12 Cara Membedakan iPhone XS Max Asli / Palsu (Original v KW)

Inilah 12 Cara Membedakan iPhone XS Max Asli dan Palsu (Original vs KW) - Kami akan bagikan tips membandingkannya sesuai pengalaman sendiri, orang lain, maupun secara umum bahkan tips dari pihak Apple dan iBox Indonesia terkait produk terbaru Apple yakni iPhone XS Max, iPhone XS dan iPhone XR.

Cara Membedakan iPhone XS Max Asli dan Palsu

1. Cek Nomor IMEI 

Bagi yang sering bergonta-ganti produk Apple mungkin sudah tidak asing lagi. Salah satu cara mengetahui keaslian iPhone XS Max adalah mengecek nomor imei.

iPhone XS Max Asli Palsu Ori KW

Nomor IMEI atau Kode Unik setiap iPhone bahkan tiap Smartphone itu berbeda.

Termudahnya cek di bagian Settings (Pengaturan) > General (Umum) > About (Tentang). Periksa bagian IMEI dan apakah sama dengan nomor seri imei di kardus atau kotak pembelian?

Cara kedua dengan menginput nomor IMEI yang ada di pengaturan tadi ke website resmi Apple di: checkcoverage.apple.com/id/in/

Jika nomor IMEI tidak terdaftar di situs Apple setelah aktivasi maka dapat dipastikan iPhone XS Max itu palsu.

2. Speed Transfer Data 

Apple menyematkan teknologi canggih berupa Bluetooth v5.0 A2DP LE di iPhone XS Max yang memungkinkan pengguna transfer data ke perangkat Smartphone lain jadi lebih cepat 30% daripada mayoritas HP Android saat ini.

Kalau untuk mengirim foto kecepatannya tidak diragukan sebab menggunakan teknologi NFC.

Nah, biasanya iPhone XS Max palsu tidak dibekali NFC dan versi Bluetoothnya di bawah 5.0.

3. Toko Aplikasi 

Seperti yang kita tahu iPhone XS Max asli memakai sistem operasional berbasis iOS 12. Nah, toko aplikasi iOS namanya App Store sedangkan Android itu Google Play Store.

Oknum pembuat iPhone palsu sulit menggunakan iOS sebagai OS, tapi jangan tertipu karena sepintas logo atau ikon App Store berwarna biru tetap ada.

Namun apabila di klik masuk ternyata malah masuk ke Google Play Store dapat dipastikan iPhone XS Max tersebut palsu.

4. Jenis Layar 

Salah satu cara bagaimana mengidentifikasi apakah iPhone XS Max asli atau palsu dengan mengetahui tipe layar yang digunakan.

iPhone XS Max asli menggunakan jenis layar OLED Panel Capacitive Touchscreen buatan Samsung dan itu harganya super mahal bahkan bisa dibilang salah satu komponen termahal dari ponsel ini.

Keunggulan layar OLED dapat terlihat jelas walau berada di bawah terik sinar matahari siang hari walau persentase brightness rendah.

Biasanya iPhone XS Max palsu dan rekondisi pakai panel layar murah seperti TFT atau IPS sehingga jika dalam keadaan di bawah sinar matahari panas tidak terlihat jelas alias gelap layarnya walaupun Brightness full 100%.

Apple iPhone XS Max XR Android Tampilan

5. Jaringan Internet 

Secara resmi Apple mengumumkan bahwa iPhone XS Max yang asli mendukung berbagai jaringan internet mulai dari GPRS, 2G EDGE, 3G HSDPA, 4G LTE hingga SoC A12 Bionic sudah siap menampung sinyal 5G.

Dengan adanya teknologi terbaru dalam chip A12 membantu dalam hal kecepatan internet rata-rata iPhone XS Max hingga 800 Mbps. Ponsel ini juga telah tersedia konektivitas tambahan seperti WiFi, GPS dan Hotspot.

Sementara iPhone XS Max palsu tidak akan menggunakan sistem operasional iOS serta chipset A12 paling mentok cuma Spreadtrum atau MediaTek kalau oknumnya lebih modal dikit ya pakai Qualcomm Snapdragon membuat kecepatan internetnya jauh dibawah rata-rata produk asli terlepas dari jangkauan sinyal Provider.

6. Kapasitas Memori 

Mengetahui perbedaan iPhone XS Max asli dan palsu / KW dilihat dari ciri-ciri kapasitas memori RAM dan Internal Storage.

Untuk iPhone XS Max original secara spesifikasi mempunyai kapasitas RAM dan internal sebagai berikut:
⇉ iPhone XS Max : 4GB RAM & 64GB / 256GB / 512GB ROM

Peningkatan spesifikasi iPhone XS series dibanding pendahulunya:
  1. Ukuran layar lebih besar yakni 6,5 inci 
  2. Chip A12 Bionic 
  3. Maksimal internal storage 512GB 
  4. Warna Gold, Silver, dan Space Gray 
  5. Dual kamera belakang 12MP pakai OIS 
  6. Kamera depan 7MP 
  7. Dual SIM 
  8. Liquid Retina Display 
  9. Bodi aluminium 
  10. Sertifikat IP 68 tahan air dan debu
Sedangkan buat iPhone XS Max palsu tentu kapasitasnya jauh lebih rendah paling maksimal 1 atau 2GB RAM dengan ROM 8GB atau 16GB.

7. Perhatikan Slot Tambahan 

Hampir seluruh produk Apple termasuk produk iPhone XS Max ori tidak memiliki slot memori eksternal dari sananya. Jadi apabila ada oknum mengiming-imingi bisa ditambahkan Memory SD Card tentu saja itu barang Supercopy alias Replika / KW!

Tapi ponsel aslinya kini sudah mendukung Dual SIM Card termasuk teknologi e-SIM. Jadi harus makin waspada, karena iPhone palsu marak yang slot sim card-nya ada dua.

Baca juga: Menyimpan Video Story WhatsApp Orang Lain di iPhone.

8. Sensor iPhone iPhone XS Max 

Ada sejumlah sensor keamanan yang tersemat di iPhone XS Max dan iPhone XR seperti Face ID dan Fingerprint. Selain itu yang lainnya semisal Accelerometer, Compass, Gyroscope dan Proximity.

Perlu diketahui bahwa iPhone XS Max palsu cenderung tidak memiliki beberapa sensor diatas terutama Face ID yang berfungsi Unlock layar melalui wajah pemilik HP. Kalau pun ada ya hasilnya tidak akurat alias KW juga.

9. Gunakan iTunes 

iDevices atau segala macam produk Apple dapat tersambung ke iTunes yang merupakan stasiun segala macam pengelolaan aplikasi, e-Book, hingga musik. Salah satu cara paling gampang bedain iPhone XS Max asli dan palsu.

iPhone XS Max asli dapat tersambung ke iTunes ketika dicolokkan menggunakan kabel 30-pin. Sedangkan kalau tidak terdeteksi artinya ponsel itu replika atau palsu meskipun kabel lightning yang digunakan dalam keadaan berfungsi normal.

iPhone XR XS Max Bekas Second Murah

10. Cara Screenshoot di iPhone XS Max 

Normalnya iPhone asli menangkap gambar tampilan layar dengan cara menekan tombol Lock dan Home button berbarengan.

Cukup sederhana, kalau iPhone Anda tidak dapat melakukan hal tersebut  dipastikan produk replika.

11. Harga Murah? Waspada 

Lagi-lagi indikasi paling gampang menentukan apakah iPhone XS Max asli atau palsu dengan cara melihat harganya.

Apple membanderol iPhone XS Max original baru, mulai harga 1099 dolar AS atau setara Rp 16 Jutaan untuk varian 64GB ROM. Yang 512GB bisa up to $1499 (Rp 22 Juta).

Jika jauh di bawah itu misalnya Rp 2 jutaan saja sangat tidak masuk akal bahkan harga bekas iPhone XS Max hingga akhir 2019 masih diatas 7 jutaan, apalagi kalau ratusan ribu wah antara penipuan atau replika / palsu.

Kemarin ada sebuah kasus seseorang yang jual baterai iPhone X dengan harga miring namun rupanya memang palsu dan dibungkus sedemikian rupa agar mirip, padahal aslinya ketika plastik hitam dikelotek itu batre iPhone 5, aja-aja ada kerjaan distributor nakal.

12. Gunakan Dial Kode Rahasia 

Beberapa kode berupa dial number bisa digunakan sesuai fungsinya masing-masing di iPhone XS Max Anda. Antara lain:
  • *06# - Untuk menampilkan nomor seri berupa IMEI. Kode unik tiap ponsel berbeda. 
  • *3001#12345# - Kode tersebut berguna untuk melihat detail dan kondisi jaringan seluler iPhone XS Max saat sedang digunakan. 
  • *#67# - Dial cepat yang gunanya untuk mengalihkan panggilan (Call Forwarding) jika pemilik sedang sibuk.
  • *3370# - Fungsinya buat meningkatkan mode EFR (Enhanced Full Rate) adalah fitur pengaktif suara iPhone lebih tinggi. 
  • ##002# - Mode inactive call, dapat memblokir semua panggilan masuk. 
  • *#131# - Kode untuk menyembunyikan nomor HP di iPhone. 
Coba gunakan beberapa kode rahasia diatas, terapkan dan apabila iPhone XS Max Anda tidak merespon sama sekali ada kemungkinan itu barang palsu alias replika.

Semakin cerdiknya oknum penjual iPhone XS Max palsu membuat masyarakat harus lebih cerdas dari mereka jangan sampai cepat tergiur oleh harga murah.

Demikian 12 Cara Membedakan iPhone XS Max Asli dan Palsu (Original vs KW) sebagai bahan referensi sebelum membeli agar tidak mudah tertipu.