Pengalaman Investasi Tokopedia Reksadana Keuntungan Kerugian

Pengalaman Investasi Tokopedia Reksadana Keuntungan dan Kerugian - Berinvestasi di Reksadana boleh dibilang lumayan dari segi keuntungan jika dibandingkan uang dingin mendekap di tabungan bank yang terus-menerus dipotong biaya administrasi kelamaan jadi habis. Disini di testimoni ini kami bakal bagikan Review atau ulasan berdasarkan pengalaman melakukan investasi lewat Tokopedia Reksa Dana.

Reksadana Keuntungan Tokopedia

Pengalaman Tokopedia Reksadana Keuntungan dan Kerugian Investasinya 

Tokopedia Reksadana adalah sering disebut sebagai salah satu Reksa Dana RDPU (Pasar Uang) serta Toped atas kerja sama melalui BAREKSA & Syailendra Capital. Sedangkan PT maupun Nama Reksa Dana Tokopedia sekarang cuma satu yakni sebutannya Reksadana Syailendra Dana Kas. 

Sebagai informasi tambahan bahwa di Reksadana Tokopedia Anda hanya punya satu opsi penggunaan yaitu buat investasi meraup keuntungan lebih besar jadi bukan sekadar Deposito saja. 

Perlu dicatat oleh investor keuntungan lewat Reksa Dana bergantung pada harga Nilai Aktiva Bersih (NAB), jadi tak dapat menjamin secara mutlak nominal keuntungan bersih yang kemungkinan didapatkan. 

Sesuai pengalaman saya berpartisipasi, sejauh ini memantau performa Reksa Dana Tokopedia seakan tidak membuat investor rugi. Kenapa? Sebab, setiap hari angka NAB cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan memang cukup menggiurkan rasanya Untung Terus walaupun faktanya nominal kenaikan sangat kecil. 

Wajib diperhatikan Anda sebagai investor harus tahu kemana tujuan larinya uang yang diinvestasikan, Tokopedia Reksadana mengalirkan duitnya ke beberapa perusahaan diantaranya: 
  1. TDP Bank Sulawesi Utara (Sulut) 
  2. TDP Bank Jawa Barat (Jabar) 
  3. TDP Bank Banten 
  4. TDP Bank Riau 
  5. TDP Bank Sulawesi Selatan Barat (Sulselbar) 
🕮 Note: TDP adalah singkatan dari Tanda Daftar Perusahaan. Nama bank di atas update per Juli 2018 hingga artikel ini dibuat masih belum ada perubahan baik pengurangan atau penambahan sejumlah pengguna di Kaskus tetap jalanin produk ini.

Kalau kita sudah tahu kemana tujuan uang investasi jadi cukup lega sebagai investor, kesana masuknya dana yang kita himpun lewat Tokopedia Reksadana. Menurut kabar dari media online kedua belah pihak bakal lakukan perubahan namun menunggu keputusan Manajer Investasi (MI) SYAILENDRA DANA KAS

Apakah ada biaya tambahan Reksadana Tokopedia? 

Sebenarnya tidak ada biaya admin sepeserpun saat admin Shukan Bunshun pantau di Syailendra Dana Kas melalui Bareksa. Memang ketika dilihat lewat situsnya menampilkan biaya pembelian tapi saat dicoba sama sekali tak memungut potongan biaya. 

Jikalau dipotong biaya Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) jujur saya sarankan sebaiknya cari Manajer Investasi lain ya, kenapa demikian? Sudah untungnya sedikit masih saja dikenakan biaya. 

Sementara RDPU sebagai upaya meraup hasil keuntungan maksimal gunakanlah sistem Buy and Hold serta dana didiamkan jangan lakukan TOP UP. Mengapa? 

Hal ini akan berdampak negatif pada nilai keuntungan investasi serta jauh berbeda antara sekali dan berkali-kali beli pakai metode TOP-UP, kalau Anda menggunakan sistem Topup maka nilai NAB bakal berubah signifikan dari harga awal. 

Bagaimana Kalau Untuk Karyawan? - Seumpama setiap bulan uang gaji cair lalu ingin membeli atau Topup, saran kami pakai sistem / metode DCA (Dollar Cost Averaging). 

Bukan masalah uang investasi Anda bertambah beberapa digit, namun Nilai Aktiva Bersih tentu bakal berubah serta persentase keuntungan investor makin tinggi apabila pakai metode BUY AND HOLD, daripada sistem DCA.

Pengalaman Tokopedia Reksadana.jpg

Pengalaman Investasi Tokopedia Reksa Dana 

Disini nominal Rp 50 Juta saya coba keluarkan sebagai penggunaan modal awal masuk ke Reksadana Tokopedia dengan lama durasi investasi sekitar 19 hari kerja bursa tidak termasuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah karena libur. 

Timeline - Proses Pembelian Reksadana di Tokopedia
- (14/6) Beli. 
- (15/6) Mendapatkan notifikasi harga NAB yang masuk. 
- (16/6) Memasuki dasbor aka portfolio investment Reksa Dana. Sampai disini apabila kalian sudah beli tapi Dashboard nihil / kosong maka jangan khawatir apalagi panik, karena memang proses normal butuh waktu 2 x 24 jam hari kerja bursa 

Disini metode yang dipakai oleh saya yaitu BUY AND HOLD. Secara keuntungan lebih bagus, sebab angka NAB yang didapatkan cukup murah dari standar. Semisal saya beli (14/6) 50 Juta Rupiah dan 5 hari kemudian Topup lagi 50 jt, persentase keuntungan bakal menipis faktor penyebabnya hasil NAB keduanya dibagi, sebagai contoh lihat gambar infografik berikut. 

RDPU Buy and Hold Investasi Reksa Dana

Setelah melalui lika-liku dan menyadari bahwa tak ada pilihan lain di Reksadana Tokopedia hanya satu, saya putuskan buat pindah tempat namun harus tutup RD terlebih dahulu dan menjual semuanya. 

Saat mau dijual terdapat notifikasi keterangan berupa "Fasilitas Fee ± 0.02%", saya pun bingung padahal sebelumnya seperti diutarakan di awal artikel ini di Bareksa Syailendra Dana Kas sama sekali tidak dikenakan biaya jual. 

Akhirnya saya memutuskan melakukan penjualan dengan dua tahap berbeda: 
1. Jual Modal: Nominal 50 Juta Rupiah tadi. 
2. Menjual Seluruh Unit. 

Iseng mengecek ternyata TIDAK DIKENAKAN BIAYA JUAL oleh Reksadana Tokopedia, sebagai investor tidak akan mengetahuinya kalau tak mencoba sebab keterangan yang diberikan kurang jelas seperti pada tercantum di Bareksa. 

Reksa Dana Tokopedia Biaya Tambahan

Cara Menjual Reksadana Tokopedia 

Pertama: Klik JUAL 
Sesuaikan selera, mau menjual keseluruhan modal dan unit atau hanya sebagian saja. Pilih JUAL REKSADANA. 

Kedua: Pilih Metode PENJUALAN 
Perhatikan di tahap ini pilih sistem Saldo Tokopedia, jangan TokoCash. Agar bisa langsung masuk ke rekening bank pribadi, apabila memilih metode Toko Cash harus melalui dua tahapan pencairan agak ribet. 

Lalu perintah mengisi alamat Email. Klik panah Hijau. Selanjutnya, kode OTP bakal masuk ke nomor HP, cantumkan dan pilih Jual Reksa Dana. 

Ketiga: Tarik Saldo Tokopedia Hasil Penjualan Reksadana ke Rekening Bank
Apabila proses kedua selesai dilakukan maka dana masuk ke Saldo Tokopedia, tahap selanjutnya menarik uang transfer ke rekening pribadi memakan waktu ± 2 Jam. 

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia Reksadana 

Investasi merupakan salah satu cara asyik berkegiatan finansial buat jangka pendek maupun panjang. 

Keunggulan - Kelebihan Tokopedia Reksadana 
  1. Adanya fitur sistem verifikasi pembayaran otomatis (Auto Verify). 
  2. Bisa langsung transfer ke rekening bank dengan langkah praktis. 
  3. Metode pembayaran cukup banyak, tentu saja selain kartu kredit. 
  4. Sistem penjualan cepat karena otomatis diproses langsung. 
  5. Biaya mulai dari Rp 10,000 (Sepuluh Ribu aka Ceban). 
  6. Pokoknya kalau soal pembelian dan penjualan paling cepat Tokopedia Reksadana juaranya. 
Kelemahan - Kekurangan Tokopedia Reksadana 
  • Persentase keuntungannya dalam harian tidak begitu jelas dibandingkan Bareksa yang detail serta lebih rinci. 
  • Dashboard RD / Portofolionya minim fitur terlalu simpel. 
  • Waktu CUT OFF TIME hanya sampai pukul 11:00 WIB, agak parah memang tapi untungnya hanya RDPU, apabila RDS-nya belum dapat memprediksi gerak-gerik IHSG tapi sudah keburu masuk jam Cut Off. Sedangkan di Bareksa COT-nya 13:00 WIB jadi bisa memantau kondisi pasar dulu.  
Kesimpulan 

Bagi pemula dan masyarakat awam yang baru mau menjalankan bisnis investasi sangat cocok masuk Reksadana Tokopedia selain tentunya biaya mulai Rp 10,000, sistem pembayaran, pembelian dan penjualan serta verifikasi otomatis jadi kelebihan tersendiri. Tapi kalau mau detail rinci, luas, dan bisa melihat pergerakan IHSG lebih lama Recommended langsung ke Bareksa atau IPOT Fund. 

Demikian kurang lebih review singkat Pengalaman Investasi Tokopedia Reksadana Keuntungan dan Kerugian menggunakannya.