Keuntungan Pakai HTTPS dan Tempat Beli Sertifikat SSL Terbaik

Webmaster Disarankan Pasang HTTPS / SSL di Website ‒ Masih teringat bagaimana saya ingin blog Shukan Bunshun mendapatkan sertifikasi SSL karena sejak dua tahun silam, Google gembar-gembor kampanye agar webmaster beralih menggunakan HTTPS untuk situs mereka.

Namun kampanye yang dimulai Google tersebut sedikit bikin saya bingung. Mengapa blog untuk Blogspot custom domain TLD tidak diberikan leluasa pakai SSL kala itu, padahal platform Blogger.com merupakan layanan milik Google sendiri?

HTTPS Sertifikasi SSL_3

Sampai akhirnya suatu hari saya mendapatkan email Feedburner ada update terbaru di blog KompiAjaib yang berjudul "Kini Blogger Sudah Mendukung HTTPS Untuk Custom Domain", jelas agak terkejut dong saya pun penasaran.

Walau saat saya mengaktifkan SSL ketika itu masih dalam versi Beta, namun mas Adhy sebagai admin blog tersebut menyarankan agar langsung segera pindah dan mengaktifkan HTTPS sebab ke depannya akan jadi fitur terbaru di dasbor Blogger.

Komentar mas Adhy ada benarnya, terbukti di bagian pengaturan Dasar pada dasbor Blogger kini telah tersedia opsi mengaktifkan pengalihan HTTPS buat blog Custom Domain TLD (.com / .net / .org / .info, dll).

Sejak itu sampai sekarang Shukan Bunshun selalu mempertahankan SSL demi keamanan blog serta kenyamanan pembaca. Singkatnya, Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan versi aman dari HTTP biasa.

Protokol tersebut berperan sebagai pengelola data antara Server (Web) dengan Browser (Klien), ada huruf S dalam HTTPS artinya Secure / SSL bermaksud memberitahu situs tersebut aman dalam mengelola data pengunjung.

Menurut Google lewat Webinar yang diselenggarakan Selasa (9/10) kemarin, HTTPS ini berpotensi akan menjadi salah satu faktor penentu dalam meranking hasil pencarian Google.

Tempat Beli Sertifikat SSL Terbaik

Apabila kamu menggunakan website berbasis hosting pribadi atau selfhosted entah CMS WordPress, Joomla dan lainnya kami menyarankan agar kamu mengaktifkan HTTPS dengan membeli sertifikat SSL.

Ada banyak penyedia SSL, tapi sedikit yang mengutamakan kualitas dan harga murah. Salah satu rekomendasi kami beli melalui Hostinger di tautan berikut: hostinger.co.id/beli-ssl.

Hostinger menyediakan dua jenis sertifikasi SSL yakni:
  1. Pro SSL Security harga Rp125,000 
  2. Lifetime SSL Security harga Rp199,200 
Harga SSL Hostinger.jpg

Mana yang lebih bagus? Keduanya sama-sama bagus, kami merekomendasikan Lifetime SSL Security, untuk dari segi harga boleh dibilang tidak jauh berbeda dan Lifetime artinya Seumur Hidup berarti bagus buat jangka panjang keamanan situs Anda. Bayar cuma sekali seumur hidup!

Level enkripsinya super kuat karena jenisnya Standard LE SSL dan kompatibel dengan mayoritas 99% browser pengguna internet saat ini. Selain itu kamu diberikan garansi jaminan uang kembali selama 30 hari.

Nah, khusus buat kamu yang berencana beli hosting lewat Hostinger Indonesia kami sarankan paket Bisnis karena dalam penjualan sudah termasuk bonus dapat sertifikasi SSL GRATIS.

HTTPS / SSL untuk Blog 

Google Chrome merupakan salah satu browser terbanyak penggunanya, dan Google menandai website tanpa SSL dengan status TIDAK AMAN di samping nama domain / alamat website.

Sementara situs yang sudah mengaktifkan SSL ditandai logo gembok di sisi kiri domain saat di-klik ikon gemboknya akan terdapat notifikasi seperti "Koneksi Aman.. Sambungan ke situs ini terenkripsi..." berikut nama dan jenis provider SSL diikuti tanda HTTPS:// sebelum nama domain.

SSL HTPS Situs Besar_2

Khusus buat kamu yang punya situs menyimpan data pengguna semisal alamat email, kata sandi, nomor transaksi dan sejenisnya sangat wajib pakai enkripsi SSL demi mencegah terjadinya pencurian data oleh pihak ketiga tidak bertanggung jawab. Apalagi buat pengelola Toko Online.

Jadi HTTPS / SSL ini bukan sekadar gaya-gayaan doang ya, banyak manfaat serta menambah reputasi dan kepercayaan pengunjung. Mereka merasa nyaman, aman, dan baik di mata Googlebot.

Bagi pengelola blog pribadi coba rasakan perbedaan sebelum dan sesudah memasang SSL / HTTPS buat blog, awal-awal memang akan turun sedikit itu wajar sebab proses migrasi.

Namun perlahan beberapa hari hingga 3 minggu setelahnya akan terjadi peningkatan Visitor dan Pageviews, karena SSL jadi salah satu faktor penentu di hasil pencarian.

Google bakal memprioritaskan situs yang terpasang HTTPS (SSL) untuk tampil paling awal. Kita lihat mayoritas website muncul di halaman pertama sudah memakai HTTPS di domainnya setidaknya menguatkan bukti omongan Google tersebut.

Saya ingat ucapan salah seorang master melalui Forum Google Webmaster Central Help, mengindikasikan bahwa HTTPS memang berpengaruh terhadap hasil pencarian.

Setidaknya, kini ada banyak alasan mengapa Webmaster Disarankan Pasang HTTPS / SSL di Blog atas Perintah Google.