Imaizumi Yui Ungkap Kenapa Graduate dari Keyakizaka46

Anggota senior grup idola Keyakizaka46, Imaizumi Yui, dari generasi pertama mengumumkan kelulusannya melalui blog resmi di situs mereka per Selasa (7/8) malam, lewat postingan berjudul "Untuk fans yang selalu dukung Keyakizaka46". Gadis yang akrab disapa Zuumin itu juga mengungkapkan alasan kenapa memilih graduate lebih awal.

Imaizumi Yui Graduate Keyakizaka46.jpg

"Dua bulan belakangan aku tidak mengikuti kegiatan Live dan event penting. Maaf telah membuat Anda khawatir akan hal ini. Aku paham bahwa beberapa orang merasa kurang nyaman tapi berpikir bahwa mereka tak sepenuhnya mengerti." tulisnya.

"Mulai dari event jabat tangan, konser, rehearsal. Aku sangat ingin hadir di acara pertemuan (handshake) bersama penggemar. Sayangnya, keadaan memaksaku sebaliknya dan tidak dapat menemui mereka hanya membuatku lebih frustrasi."

Alasan Imaizumi Yui keluar meninggalkan grup akibat kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan bagi dirinya melanjutkan segala kegiatan berat seperti selama ini dia jalani sebagai anggota.

"Aku menghargai jerih payah penggemar yang bersorak-sorai menyemangatiku dan Keyakizaka walau sebenarnya aku tidak hadir dalam beberapa acara grup, ku minta maaf akan hal itu." kata Yui.

Ia pun menuturkan situasinya saat ini memang tak begitu kondusif.

"Namun belakangan aku khawatir akan keadaan diriku sendiri. Aku telah membuat keputusan besar dan sangat berat, aku mengumumkan lulus dari Keyakizaka46. Bersyukur karena mendapatkan dukungan begitu besar berasal dari fans, member, staf serta teman-teman." tuturnya.

Terkait ketidak-ikutsertaannya di single ketujuh, Imaizumi Yui menambahkan diskusi bersama staf agar ia tak berpartisipasi pada lagu utama namun mendapatkan side-song berjudul "Higa Noboru Made".

Diakuinya lagu Hi ga Noboru Made memiliki makna mendalam baik lirik maupun aransemen. "Yasushi Akimoto-san membuatnya, aku benar-benar menyukai ini. Dia selalu menciptakan lagu berkualitas, sangat menghormati kontribusinya (terhadap karirku)." lanjut Imaizumi.

Zuumin memang memiliki riwayat penyakit, beberapa kali dia memutuskan hiatus dari segala aktivitasnya bersama grup. Terakhir, beruntung ia direkrut seorang sutradara untuk bermain drama / film yang bakal tayang musim gugur mendatang usai absen dalam penampilan single ke-7 Keyakizaka46 Ambivalent.

Di single Ambivalent, posisi senbatsu Imaizumi Yui digantikan member lain. Sedangkan dirinya mendapatkan lagu solo dalam tracklist tambahan.

Karena kondisinya tak memungkinkan Zuumin dinyatakan absen di konser nasional Keyakizaka46 Zenkoku Tour 2018 yang bakal digelar sebentar lagi. Dia bakal benar-benar keluar usai perilisan single Ambivalent sementata penampilan akhirnya diumunkan lebih lanjut melalui website resmi.

Keluarnya Imaizumi Yui menjadikan ia member Keyakizaka46 pertama yang benar-benar graduate. Keputusan Zuumin tampaknya hanya membuat fans khawatir.

"Apabila faktor pendidikan saya memakluminya. Tapi ini kesehatan, jadwalnya pasti berantakan. Dan bukan tidak mungkin bakal terjadi terulang pada member lain, terutama Hirate Yurina. Saya mengkhawatirkannya." kata @deliveryaya.

Perjalanan Karir Yui Imaizumi

Wanita kelahiran Kanagawa 19 tahun silam ini tercatat sebagai anggota generasi pertama Keyakizaka46 yang memulai debutnya awal Agustus 2015 setelah dinyatakan lolos audisi ketika menyanyikan lagu Hanamizuki.

Imaizumi Yui vakum pada April sampai September 2017 kemarin karena alasan kondisi kesehatan. Sejak bergabung hingga graduate sebenarnya Zuumin berpartisipasi dalam enam single utama Keyakizaka46.