Cara Update Vivo Y91 ke Android Pie 9.0 Tanpa PC Lewat HP

Cara Update Vivo Y91 ke Android Pie – Seperti yang telah diberitakan beberapa waktu lalu melalui situs Gadgets360 bahwa Vivo bakal segera menggulirkan pembaruan sistem operasi bagi perangkat berbasis Oreo untuk upgrade ke OS Pie 9.0.

Menurut laman web tersebut, Vivo menjanjikannya pada kuartal akhir 2018 hingga awal tahun 2019. Sebagaimana Google merilis Android Pie OS pada Agustus kemarin yang sudah kita ketahui bahwa sejumlah ponsel merek Vivo tidak akan mendapatkan update dari OS lama jadi Pie.

Vivo Y91 Android Pie 9.0 Upgrade_7
Vivo Y91 Android Pie Upgrade Software

Mayoritas yang mendapatkan pembaharuan sistem biasanya Smartphone Flagship Vivo, atau HP sejutaan tapi ketika diluncurkan sudah minimal dibaluti Android Oreo.
Vivo X21 jadi yang pertama kebagian jatah. Diikuti V11 Pro, V9 / V7 Plus / dan V5s, sementara ponsel yang masih Lollipop ke bawah dipastikan tidak akan dapat pembaruan firmware besar-besaran (seperti: Y53, Y71, Smartphone Y83, Y69). 
Apakah ponselmu kebagian? Kini HP Vivo Y91 yang rilis November 2018 bersamaan dengan Y93, Y95 dan Y97 telah dijamin oleh sang produsen asal negeri Tiongkok tersebut bakal disuguhkan pembaruan Android Pie 9.0.


Trik Android Pie Vivo Y91

Bukan nama Popsicle seperti gosip beredar sebelumnya. Android Pie justru berhasil menarik perhatian publik.

Sejumlah fitur terbaru beserta kualitas layanan offline dan online disematkan. Tidak hanya sederet menu anyar, pembaruan sistem juga hadir demi meningkatkan kenyamanan pengguna dalam mengelola ponsel.

Sedangkan untuk fitur yang sebelumnya sudah ada di Jelly Bean, KitKat, Marshmallow, Nougat kini diperbaiki dan dibuat jadi semakin elegan baik secara tampilan mau pun perombakan User Interface (UI / Tampilan Antarmuka). Baca juga: Cara Ganti Font Vivo Y91.

Misalnya, menu Settings atau Setelan pada Android sebelum Pie hanya satu dua warna dan terkesan membosankan. Pada OS Pie akan menampilkan desain terbaru seperti lengkungan presisi di pinggiran dalam layarnya.

Kemudian ikon pilihan menu dirombak jadi lebih menarik, bisa diubah sesuai selera pengguna. Mau berbentuk oval, kotak, bulat, atau normal tanpa icon tertentu hanya berupa teks saja.

Ada juga fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat mengukur pola pemakaian baterai. Sehingga membantu menghemat daya batre ketika aplikasi berjalan di latar belakang (Background-Apps).

Selain itu, kamu sekarang tidak perlu mengandalkan tombol navigasi yang ada di bagian bawah layar. Karena pada Android Pie sudah tersedia opsi menggunakan Gestur tangan untuk memoderasi Smartphone Vivo Y91 milikmu.

Langkah Cara Update Vivo Y91 ke Android Pie 9.0 OS

Metode awal dan termudah yakni pakai sistem pemrograman lewat udara alias Over The Air (OTA) dengan menerapkannya kamu tidak membutuhkan perangkat komputer atau laptop (PC) beserta kabel data lain.

Vivo Y91 Pie Android OS Update Cara Mudah_7
Cara Upgrade ke Android Pie pada Vivo Y91

Hanya saja, sebelum ke tutorial disarankan mempersiapkan koneksi internet stabil agar proses upgrade kali ini berjalan lancar tanpa hambatan selama install paket file Pie.

Pastikan juga Smartphone Vivo kamu sudah memakai firmware FunTouch OS paling baru. Kalau semua siap, mari eksekusi perbarui Y91 ke Pie.
  • Siapkan HP Vivo Y91 dengan kondisi baterai minimal 90%, sebaiknya dalam keadaan Full 100%. 
  • Cari ROM buat ponsel Umum (General) kami tidak menyediakan Link di sini. 
  • Masuk ke tampilan menu TWRP Recovery menekan tombol Power + Volume Down bersamaan saat Reboot. 
  • Nyalakan kembali layar hingga masuk Homescreen dalam mode Normal. 
  • Menuju ke pengaturan (Setting). 
  • Gulirkan layar ke bawah hingga ketemu opsi "About Phone" atau "Tentang Ponsel". 
  • - Masuk ke Update Center, kemudian ketuk pada tulisan "Check for Updates" (Periksa Pembaruan) beberapa kali. 
Apabila pada tahap terakhir gagal mendapatkan paket pembaruan atau muncul notifikasi "You are in the latest software", maka harus menunggu giliran bergulirnya Android Pie pada Vivo Y91 kamu.

Masalah Android Pie Pada HP Vivo

Sejumlah pengguna dalam grup Facebook atau forum Vivo Talk mengeluhkan adanya permasalahan pada Vivo Y91 usai melakukan update ke Android Pie.

Contoh kecilnya: Muncul aplikasi baru yang susah dihapus bahkan cenderung mustahil buat uninstall selain satu-satunya cara yaitu Root HP setelah Unlock Bootloader (UBL).

Baterai boros dan cepat panas juga menjadi bagian dari beragam keluhan pengguna lainnya. Atau dalam arti lebih cepat habisnya ketimbang sebelum update OS penyebabnya bug sistem terdeteksi menjalankan aplikasi pada latar belakang walau sudah ditutup secara manual.

Dalam beberapa kasus, kerusakan fatal mengakitbakan user harus menunggu pembaruan firmware berikutnya. Bukan, bukan nunggu OS Q tapi Fun Touch OS (Minor Update).

Memangnya bakal dapat update? - Tenang, per akhir 2018 kini Google sudah mengimbau bahkan mewajibkan seluruh produsen Android untuk rutin memberikan pembaruan piranti lunak minimal 2 bulan sekali demi keamanan.

Cara Update Vivo Y91 ke Android Pie 9.0 memang mudah walau tanpa PC bisa menjadikan HP kamu dibaluri UI paling kekinian meskipun risikonya menambah Bug pada ponsel.