3 Cara Ganti Font dan Tema Xiaomi Redmi 6A Tanpa Root

Cara Ganti Font Tema Xiaomi Redmi 6A - Menggunakan ponsel Xiaomi secara bawaan memang akan disuguhkan oleh tema antarmuka ciri khas mereka bernama MIUI termasuk Smartphone Redmi 6 & Redmi 6A. Selain theme, font alias jenis huruf yang dipakai untuk versi ke-9 juga terkesan monoton jadi tidak ada salahnya mencoba buat mengganti keduanya.

Ada banyak cara yang mungkin dapat Anda praktikan untuk mengubah font Redmi 6A, HP sejutaan penerus Redmi 5A yang fenomenal awal 2018 silam dengan kelebihan memukau ala Xiaomi.

Mengganti Tema Redmi 6A

Pada dasarnya supaya mendapatkan akses penuh, Anda wajib melakukan proses rooting perangkat Xiaomi. Namun seiring canggihnya teknologi, kini ganti font HP Android tanpa root sudah bisa dilakukan cukup mudah.

Sebelum mengganti font Redmi 6A, kami sarankan Anda seperti biasa untuk lakukan backup data. Kenapa demikian? Proses yang akan dibeberkan dalam postingan ini terbagi dalam beberapa metode.

Cara Ganti Font & Tema Xiaomi Redmi 6A Tanpa Root 

Metode berbeda yang dimaksud adalah menggunakan akses root, tanpa root, hingga memanfaatkan layanan aplikasi pihak ketiga (Third-Party Apps).

#1. Cara Ganti Font Redmi 6A (Tanpa Root) 

Ini merupakan metode paling gampang, Anda hanya harus:
  1. Masuk ke menu Settings / Pengaturan. 
  2. Cari opsi Display / Tampilan. 
  3. Akan muncul halaman baru menampilkan Jenis font, ukuran, serta pilihan teks tebal (bold) atau tidak. 
  4. Pilih opsi Jenis Font, cari font yang mau digunakan dan tap Selesai! 
Ganti Font Xiaomi Redmi 6A

Sampai disini jenis font atau ukuran huruf yang telah Anda sesuaikan selesai diubah. Buat mengubahnya lagi silakan sesuaikan selera masing-masing masuk ke pengaturan seperti tadi.

Hanya saja, kekurangan dari metode bawaan ini font yang tersedia cukup terbatas, sedikit sekali pilihannya dibanding Redmi 6 Pro. Agar bisa memilih lebih banyak opsi jenis huruf silakan gunakan cara kedua berikut.

#2. Ganti Font Redmi 6A Pakai Aplikasi 

Nah untuk langkah edisi kedua kali ini memanfaatkan beberapa aplikasi ganti font Redmi 6A pihak ketiga gratis yang tersedia cuma dari Google Play Store.

Keuntungan atau kelebihan menggunakan aplikasi penyedia jenis font adalah hurufnya lebih variatif, ada yang menyediakan font sampai 20, 50 bahkan 100 baik berbayar (premium) atau gratis (free).

Rekomendasi kami aplikasi ganti font:
  1. FontFix Android
  2. Hands Fonts for Flipfont (No Root)
  3. iFont (Root needed) 
Jika ponsel Xiaomi Redmi 6A belum atau tidak mau di-root, silakan pakai yang pertama yaitu Hand Fonts. Ada 30+ jenis huruf dibagikan secara gratis bisa Anda gunakan kapan pun sesuka hati.

Namun apabila HP Redmi 6A sudah di-root, sebaiknya menggunakan aplikasi iFont karena Anda dapat menemukan lebih banyak variasi jenis font yang ada bisa diinstall gratisan.

Untuk mengganti tema Redmi 6A cukup install aplikasi seperti Nova Launcher Prime (free edition) atau Theme Changer for Andro. Keduanya gratis, tapi kalau mau menikmati versi berbayar (premium) juga bisa pakai pulsa.

#3. Ganti Tema & Font Redmi 6A Akses Rooted 

Suatu keuntungan lain dari Smartphone Android yang sudah dibuka akses rootnya bisa leluasa utak-atik tampilan antarmuka termasuk diantaranya tema dan font. Apalagi buat Anda bila cepat bosan dengan nuansa MIUI Theme.

Namun membuka akses root sama dengan menambah risiko kehilangan garansi HP (jika masih berlaku), terlebih kalau Anda tidak terbiasa sebaiknya jangan dilakukan.

Keunggulan lain dari perangkat rooted, Anda bisa mengunduh font berformat .lbf lewat mesin pencari Google yang mungkin saja kebanyakan tidak ada di toko aplikasi seperti PlayStore.

Begitu kurang lebih 3 Cara Ganti Font dan Tema Xiaomi Redmi 6A Tanpa Root lakukan dengan mengetahui konsekuensinya serta segala risiko ditanggung pemenang pengguna.