makna lain bisa berarti Mode Rahasia. Buat aktivasinya cukup gampang, tanpa perlu menginstall aplikasi pihak ketiga dari mana pun hanya membutuhkan beberapa kali tap dan klik tombol ketika Anda menulis isi surel lalu Anda akan dibawa ke dua metode pengaturan pada mode rahasia ini.

Expired: Pengaturan kedua merupakan masa kadaluarsa email. Anda bisa memilih opsi paling cepat lenyap 24 jam, ada juga yang satu inggu, sebulan, 3 bulan, hingga lima tahun.

Password: Kata sandi, pengguna disediakan opsi memasukkan nomor ponsel untuk membuat password baru melalui pesan singkat alias SMS. Tapi sayangnya pilihan ini belum tersedia di Indonesia setidaknya sampai artikel ini dibuat, terbukti dengan tidak adanya kode telepon Indonesia (+62).

Sementara yang dapat diterapkan cuma pengaturan kadaluarsa pada pesan. Sedangkan saat Confidential Mode tersebut aktif, secara umum pesan-pesan yang telah dibuat tidak akan tersedia opsi diteruskan (Forward), copy-paste, dicetak atau disimpan oleh penerima. Jadi usai dibaca, isi email itu tinggal menunggu waktu kadaluarsa dan konten di dalamnya bakal hilang dari email penerima.

Fungsi Confidential Mode Rahasia Gmail.png

Selain itu, masa berlaku dapat diubah entah dipercepat atau diundur. Caranya pada Gmail sebagai berikut:
  1. Cukup masuk ke folder "Terkirim / Sent". 
  2. Cari pesan Confidential Mode yang Anda buat tadi dan buka. 
  3. Pada menu navigasi di bawah email terdapat tulisan Content Expires, dan sampingnya klik menu "Remove Access". 
  4. Maka akan berubah jadi "Renew Access", artinya si penerima tidak dapat membaca isi email walaupun belum masuk masa kadaluarsa. 
Jika ingin membatalkan Remove Access, klik lagi bagian "Renew Access" dan masa expired bakal kembali seperti awal dibuatnya email tersebut. Gampang kan.

Belum Sepenuhnya Aman 

Walau demikian mode rahasia ini belum sepenuhnya aman, karena penerima masih dapat menyimpan dan mendokumentasikan badan email menggunakan tangkapan layar atau screenshot. Masih berpeluang disebarluaskan, kecuali penerima lupa melakukannya hingga masa berlaku email habis.

Google dalam lansirannya mengatakan, Confidential Mode diluncurkan demi mencegah penyebaran isi email berulang kali juga bertujuan sebagai tindakan antisipatif atas ketidaksengajaan (blunder) yang ditimbulkan pada pesan penting bersifat privasi.

Padahal faktanya ketidakamanan tersebut malah bukan ada pada fitur mode rahasia, melainkan sistem pengiriman surel menggunakan Gmail yang secara umum tidak sepenuhnya aman. Singkatnya, Google tidak melakukan apa yang dilakukan WhatsApp yakni menerapkan sistem enkripsi end-to-end, dan Email tak sepenuhnya hilang walau penerima tidak dapat membaca isinya lagi.

Betul, email yang kadaluarsa akan tetap muncul dalam folder Sent / Terkirim di Gmail. Dan Google sewaktu-waktu, kapan pun, sesuka hati bisa membaca isinya semau mereka apabila ada hal darurat, email itu akan terus ada di folder. Lalu apa yang terjadi jika Gmail dibobol orang?

Menggunakan otentikasi dua faktor SMS demi mengatur kata sandi juga bukan sepenuhnya opsi yang bijak. Karena walau saat pendaftaran Gmail diminta nomor ponsel untuk verifikasi, tapi mengatur password dalam pesan Confidential Mode ini dapat memakai nomor telepon saja itu sudah termasuk pengirim yang enggan 'memberitahu' nomor ponselnya ke Google.

Mendaftarkan nomor HP sebagai metode pengaturan kata sandi berpotensi memberi akses Google buat menggunakannya bahkan tanpa diketahui pemilik akun.

Lembaga nirlaba organisasi pemantau keamanan digital asal Amerika Serikat, Electronic Frontier Foundation (EFF) sampai melontarkan kritik terhadap Google mengenai mode rahasia di Gmail ini. Jikalau mau sekadar coba-coba ya silakan berhubung tidak ada opsi lainnya, paling tidak itulah cara bertukar pesan layaknya agen rahasia.