Alasan Kenapa RawGit Tutup dan Situs Pengganti yang Mirip

Salah satu situs layanan CDN Open Source terbesar dunia, Rawgit akan segera tutup. RawGit kerap dijadikan sebagai sumber CDN untuk menampung berkas statis yang dihimpun dari GitHub.

Bahkan semenjak Google Code juga tutup layanan 2016 silam, GitHub telah menjadi prioritas utama bagi pengembang untuk menyimpan segala jenis file mau pun kode script demi keperluan masing-masing.

Kenapa RawGit Tutup_8

Termasuk blog Shukan Bunshun, ini dulu cuma dijadikan percobaan saja sebagai BETA test buat template dan widget yang mengandung Javascript / HTML sebelum diluncurkan di situs utama saya.

Nah, mayoritas tautan yang dihasilkan dari GitHub biasanya saya konversi melalui situs RawGit supaya bisa terbaca dengan baik di laman HTML Blogger.

Belakangan jarang saya mengunjungi situs RawGit. Begitu ada kabar lansiran Seroundtable bahwa Rawgit segera menutup layanan, saya bergegas mendatangi website-nya dan benar tampak notifikasi seolah mereka mengucapkan salam perpisahan termasuk Twitternya.

"Halo, Rawgit bakal ditutup. Seluruh konten yang terintegrasi melalui RawGit akan terus dilayani sampai Oktober 2019. Tapi, disarankan untuk migrasi secepat mungkin." tulis akun Twitter resmi @rawgir.

Jutaan developer mungkin kecewa.

Sebab, sudah banyak sekali yang mempercayai Rawgit sebagai akses langsung dari GitHub.

Jika dibiarkan, akses langsung menuju tautan eksternal bakal hilang dan apabila sudah tercantum dalam script HTML blog bakal berdampak buruk seperti tidak bekerjanya beberapa widget dan fitur yang sebelumnya dipasangkan, istilahnya Error.

Analoginya begini: GitHub sebagai jalan 1, dan Template blog jalan 2. Diantara keduanya dipisahkan oleh RawGit sebagai Jembatan Penghubung kedua jalan, kalau jembatannya ambrol maka akses keduanya juga terganggu.

Namun beruntung, mereka tidak langsung mendadak tutup server begitu saja.

Karena RawGit baru benar-benar menutup layanannya satu tahun dari sekarang alias Oktober 2019. Dengan waktu tersisa ini setidaknya memungkinkan para pengembang melakukan tindakan back-up.

Kenapa RawGit Tutup? 

Belum diketahui alasan pasti mengapa RawGit ditutup. Berdasarkan isu beredar, mereka bakal merger dengan salah satu perusahaan digital lainnya yang sekarang juga masih misterius.

Lalu bagaimana setelah RawGit tutup permanen? Adakah situs yang mirip seperti dia sebagai alternatif penggantinya buat menampung sumber CDN?

3 Situs Pengganti RawGit

  1. Staticaly 
  2. GitHac 
  3. jsDeliver 
Back to Content ↑

#1. Staticaly Buatan Lokal 

Salah satu pengganti RawGit dan kemungkinan bakal jadi prioritas utama saya memuat file static ke-depannya adalah Staticaly.

Staticaly CDN Open Source Tutup_3

Kelebihan pakai Staticaly selain dapat menghimpun jenis file statis yang dikirim dari GitHub juga bisa dipakai nampung berkas dari GitLab dan BitBucket.

Uniknya lagi, proyek Staticaly buatan orang Indonesia. Cocok digunakan sebagai solusi bagi pengembang untuk memuat file static yang kemudian di-serve lewat CDN.

Perusahaan ternama dari luar negeri sudah menyatakan minat mereka berinvestasi dan mendukung segala macam proyek Staticaly.

Terdapat fitur Multi CDN di Staticaly, fungsinya agar pengecekan CDN dimuat lebih cepat berkat algoritma khas bernama Load-balancing.

Cara menggunakan Staticaly cukup mudah, terkesan mirip seperti saat memakai RawGit buat serve file dari GitHub.

Yang membedakan, Anda tidak harus mendaftar atau membuat akun untuk menikmati fiturnya. Serta menariknya lagi, segala layanan yang ada di Staticaly tidak berbayar alias Gratis.

Tentu saja ini apa yang dicari developer: sumber handal, gratis, Open Source dilengkapi fitur terbaik, membanru melancarkan proyek / BETA test / Demo, dan bisa memuat segala format gambar dua kali lebih cepat.
Back to Content ↑

#2. jsDeliver 

Serupa dengan RawGit Open Source CDN, bahkan di JsDeliver Anda dapat mengonversi segala jenis link yang sebelumnya ada di Rawgit.

Sedangkan mengubah sumber CDN RawGit yang sudah terlanjur ada di dalam HTML cukup mengganti link-nya saja.
  • Dengan masuk ke dasbor blog, Edit HTML, dan tekan CTRL + F bersamaan. 
  • Ketik kata kunci cdn.rawgit.com lalu tekan Enter. 
  • Ganti semua link Rawgit dengan platform sesuai pilihan Anda dimana migrasinya. Contoh: kalau migrasi ke Staticaly maka ganti dengan URL berikut cdn.staticaly.com/gh/, atau jika pakai JsDeliver gunakan link ini: cdn.jsdelivr.net/gh/
  • Ulang langkah kedua, ganti lagi hingga URL CDN RawGit habis tak tersisa di dalam HTML Template. 
Back to Content ↑
Pergantian URL sebaiknya dilakukan secara manual demi menghindari Error dalam HTML selama proses migrasi.

Ketiga situs pengganti yang mirip RawGit tadi bisa saja tutup sewaktu-waktu dengan alasan apapun, sebab layanan mereka juga bersifat Open Source dan Gratis.